Selama pandemi Covid-19, ada berbagai kebiasaan baru yang diterapkan oleh masyarakat. Mulai dari menjadi lebih rutin cuci tangan atau gunakan hand sanitizer, menerapkan pola hidup sehat, dan yang tak boleh terlewat adalah menggunakan masker setiap pergi ke luar rumah.

Pemakaian masker merupakan salah satu langkah efektif untuk mencegah penularan virus corona. Karena masker dapat menghindari droplets yang dikeluarkan ketika seseorang batuk atau bersin, mengenai bagian wajah terutama mulut dan hidung.

Tapi, kekuatan masker pun berbeda- beda tergantung bahan yang digunakan. Yang paling penting adalah, pastikan bahwa masker benar-benar efektif untuk melindungi bagian wajah.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah masker yang digunakan sudah efektif atau tidak?

 

 

 

Langkah Mudah Uji Efektivitas Masker

Lindungi Diri Dari Paparan Virus, Begini Cara Uji Efektivitas Masker / Credit: dream.co.id

Seorang dosen senior di Evidence Based Healthcare, Simon Kolstoe mengatakan ada du acara sederhana untuk menguji efektivitas masker, yaitu dengan tes meniup lilin dan tes vape.

Untuk tes vape sendiri sebenarnya sudah banyak beredar di sosial media. Video tersebut menunjukkan model manekin yang meniupkan asap dari alat vaping. Kemudian, pada manekin yang menggunakan masker menunjukkan bahwa asap tidak dapat mengepul hingga jauh. Sedangkan, yang tidak menggunakan masker, asapnya akan terbawa jauh.

Selain tes vape, kamu dapat lakukan uji coba dengan menggunakan lilin. Caranya, cukup sediakan lilin yang menyala dan tiup lilin dalam kondisi menggunakan masker. Metode ini dapat membantumu membandingkan efektivitas berbagai masker dengan bahan yang berbeda.

Desain dan bahan masker yang sulit menggerakan api, dianggap lebih efektif dan memberikan perlindungan terbaik dari paparan virus.

 

Cara Menggunakan Masker Dengan Tepat

Lindungi Diri Dari Paparan Virus, Begini Cara Uji Efektivitas Masker / Credit: salute.gov.it

Setelah mengetahui cara uji efektivitas masker, kamu juga perlu menerapkan langkah yang tepat ketika menggunakannya. Karena, cara penggunaan masker yang salah justru dapat meningkatkan risiko penyebaran virus. Berikut ini langkah menggunakan masker yang tepat menurut WHO:

  • Cuci tangan sebelum menggunakan masker.
  • Tutup mulut dan hidung dengan masker. Pastikan tidak ada celah antar wajah yang terekspos.
  • Hindari menyentuh bagian depan masker saat menggunakannya. Jika tak sengaja tersentuh, segera cuci tangan untuk membersihkan virus, bakteri, atau kuman yang mungkin menempel pada tangan.
  • Ganti masker jika sudah dirasa lembab. Direkomendasikan untuk mengganti masker setiap 4 jam sekali.
  •  

Selain Pakai Masker, Lakukan Langkah Pencegahan Ini

Lindungi Diri Dari Paparan Virus, Begini Cara Uji Efektivitas Masker / Credit: halodoc.com

Penggunakan masker bukanlah satu-satunya cara untuk mencegah penularan, ada sejumlah cara efektif lainnya yang perlu kamu terapkan. Yaitu, rutin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menghindari tempat yang ramai, terapkan physical distancing ketika berada di luar rumah, hindari berpergian jika bukan kondisi mendesak, serta hindari menyentuh wajah dengan tangan yang belum tentu bersih.

 

 

 

Featured Image - theloophk.com

Source - cnnindonesia.com