Saat pandemi Covid-19, hampir semua orang semakin giat dalam menjaga kesehatan. Langkah ini dilakukan agar daya tahan tubuh tetap terjaga, sehingga tidak mudah terserang berbagai macam virus penyebab penyakit.

Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan cara yang paling simple dan efektif, yaitu menjalani pola hidup sehat. Cara tersebut meliputi melakukan olahraga secara rutin, tidur yang cukup, minum minimal 8 gelas sehari, dan perbanyak konsumsi sayur.

Kaitannya dengan konsumsi sayur, sayangnya masih banyak orang yang enggan melakukan hal ini. Sayur seringkali dianggap hambar, tidak kaya rasa, dan kurang nikmat untuk dijadikan menu sehari- hari.

Nah, agar sayuran selalu masuk ke dalam menu harian dan kamu nggak mudah bosan, ada beberapa cara efektif yang bisa kamu coba. Berikut ini ulasannya.

 

 

 

7 Cara Cerdas Mengolah Sayuran

7 Cara Cerdas Mengolah Sayuran, Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Imunitas / Credit: thecozyapron.com

Sup

Sup merupakan salah satu mengolah beberapa jenis sayuran dalam sekali masak. Kamu bisa buat sup dengan mencampurkan sayur brokoli, kembang kol, wortel, kentang, buncis, jagung, seledri, dan daun bawang. Lalu, buat kuah dengan menggunakan tulang ayam.

Agar lebih nikmat, kamu dapat menambahkan sedikit lada atau cabai ya!

 

Omelet

Ingin masakan yang lebih praktis? Kamu bisa coba menu omelet ini. Buat omelet dengan isian sayur, potongan keju, dan sedikit daging untuk menambahkan cita rasanya.

Cara membuat omelet juga mudah lho, cukup panaskan sedikit mentega atau minyak di atas Teflon, masukkan telur, taburi dengan sayuran, keju dan daging. Untuk sayuran, kamu bisa pilih bayam, bawang bombai, dan tomat.

7 Cara Cerdas Mengolah Sayuran, Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Imunitas / Credit: healthyfood.com

 

Oatmeal

Kalau oatmeal cenderung dikenal dengan olahan manis, karena sering disandingan bersama susu, cokelat bubuk, atau buah- buahan. Sebagai variasi, kamu bisa jadikan oatmeal jadi olahan asin.

Olah oatmeal bersama telur, rempah, dan berbagai macam sayuran. Untuk cara masaknya, gunakan air kaldu, lalu beri potongan sayur yang sudah kamu pilih, dan tambahkan sedikit garam. Selain itu, kamu dapat tambarkan telur sebagai sumber proteinnya.

 

Smoothie

Siapa bilang sayuran tidak dapat diminum? Bisa! Cukup jadikan sayuran sebagai bahan dasar smoothie saja. Agar lebih nikmat, padukan beberapa macam sayur dengan buah- buahan ya.

Kamu bisa padukan buah alpukat, bubuk kayu manis, bayam, pisang, dan susu almond untuk dijadikan smoothie. Selain itu, mangga dan seledri juga bisa dijadikan pilihan yang tepat.

 

Selada Sebagai Tortilla

Untuk opsi yang lebih sehat, ganti tortilla atau roti untuk sandwich dengan selada. Cukup padukan jamur portobello, irisan ubi manis, dan tomat. Kemudian, bungkus dengan daun selada. Selada mengandung kalori yang jauh lebih rendah daripada roti atau tortilla, sehingga menu ini bisa dijadikan camilan yang sehat!

7 Cara Cerdas Mengolah Sayuran, Makanan Sehat Untuk Tingkatkan Imunitas / Credit: aheadofthyme.com

 

Keripik

Salah satu jenis sayur yang bisa kamu jadikan keripik adalah kale. Daun kale yang keriting dapat memberikan rasa yang renyah, lho.

Cara buatnya, cukup cuci bersih dan keringkan daun kale, kemudian tambahkan berbagai bumbu perasa seperti garam, lada, dan bawang putih bubuk. Kemudian, panggang kale di suhu 149 derajat celcius atau lebih rendah. Panggang kale selama 20 menit, dan snack sehat ini siap dihidangkan.

 

Nasi Kembang Kol

Jika selama ini kamu hanya menjadikan kembang kol sebagai isian sup, kali ini kamu bisa jadikan sebagai pengganti nasi yang lebih rendah kalori.

Gunakan satu buah kembang kol dan potong jadi butiran-butiran kecil. Kemudian, bisa kamu santap langsung atau dikukus terlebih dahulu. Selain sumber karbohidrat sehat, kembang kol juga kaya akan vitamin C, vitamin K, asam folat, dan potassium yang baik untuk kesehatan.

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan 7 cara mengolah sayur di atas, kamu ingin mencoba yang mana dahulu?

 

Featured Image  - barefeetinthekitchen.com

Source - cnnindonesia.com