Siapa disini yang seringkali merasa panik, parno, khawatir, stres, hingga cemas selama masa pandemi Covid-19? Mungkin, hampir semua orang merasakan hal ini. Rasa panik seringkali mendatangi karena kita sedang menghadapi kondisi tidak pasti, bahkan kita pun tidak tahu kapan ini akan berakhir.

Rasa panik yang kamu rasakan dapat membuat tubuh terasa penuh tekanan dan napas jadi tidak teratur. Untuk mengatasinya, kamu dapat melakukan sedikit relaksasi dengan melakukan teknik pernapasan.

Bukan sembarang teknik pernapasan, lho. Tapi, sejumlah teknik ini dapat membantumu meredakan rasa panik. Sejumlah ahli pun menyarankan menerapkan teknik pernapasan ini sebagai salah satu cara membuat tubuh lebih rileks dan tenang.

Lalu, bagaimana teknik pernapasan tersebut? Ini ulasannya.

 

 

 

5 Teknik Pernapasan Untuk Mengurangi Stres Selama Pandemi

5 Teknik Pernapasan Agar Stres Berkurang dan Tubuh Jadi Rileks / Credit: parenting.firstcry.com

Bernapas Dengan Sadar

Teknik yang pertama adalah kamu harus melakukan yang dilakukan secara sadar. Caranya, tarik dan buang napas dengan ritme yang teratur. Rasakan udara yang kamu hirup, kemudian rasakan juga otot diafragma berkontrasi saat bernapas.

Fokus pada pola pernapasan dan pikiran serta tubuhmu pun akan menjadi rileks.

 

Napas Singa

Teknik napas singa merupakan salah satu teknik pernapasan yang sering dilakukan pada olahraga yoga. Teknik ini dapat membantumu keluar dari pikiran yang mengganggumu.

Caranya, tutup mata dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung. Saat membuang napas, buka mulut dengan lebar sambil menjulurkan lidah. Kemudian, buang napas sambil berkata ‘ha’. Dan ulangi teknik ini beberapa kali.

Tak hanya dapat membuat tubuh jadi lebih rileks, teknik napas singa juga dapat mengendurkan otot- otot di wajah dan rahang yang kaku.

 

Breath Extension

Teknik breath extension dapat menggerakan energi yang berada di dalam tubuh. Caranya, tarik napas selama 4-5 hitungan melalui hidung. Tahan selama 4 hitungan dan buang napas perlahan melalui mulut. Pastikan kamu mengeluarkan suara seperti mendesis yang keras.

5 Teknik Pernapasan Agar Stres Berkurang dan Tubuh Jadi Rileks / Credit: epochtimes.today

 

Napas Sitali

Sitali merupakan teknik pernapasan yang cocok diterapkan ketika kamu sedang emosi dan marah. Cara mempraktikkannya, buka mulut dengan membentuk huruf O dan julurkan lidah melengkung ke atas.

Tarik napas perlahan dan mendalam melalui mulut, mirip seperti sedang minum melalui sedotan. Tutup mulut dan tahan, kemudian buang napas melalui hidung. Kamu bisa mengulangi teknik ini 3-5 menit hingga merasa tenang.

 

Breath of Fire

Breath of fire merupakan teknik pernapasan dasar yang sering digunakan pada yoga kundalini. Teknik ini bisa memberikan energi yang cukup besar untuk tubuh.

Caranya, mulai dengan duduk bersila, kemudian tarik dan buang napas melalui hidung. Pastikan perut mengembang dan mengempis saat kamu bernapas. Lakukan ritme napas yang teratur ya. Dan kamu bisa ulangi teknik ini selama 1-3 menit. Tapi, jkamu mulai merasa pusing, kamu bisa perlambat ritme napas.

 

 

Wah, bagaimana nih? Apakah kamu termasuk yang sering merasa panik selama pandemi ini? Kamu bisa mencoba 5 teknik pernapasan di atas, lho! Agar tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan kamu pun tidak stres!

 

Featured Image - longevitylive.com

Source - cnnindonesia.com