Sebentar lagi negara kita tercinta yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia akan berulang tahun. Mengingat negara tercinta ini semakin bertambah tua, sudah apa saja yang kamu berikan untuk negara kita ini?

Jatuh setiap pada tanggal 17 Agustus, Indonesia berulang tahun. Mengenang kembali masa-masa di mana para pahlawan bangsa ini benar-benar mengorbankan apapun, jiwa raganya untuk kemerdekaan Indonesia. Seperti yang diketahui bersama, dulu negara kita sempat dijajah.

 

 

Namun sekarang, pengorbanan untuk Indonesia belum selesai, kita semua sekarang masih terus berjuang bersama untuk mewujudkan Indonesia selesai dari pandemi virus corona yang berkepanjangan ini. Fase new normal jadi kesempatan untuk kembali lagi mencoba buat berkarya.

Satu yang jelas, pandemi ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kamu dan kita semua tetap perlu mematuhi dan menerapkan berbagai protokol kesehatan yang sudah disetujui oleh banyak pihak. Hal tersebut untuk kesehatan kita semua.

Terkait dengan tanggal 17 Agustus, mayoritas masyarakat di Indonesia punya cara-cara unik untuk mengenang jasa para pahlawan dan bagaimana semangat mereka saat memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Salah satu cara yang umum adalah dengan menggelar berbagai jenis lomba.

Lomba-lomba seperti balap karung, panjang pinang, memasukan benang ke lubang jarum adalah beberapa contoh lomba yang kerap digelar oleh banyak kalangan. Tapi apakah kamu tahu berbagai lomba tersebut ada maknanya?

Bukan sembarang lomba untuk seru-seruan saja – tapi makna di setiap lomba tersebut yang bisa membuat kita tersadar penuh kalau para pahlawan terdahulu, benar-benar memperjuangkan apapun untuk Indonesia.

Penasaran ya sebenarnya ada makna apa saja sih di lomba-lomba 17 Agustus? Daripada menebak-nebak sendiri, sekarang sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

Deretan Makna Dibalik Lomba 17 Agustus

 

Kenali Makna Dibalik 5 Lomba 17 Agustusan Berikut Ini. credit image: medcom.id

Lomba Balap Karung

Salah satu jenis lomba yang umum untuk digelar di berbagai tempat dan selalu banyak peminat, lomba balap karung mempunyai makna tersendiri untuk kemerdekaan Indonesia, lho. Lomba balap karung mempunyai arti di mana semua yang terlibat sangat berusaha keras untuk menang. Itu yang dilakukan oleh para pahlawan kita terdahulu untuk Indonesia.

Lalu, karung itu sendiri ada artinya juga, lho. Dahulu pada masa penjajahan, penduduk Indonesia begitu tertinggal sehingga untuk pakaian saja mereka hanya menggunakan karung goni. Hal seperti ini kembali diingatkan oleh lomba balap karung di mana keterbatasan tidak menjadi hal yang mengganggu usaha keras kamu untuk sampai pada tujuan.

 

Kenali Makna Dibalik 5 Lomba 17 Agustusan Berikut Ini. credit image: tempo.co

Lomba Panjat Pinang

Panjat pinang jadi salah satu lomba yang ultimate karena dinilai menjadi yang paling seru! Melihat berbagai tim harus bekerja sama untuk memanjat pohon pinang yang dilumuri oleh oli atau pelicin lainnya, tentu seru sekali melihat mereka berusaha keras untuk mendapatkan berbagai hadiah yang ada di atas pohon pinang tersebut.

Lomba panjat pinang ini mengartikan kalau para pendahulu yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, terus bekerja sama, bergotong royong untuk mendapatkan hasil yang mereka tuju bersama. Hal ini yang mesti dipertahankan terus sampai ke generasi selanjutnya. Kemampuan bekerja sama yang baik dan optimal.

 

Lomba Makan Kerupuk

Tidak kalah meriah dengan lomba lainnya, lomba makan kerupuk adalah lomba yang biasanya diikuti peserta yang doyan makan, nih! Kerupuk yang digantung, hanya boleh dimakan menggunakan mulut tanpa dipegang oleh tangan.

Apakah lomba makan kerupuk ini ada maknanya terkait usaha yang dilakukan oleh para pendahulu? Tentu ada! Lomba makan kerupuk ini mengartikan kalau mereka dulu tidak mudah menyerah oleh kondisi apapun walau keterbatasan pangan. Kerupuk juga jadi representasi di mana dulu Indonesia pada zaman penjajahan pernah mengalami kesulitan pangan.

 

Perang Bantal

Siapa yang kuat, dia bertahan sampai jadi pemenang – tapi kalau tidak kuat, siap-siap basah karena tercebur dari batang bambu yang jadi dudukannya, nih! Perang bantal adalah salah satu lomba yang kerap jadi pilihan para panitia 17 Agustus mendapatkan kemeriahan.

Sorak sorai penonton menjagokan mereka yang saling pukul dengan bantal, perang bantal punya makna tersendiri terkait zaman penjajahan dahulu. Mereka para pahlawan, sama sekali tidak boleh lengah dan tetap harus bisa bertahan dalam kondisi apapun, walau dulu hanya bermodalkan bambu runcing, tapi mereka bisa mengusir penjajah dari Indonesia. Kurang lebih makna perang bantal seperti itu.

 

Kenali Makna Dibalik 5 Lomba 17 Agustusan Berikut Ini. credit image: denpasarkota.go.id

Tarik Tambang

Tidak jauh berbeda dengan lomba panjat pinang, kekuatan dan juga kekompakan tim dalam tarik tambang menentukan kemenangan tim tersebut. Seperti para pahlawan terdahulu, mereka begitu kompak, begitu solid untuk kerja sama sehingga tujuan mereka untuk mengusir penjajah bisa dicapai.

Tarik tambang juga seperti itu, disamping mengandalkan kekuatan, mesti ada strategi dan kekompakan yang solid untuk memenangkan lomba tersebut.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari kelima lomba di atas – apakah kamu sudah paham bagaimana makna-makna di balik deretan lomba tersebut?

 

Feature Image – elevania.com