kamu bisa jadi tidak produktif dan kurang maksimal dalam mengerjakan pekerjaan.

Biasanya tidak mood ini seringkali disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan sederhana yang sering dibiarkan begitu saja. Namun, diam-diam kebiasaan ini membuat produktivitas dan kinerjamu menurun.

Kamu tentu tidak ingin mengalami situasi seperti ini kan? Untuk itu, ada deretan kebiasaan yang sebaiknya kamu hindari nih biar produktivitas tidak menurun. Apa saja? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya.

 

 

 

6 Hal yang Bisa Menghambat Produktivitas

Wajib Dihindari, Ini 6 Hal yang Dapat Menghambat Produktivitiasmu! / Credit: suara.com

Menggunakan Gadget Sebelum Tidur

Bermain gadget untuk mengecek sosial media memang menyenangkan ya, apalagi jika hal ini dilakukan sebelum tidur. Tapi, kebiasaan ini justru membuat waktu tidur berkurang, lho. Tidak hanya karena durasi bermain gadget saja, tapi cahaya biru dari gadget juga dapat menghambar produksi hormon melatonin yang berperan untuk membantumu istirahat.

Akibatnya, kamu pasti akan merasa tetap “melek” selama beberapa saat meskipun sudah saatnya tidur. Kemudian, waktu tidurmu akan berkurang dan kamu kurang energi saat beraktivitas keesokan harinya.

Jadi, usahakan mengurangi waktu bermain gadget saat malam hari ya.

 

Menggunakan Internet Secara Impulsif

Biasanya orang membutuhkan waktu 15 menit untuk dapat fokus pada satu pekerjaan. Jika 15 menit tersebut dapat dilalui, maka pekerjaan bisa dilakukan dengan baik.

Nah, jika dalam waktu 15 menit awal, diselingi aktivitas lainnya, seperti membuka website di internet dan lain sebagainya, konsentrasi akan hilang. Apalagi, jika kebiasaan ini diulang berkali- kali, sudah pasti kamu jadi tidak produktif kan?

 

Perfeksionis

Bagi kamu yang perfeksionis, pasti memiliki banyak ide pekerjaan, tapi ketika mulai bekerja kamu malah kembali mempertimbangkan ide-ide tersebut? Lalu, berpikir lagi mengenai ide lainnya.

Jika kamu mengulangi kebiasaan ini berkali- kali, pekerjaanmu tidak akan selesai. Untuk mengatasinya, coba kerjakan terlebih dahulu dan cek kembali setelahnya. Kalau ada yang tidak sreg, kamu baru mengubah bagian yang dirasa tidak pas tersebut.

 

Meeting

Memang meeting merupakan salah satu kegiatan yang sudah jadi bagian pekerjaan. Tapi, terlalu sering meeting, justru dapat mengurangi produktivitas. Karena, sebenarnya yang digunakan untuk meeting tersebut, akan lebih produktif jika digunakan untuk menyelesaikan tugas.

Bahkan, orang yang sangat produktif cenderung menghindari meeting terlalu sering, dan melakukan kegiatan tersebut seperlunya saja.

Wajib Dihindari, Ini 6 Hal yang Dapat Menghambat Produktivitiasmu! / Credit: theconversation.com

 

Langsung Respon E-mail atau Pesan

Orang yang produktif tidak akan membiarkan e-mail yang masuk menggangu pekerjaannya. Biasanya, mereka memiliki waktu tertentu untuk cek email dan membalasnya. Namun, jika pesan tersebut memang penting, mereka akan membalasnya secara langsung.

Biasanya orang yang produktif memiliki daftar pengirim e-mail yang dianggap penting, seperti klien. Sedangkan, pengirim e-mail lainnya baru akan dibalas setelah ia selesai bekerja.

Dan hal ini juga berlaku pada pesan atau chat online yang masuk ya.

 

Multitasking

Metode bekerja multitasking sering dianggap dapat membantu menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Tapi, nyatanya multitasking justru dapat menurunkan produktivitas dan menghasilkan kinerja yang kurang maksimal.

Saat melakukan multitasking, otak harus mencerna beberapa informasi sekaligus yang dapat menyulitkanmu untuk fokus. Oleh karena itu, lebih baik konsentrasi pada satu kerjaan saja, baru beralih ke pekerjaan lainnya.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas memang sebaiknya kamu menghindari ke-6 hal tersebut ya agar produktivitas tetap terjaga dan pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik!

 

Featured Image - programmedblog.com.au