Sampai sekarang ini, masih saja ditemukan kesalahan dalam penggunaan masker. Padahal penggunaan masker jadi salah satu hal yang fundamental. Menurut kamu, apakah cara penggunaan masker kamu sudah pasti benar?

Menjadi salah satu poin dari protokol kesehatan yang sudah disetujui oleh banyak pihak, penggunaan masker diwajibkan ketika kamu ingin beraktivitas di luar rumah. Seperti kondisi sekarang ini di mana fase new normal jadi kesempatan buat banyak kalangan beraktivitas rutin lagi.

Penggunaan masker dinilai oleh banyak pihak terkait sebagai salah satu cara mencegah virus corona yang efektif. Hal ini terkait dengan cara penyebaran virus corona yang bisa melalui droplets ketika kamu sedang berbicara, atau bahkan saat bersin.

Oleh karena itu, penggunaan masker menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Buat kamu yang sudah beraktivitas kembali di luar rumah seperti pergi ke kantor atau membuka usaha kamu lagi, pastikan selalu menggunakan masker dan hindari kesalahan-kesalahan dalam penggunaannya!

 

 

Memangnya seperti apa sih kesalahan-kesalahan dalam penggunaan masker? Ini penting untuk kamu ketahui supaya kamu tahu persis bagaimana cara menggunakan masker dengan benar. Daripada makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya.

 

Kesalahan Dalam Penggunaan Masker

Yang Masih Sering Dilakukan

 

Berbagai Kesalahan Cara Pakai Masker yang Buat Virus Corona dapat Tembus! credit image: kompas.com

Tidak Mencuci Tangan Sebelum Pakai Masker

Untuk perlindungan total dan meningkatkan kebersihan dan kesehatan kamu, ada baiknya kamu perlu mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir sebelum menggunakan masker. Atau minimal, kamu bisa pastikan tangan kamu bersih dengan menggunakan hand sanitizer.

Hal ini terkait dengan momen penggunaan masker adalah kemungkinan tangan kamu menyentuh area wajah. Jika sudah cuci tangan dengan bersih , tentu kamu juga tenang untuk memasangkan masker di area wajah kamu.

 

Dilonggarkan Secara Sengaja

Memang sih tidak semua kalangan terbiasa menggunakan masker. Namun di pandemi virus corona dan fase new normal yang sudah bergulir ini, kamu diharapkan bisa beradaptasi dengan cepat untuk penggunaan masker.

Kesalahan kedua yang biasa dilakukan oleh banyak kalangan adalah sengaja melonggarkan masker ketika sudah terpasang di area wajah. Hal ini menurut mereka bisa membuat bernafas dengan lega, namun esensi melindungi kamu dari virus corona hilang juga.

Solusi dari kesalahan yang sering dilakukan ini adalah pastikan masker yang kamu beli pas berada di area wajah kamu. Tidak terlalu kecil dan juga tidak terlalu besar sehingga kamu tetap nyaman untuk bernapas. Perhatikan ukuran masker yang akan kamu beli, ya.

 

Berbagai Kesalahan Cara Pakai Masker yang Buat Virus Corona dapat Tembus! credit image: pmjnews.com

Digunakan Secara Bolak-Balik

Waduh pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang ketiga ini karena hal yang satu ini cukup berbahaya. Konsep dasar masker adalah menyaring partikel dari udara di luar yang akan kita hirup. Oleh karena itu, jika ada partikel yang berbahaya, akan tersaring dulu oleh masker di lapisan terluarnya.

Nah, jika kamu pakai bolak-balik, artinya kamu dengan mudah membalikan masker tersebut jadi yang bagian luar akhirnya menyentuh wajah kamu – ini malah berbahaya karena bisa saja partikel yang tersaring di masker, malah bisa masuk ke tubuh dengan mudah dari area wajah.

 

Tidak Menutup Area Mulut dan Hidung

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau virus corona bisa dengan mudah untuk menyebar dari droplets yang dikeluarkan dari mulut atau hidung. Oleh karena itu, masker diperuntukan untuk menutupi area mulut dan hidung.

Namun masih ada saja yang menggunakan masker asal menempel saja di wajahnya sehingga terkadang bagian hidung atau mulut malah tidak tertutup. Atau dengan sengaja menarik ke atas maskernya sehingga bisa mudah berbicara.

Kalau seperti ini, walau kamu menggunakan masker dengan kualitas super – tentu jadi tidak akan berpengaruh banyak untuk melindungi diri kamu.

 

Berbagai Kesalahan Cara Pakai Masker yang Buat Virus Corona dapat Tembus! credit image: halodoc.com

Menyentuh Permukaan Luar

Mungkin bisa saja kamu melakukan hal ini secara tidak sadar, namun tetap saja ini tidak bagus untuk kamu. Jika masker sudah terpasang dengan baik di area wajah kamu, sebisa mungkin secara sadar jangan sampai menyentuh lapisan masker terluar.

Hal ini malah akan membuat tangan kamu kotor sehingga malah bisa membawa potensi-potensi yang berisiko untuk kebersihan dan kesehatan kamu.

Terlepas dari kesalahan-kesalahan penggunaan masker yang memang memiliki risiko tersendiri, kamu perlu jaga kesehatan dan daya tahan tubuh kamu dari dalam juga. Selain mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi, kamu juga perlu mengonsumsi multivitamin yang bisa bantu jaga daya tahan tubuh dengan baik.

Rekomendasi dari multivitamin yang dimaksudkan adalah tentu Enervon-C! Mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh, Enervon-C siap bantu kamu untuk memiliki daya tahan tubuh yang optimal sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit.

Tenang, kandungan atau sifat zat yang ada di dalam vitamin-vitamin di dalam Enervon-C mudah larut di dalam air sehingga mudah diserap juga oleh tubuh. Nah, setelah sudah terserap dengan baik, sisa-sisa dari penyerapan tersebut akan keluar dengan mudah lewat urin.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari segala penjelasan di atas soal penggunaan masker yang benar, pastikan kamu bisa menghindari kesalahan-kesalahan yang di atas ya!

 

Feature Image – cnnindonesia.com