Mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan oleh orang tua pada anak. Bahkan, kegiatan ini sudah dilakukan sejak lama, lho. Membacakan dongeng anak bukan sekedar hiburan saja, tapi memiliki banyak manfaat baik. Misalnya, menambah wawasan si kecil, meningkatkan kemampuan baca anak, dan meningkatkan minat baca.

Anak yang terbiasa dibacakan dongeng sejak dini, cenderung lebih tertarik dan meningkatkan rasa ingin tahunya pada buku bacaan. Tapi, dongeng anak akan semakin menyenangkan, jika dibacakan dengan cara yang tepat, nih.

Biar si kecil juga nggak mudah bosan, orang tua perlu mengetahui berbagai teknik dasar membaca dongeng anak. Kira-kira apa saja teknik tersebut? Berikut ini ulasannya.

 

 

7 Tips Baca Dongeng Anak

7 Tips Baca Dongeng Anak Agar Makin Menyenangkan / Credit: benesse.jp

Pemilihan Cerita

Yang pertama, kamu perlu memilih cerita yang baik dan penuh pelajaran. Dongeng anak yang baik biasanya mengandung unsur pendidikan, kasih sayang, kebaikan, dan kedamaian. Hindari pula dongeng yang mengandung kisah peperangan, kekerasan, atau balas dendam.

Lalu, agar anak semakin tertarik, pilihlah buku yang tidak terlalu tebal, namun memiliki banyak gambar dan penuh warna ya.

 

Kuasai Jalan Cerita

Untuk menguasai dongeng anak yang akan kamu bacakan, sebaiknya pahami dahulu isi ceritanya. Biasanya, kamu perlu baca beberapa kali untuk benar- benar menguasai jalur cerita. Jika ingin, kamu bisa memodifikasi cerita biar lebih menarik. Selain itu, modifikasi cerita juga penting untuk menghindari anak mendengar kata- kata yang belum layak.

 

Pelajari Karakter

Biar anak semakin tertarik mendengarkan dongeng, coba pelajari dahulu ya berbagai karakter yang ada di dalam cerita. Hal ini memudahkanmu untuk mengekspresikan dan membuat variasi suara saat membacakan dongeng anak.

 

Pilih Momen yang Tepat

Saat terbaik untuk membacakan dongeng anak adalah ketika ia sedang santai, biasanya sebelum tidur. Ketika anak mengantuk dan mendengar bacaan dongeng dari orang tua, pesan moral dari cerita akan lebih mudah diserap, sehingga anak lebih mudah mengingat dan menerapkannya.

7 Tips Baca Dongeng Anak Agar Makin Menyenangkan / Credit: parenting.orami.co.id

Lakukan Kontak

Melakukan kontak mata penting untuk “mencuri perhatian” si kecil. Jika mata tidak fokus pada anak, maka kemungkinan anak bisa kehilangan konsentrasi untuk mendengarkan cerita.

Selain itu, kontak fisik juga penting nih dilakukan. Lakukan kontak fisik dengan mengekspresikan cerita pada si kecil.

 

Gunakan Gambar

Tips ini bisa dilakukan melalui gambar yang sudah ada dalam buku dongeng anak. Tapi, jika ingin lengkap, kamu bisa siapkan kertas gambar dan pensil. Fungsinya, untuk menggambarkan benda yang belum ada di dalam cerita, namun belum diketahui oleh anak.

 

Gunakan Boneka

Nah, biar suasana lebih “hidup” kamu dapat gunakan boneka sebagai alat bantu dongeng ya. Menggunakan boneka dapat membuat cerita lebih menarik dan nyata. Usahakan, pilih boneka yang sesuai atau mirip dengan karakter yang ada dalam dongeng anak.

 

 

 

Nah, itu dia 7 tips yang dapat kamu terapkan saat membacakan dongeng anak. Yuk, mulai sekarang biasakan melakukan aktivitas ini bersama si kecil!

 

Featured Image - dropinanddecorate.org