Dari akhir bulan Juli 2020 kemarin sampai dengan sekarang, yang tengah jadi perhatian banyak kalangan adalah munculnya klaster penularan virus corona yang masif dari area perkantoran. Para pengelola, pihak manajemen sampai pada karyawannya diminta untuk menerapkan protokol kesehatan lebih serius.

Hal ini terkait dengan jumlah kasus yang tercatat pada akhir bulan Juli 2020 mengalami peningkatan. Dilansir dari situs katadata.co.id – setidaknya ada kenaikan yang cukup signifikan untuk kasus baru. Dari angka 397 pasien baru virus corona yang terdeteksi, sampai dengan 577 kasus baru lagi.

 

 

Sejumlah Cara Cegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Kantor. credit image: kompas.com

Peningkatan Angka Positif Covid-19 dari Perkantoran

Peningkatan ini disinyalir terjadi di area-area perkantoran, di mana di fase new normal ini – para karyawan, pihak pengelola atau manajemen sudah diberikan kelonggaran untuk melakukan kembali aktivitas rutinnya di tempat kerja tersebut.

Pada data yang dimutakhirkan per 28 Juli 2020 kemarin, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengidentifikasi setidaknya ada 459 kasus pada 90 klaster perkantoran di Jakarta. Menurut Dewi Nur Aisyah, salah satu anggota Tim Pakar Satgas Nasional, terkait dengan kondisi seperti itu, area perkantoran mesti diwaspadai dan menerapkan protokol kesehatan dengan serius.

 

Sejumlah Cara Cegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Kantor. credit image: tribunnews.com

Rekomendasi Pencegahan Penularan Covid-19 di area Perkantoran

Satgas merekomendasikan beberapa langkah untuk mencegah ataupun memutus rantai penularan Covid-19 di ruang publik. Berikut rekomendasinya:

  • Jika tidak harus ke kantor, lebih baik bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

  • Jika mesti ke kantor, pastikan kapasitas ruang kerja hanya terisi 50% dari keseluruhan yang ada. Kemudian, atur waktu giliran masuk ke kantor dengan beda 1-2 jam.

  • Saat jam makan siang, pastikan melakukan penerapan yang sama seperti ruang kerja, yaitu 50% dari kapasitas keseluruhan.

  • Pastikan sirkulasi udara di ruang kerja berfungsi dengan sangat baik.

  • Pastikan pengelola atau manajemen kantor menerapkan protokol kesehatan dan fasilitas penunjangnya.

  • Terdapat unit K3 sebagai tim pengawas.

  • Pemeriksaan standar secara berkala

  • Jika ada kasus positif, segera lakukan contact tracing dengan baik.

  • Tingkatkan kewaspadaan jika naik kendaraan umum ketika berangkat – pulang dari kantor.

  • Begitu sampai di rumah, pastikan berganti pakaian dan mandi sampai bersih.

  • Pengelola dan manajemen kantor mesti transparan dalam penyampaian kondisi lingkungan kerja kantor.

 

Sejumlah Cara Cegah Penularan Covid-19 di Lingkungan Kantor. credit image: cnnindonesia.com

Kondisi Sebelumnya

Sebelum 4 Juni 2020 kemarin, Jakarta sempat melakukan dan menerapkan PSBB di mana banyak area perkantoran yang akhirnya menerapkan sistem kerja dari rumah atau WHF. Pada saat itu, angka dari jumlah positif virus corona hanya menunjukan 43 orang saja.

Nah ketika setelah 4 Juni 2020 di mana kondisi Kota Jakarta tidak lagi menerapkan PSBB dan mereka yang bekerja kantoran sudah bisa beraktivitas lagi dan menerapkan berbagai poin untuk protokol kesehatan, jumlah angkanya malah naik menjadi 416 orang atau 9,6 kali lebih tinggi.

 

 

Pemeriksaan masal menjadi salah satu langkah yang cukup tegas untuk mengurangi angka yang terjangkit positif virus corona. Untuk itu, banyak kalangan diminta dengan transparan untuk mengikuti berbagai langkah untuk upaya penurunan angka positif Covid-19.

 

Feature Image – katadata.co.id