Saat ini, berbagaitempat wisata sudah mulai kembali dibuka, dan pusat perbelanjaan serta restoran juga sudah kembali beroperasi. Meski demikian, bahaya virus corona masih mengintai. Tetap ingat, bahwa makan di luar rumah atau di restoran dapat meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19.

Karena, ketika makan kamu tentu tidak menggunakan masker. Selain itu, menerapkan physical distancing sejauh 1,5-2 meter pun terasa sulit selama berada di restoran.

Dilansir dari CNN, Kepala Divisi Penyakit Menular Buffalo University, Amerika Serikat, Thomas Russo membeberkan berbagai sejumlah hal yang perlu kamu terapkan dan perhatikan selama berada di restoran.

Berikut ini ulasannya.

 

 

5 Cara Pencegahan Covid-19 Di Restoran

Menular Lewat Udara, Ketahui Cara Cegah Penularan Virus Corona di Restoran / Credit: insidehook.com

Terapkan Jaga Jarak

Salah satu cara yang efektif untuk pencegahan adalah jaga jarak sejauh dua meter. Hal ini didasarkan mengenai kemampuan droplets yang dapat menyebarkan virus sejauh dua meter. Bahkan, dalam ruangan tertutup, virus dapat menyebar pada jarak yang lebih jauh.

Kondisi ini dapat semakin parah, jika dalam ruangan ada kipas angin atau AC yang bisa membuat droplets bergerak lebih jauh.

 

Pilih Restoran yang Memiliki Sekat Meja

Usahakan untuk memilih restoran yang sudah memasang sekat pemisah di antara meja. Sekat ini dapat mengurangi risiko penularan.

Meskipun sekat dapat mengurangi risiko penularan, tapi tetap terapkanface shield. Kemudian, menjaga jarak fisik, serta rutin mencuci tangan juga merupakan langkah penting. Tak hanya dilakukan saat kamu mengunjungi restoran saja, tapi dimana saja.

 

Tidak Perlu Peralatan Makan Sekali Pakai

Banyak yang khawatir kalau virus dapat menempel pada permukaan alat makan. Tapi, proses pencucian yang baik dapat membunuh virus apapun yang ada. Jadi, kamu tak perlu menggunakan peralatan makan sekali pakai ya.

Tapi, sebelum makan pastikan kamu tetap mencuci tangan terlebih dahulu ya dan hindari menyentuh permukaan yang belum tentu bersih.

Menular Lewat Udara, Ketahui Cara Cegah Penularan Virus Corona di Restoran / Credit: eater.com

 

Perhatikan Proses Memasak

Mungkin sebagian dari kamu sering berpikir apakah virus dapat menular melalui makanan? Risiko penularan lewat makanan sebenarnya sangatlah rendah. Apalagi, Covid-19 merupakan virus pernapasan yang penularannya paling sering terjadi melalui saluran pernapasan dan mata.

Namun, tetap perhatikan proses memasak di restoran yang kamu kunjungi ya. Jika makanan terkontaminasi selama persiapan, proses memasak dapat membunuh virus tersebut.

Selain itu, penggunaan masker dan menjaga kebersihan tangan oleh pegawai restoran seharusnya bisa mengurangi risiko kontaminasi makanan.

 

Pilih Area Outdoor atau Drive Thru

Drive thru adalah cara paling aman bagi kamu yang ingin menikmati masakan restoran. Karena, kamu hanya berinteraksi dengan satu orang saja saat memesan.

Pilihan lainnya, kamu bisa makan di area luar restoran atau outdoor daripada dalam ruangan. Meski demikian, kamu tetap harus menggunakan masker dan face shield setelah makan selesai ya.

 

 

Nah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, menerapkan langkah-langkah pencegahan tersebut memang penting sekali dilakukan ketika kamu makan di restoran ya. Hal ini dilakukan agar kamu tetap aman dari paparan virus corona.

 

Featured Image - thejakartapost.com

Source - cnnindonesia.com