Attention Deficit Hyperactivity Disorder atau ADHD merupakan gangguan mental yang paling sering terjadi pada anak-anak. Kondisi ADHD membuat anak-anak sulit untuk mengontrol impuls mereka dan cenderung hiperaktif. Selain itu, anak-anak dengan kondisi ADHD mungkin kehidupan sekolah dan rumah.

Oleh karena itu, untuk memastikan anak dengan  ADHD dapat berkembang dengan baik, orang tua perlu menerapkan pola asuh yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Ada sejumlah penyesuaian dalam hal startegi pola asuh, hingga cara interaksinya.

Berikut ini pola asuh yang sesuai untuk anak ADHD, mungkin kamu bisa terapkan cara asuh ini.

 

 

 

5 Tips Pola Asuh Anak Dengan Kondisi ADHD

Ketahui Cara dan Pola Asuh Tepat Untuk Anak ADHD / Credit: inquirer.com

Semua Bukan Kesalahan Anak

Saat orang tua merasa anak memiliki pergerakan yang lambat dan terkadang kurang termotivasi, hindari menyalahkan anak karena kondisi ini. Anak dengan ADHD memang memiliki tingkat perkembangan yang berbeda.

Biasanya, mereka membutuhkan lingkungan belajar yang diatur. Jadi, lebih baik orang tua untuk bersabar dan sering menyampaikan hal-hal positi agar anak tetap termotivasi untuk belajar.

 

Hindari Berpaku Pada Pengobatan

Anak dengan ADHD biasanya diberikan obat tertentu untuk membantu mengontrol perilakunya. Namun, bukan berarti obat-obatan bukanlah satu-satunya hal yang membuat perbedaan dalam dirinya, ya. Hindari pola asuh seperti ini, karena dapat  membuat si kecil merasa bahwa usahanya selama ini tidak membuahkan hasil.

 

Ketahui Perbedaan Antara Disiplin dan Hukuman

Banyak orang tua berpikir bahwa cara mendisiplinkan anak dengan ADHD adalah melalui aturan yang sudah dimodifikasi. Caranya, menentukan tujuan yang harus dicapai secara sistematis sesuai usianya. Kemudian, berikan penghargaan atas keberhasilan si kecil.

Dengan menghargai perilaku positif yang ia lakukan, orang tua dapat membantu anak merasakan apa itu keberhasilan. Cara ini juga akan meningkatkan motivasinya dalam melakukan hal- hal yang benar. Dan, hindari untuk menghukumnya ketika ia melakukan perilaku negatif. Coba beri tahu ia dengan baik- baik, dan lama kelamaan anak akan ikut mengerti.

Ketahui Cara dan Pola Asuh Tepat Untuk Anak ADHD / Credit: canberratimes.com.au

 

Berhenti Menyalahkan Orang Lain

Lingkungan bisa saja ikut berkontribusi pada kondisi anak. Tapi, cobalah untuk berhenti menyalahkan orang lain atas perilaku yang dilakukan anak. Selain itu, orang tua juga perlu memberi pemahaman pada ank mengenai kondisinya, sehingga ketika ia dewasa nanti, anak tidak melimpahkan kesalahan pada orang lain untuk apa yang dialaminya.

 

Hindari Berkata Tidak Terlalu Cepat

Anak yang sering mendengar kata “tidak” cenderung akan memberontak. Jadi, sebaiknya sebelum berkata tidak, dengarkan dulu penjelasan anak. Coba berinteraksi dan ajak anak berkomunikasi mengenai keinginannya.

Dengan begitu, anak merasa ia memiliki kontribusi untuk menentukan hal apa yang boleh dan tidak untuknya.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, anak dengan ADHD memang memerlukan pola asuh yang berbeda. Jangan lupa untuk selalu motivasi anak dengan berbagai kelebihan yang ia miliki dan beri berbagai pelatihan sebagai bentuk dukungan orang tua kepada anak.

 

Featured Image - kidshealthllc.com