sistem kekebalan tubuhmu juga akan terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kamu bisa rutin mengonsumsi berbagai sayuran hijau yang mengandung klorofil dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya untuk menjaga sistem kekebalan saja, mengonsumsi sayuran hijau secara rutin dapat menjaga kesehatan pencernaan, menjaga kesehatan mata.

Lalu, apa saja hidangan sayur hijau yang cocok dijadikan sebagai lauk untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh? Berikut ulasannya.

 

 

 

6 Hidangan Sayuran Hijau

Ketahui Berbagai Hidangan Hijau yang Baik Untuk Sistem Kekebalan Tubuh / Credit: eatwellenjoylife.com

Tumis Bayam Jamur

Kamu bosan mengolah bayam menjadi sup saja? Sebagai alternatif, kamu bisa mengolahnya menjadi tumis bayam jamur yang tidak kalah nikmat untuk dijadikan menu makan kamu!

Cara membuatnya pun mudah, lho. Kamu hanya perlu menyiapkan jamur, untuk jenisnya bisa sesuaikan dengan selera ya, kemudian tumis jamur bersama bayam dan beri tambahan bawang putih, garam, serta lada.

 

Sup Kale Sosis

Tidak hanya nikmat dijadikan tumis atau camilan sehat saja, tapi kale juga bisa diolah menjadi hidangan berkuah yang bisa membantu menghangatkan tubuh kamu.

Cukup tambahkan potongan sosis dan sayuran lainnya jika mau, kemudian masak kale dengan bumbu sup seperti garam, lada, serta bumbu-bumbu pelengkap yang bisa kamu sesuaikan dengan selera. Biar lebih nikmat, kamu bisa memanggang sosis terlebih dahulu, sebelum dimasukkan ke dalam kuah sup.

 

Tumis Brokoli Ayam dengan Saus Cokelat

Kalau kamu ingin menu masakan yang berbeda, kamu bisa coba masak menu yang satu ini, nih. Kamu bisa membuat saus cokelat dengan campuran kecap, saus tiram, brown sugar, dan tepung jagung atau maizena yang memberi tekstur kental pada saus.

Selain itu, kamu juga bisa memilih potongan ayam bagian dada agar lebih mudah saat di iris. Setelah itu, kamu hanya tinggal menumis potongan ayam, brokoli, dan saus cokelat hingga matang. Mudah ya?

 

Pakcoy Wijen Pedas

Selain kimchi, pakcoy juga merupakan sayuran hijau yang sering dikonsumsi masyarakat Korea Selatan sebagai lauk pendamping.

Kamu bisa mengolah pakcoy ala Korea Selatan dengan mencampurkannya dengan saus racikan yang terdiri dari minyak wijen, bawang putih cincang, pasta kedelai, dan pasta cabai bubuk. Sebagai tambahan, beri taburan wijen yang sudah dipanggang.

Ketahui Berbagai Hidangan Hijau yang Baik Untuk Sistem Kekebalan Tubuh / Credit: betterthanbouillon.com

 

Sup Daun Singkong

Daun singkong identik dengan sayur pendamping yang sering ada pada masakan Padang. Biar lebih sehat, kamu bisa mengolah daun singkong menjadi sup ala Afrika yang dicampur dengan daging sapi atau ayam.

Cara membuatnya, tumis terlebih dahulu daging sapi atau ayam dengan bumbu, kemudian masukkan daun singkong dan tambahan udang jika kamu mau. Jangan lupa, tambahkan bumbu sesuai selera kamu ya.

 

Asparagus Panggang

Sayuran hijau penuh gizi ini bisa kamu olah dengan cara dipanggang, lho. Caranya, panggang asparagus bersama tomat dan kacang pinus yang sudah diberi bumbu bawang putih cincang, garam, dan lada. Panggang selama 20 menit.

Setelah matang, sajikan asparagus yang beri sedikit perasan lemon dan taburan keju parut.

 

 

Selain Dengan Menu Sayur Hijau, Jaga Kekebalan Tubuh Dengan Minum Enervon-C

Tak hanya dengan rutin mengonsumsi sayuran hijau, optimalkan sistem kekebalan tubuhmu dengan rutin mengonsumsi Enervon-C setiap hari.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Sejumlah vitamin ini dapat membantu jaga daya tahan tubuh kamu biar nggak gampang sakit, lho.

Selain itu, kandungan vitamin B kompleksnya juga dapat bantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas.

 

Nah, itu dia keenam menu masakan sayuran hijau yang bisa kamu coba di rumah! Untuk kamu yang kurang suka sayur, bisa juga lho mengolahnya jadi sejumlah hidangan di atas yang lezat dan praktis!

 

Featured Image - thespruceeats.com