Angka kematian karena kasus infeksi virus corona terus bertambah. Walau di Indonesia sendiri angkanya melaju perlahan, tapi tetap saja ada yang menghembuskan nafas terakhirnya setelah terinfeksi virus corona. Dilansir dari IDN Times, salah satu penyebabnya adalah komorbid yang ada.

Mungkin banyak dari kamu yang bertanya-tanya apa itu komorbid. Komorbid adalah kondisi penyerta, atau lebih mudahnya adalah deretan penyakit yang terkondisikan di tubuh seseorang yang terinfeksi tersebut. Komorbid adalah salah satu faktor yang mempengaruhi angka kematian karena virus corona yang ada sekarang ini.

 

 

Komorbid yang sering ditemui di mereka yang menghembuskan nafas terakhir karena infeksi virus corona adalah hipertensi. Namun, ada komorbid lainnya yang mesti kamu perhatikan juga karena kondisi penyerta atau penyakit ini cukup berbahaya, yaitu diabetes.

Berdasarkan data resmi dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, menyatakan kalau Diabetes menjadi penyakit bawaan yang banyak ditemukan. Setidaknya 34,4 persen mereka yang terinfeksi virus corona memiliki diabetes juga. Hal inilah yang membuat virus corona semakin berbahaya di tubuh kamu.

Lalu, buat kamu atau siapapun yang mempunyai komorbid atau kondisi penyerta seperti itu, apa yang mesti kamu lakukan sekarang ini? Tenang, di bawah ini akan diulas apa saja yang perlu kamu lakukan untuk menjaga komorbid ini tidak memperparah kondisi tubuh yang sudah terinfeksi.

 

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan

Terkait Hubungan Diabetes dan Infeksi Virus Corona

 

Diabetes Jadi Penyakit Penyerta Corona, Pengidapnya Perlu Perhatikan Gula Darah. credit image: kompas.com

Rutin Periksa Gula Darah

Tidak perlu menunggu gejalanya terlebih dahulu apakah kamu sudah pasti mempunyai diabetes atau tidak – yang mesti kamu lakukan adalah aktif untuk terus rutin memeriksa angka gula darah kamu. Hal ini termasuk kepada faktor turunan atau riwayat diabetes, yang misalnya orang tua kamu dulu miliki.

Ada kemungkinan diabetes tersebut turun ke kamu. Oleh karena itu, dengan rutin memeriksa angka pada gula darah kamu – tentu kamu jadi mengetahui dengan detil bagaimana kondisi tubuh kamu terkait dengan diabetes tersebut. Kamu juga bisa menghindari komorbid yang berkomplikasi nantinya.

 

Diabetes Jadi Penyakit Penyerta Corona, Pengidapnya Perlu Perhatikan Gula Darah. credit image: froedtert.com

Mengetahui Angka Amannya

Terkait dengan rutinnya kamu memeriksa angka pada gula darahnya – ada hal terkait yang mesti kamu ketahui juga dengan pasti, yaitu mengetahui angka yang aman untuk pemeriksaan gula darah kamu itu.

Dilansir dari IDN Times, angka gula darah saat puasa yang baik adalah di antara 80-130 mg/dl. Lalu jika setelah makan, angka gula darah yang baik tidak melebihi 180 mg/dl. Dengan mengetahui angka amannya seperti ini, tentu akan semakin mudah juga buat kamu buat mengendalikan gula darahnya.

 

Korelasi Diabetes dan Virus Corona

Cukup sederhana korelasi antara diabetes dan virus corona – terkait dengan data yang ada di atas sebelumnya kalau diabetes menempati tempat kedua setelah hipertensi sebagai komorbid yang populer ditemukan pasien virus corona.

Hal ini mengacu kepada sebuah korelasi antara diabetes dan virus corona. Perlu kamu ketahui kalau diabetes pada tubuh bisa menurunkan imunitas. Nah ketika imun kamu lemah atau daya tahan tubuh kamu tidak optimal, ada kemungkinan besar kamu mudah terinfeksi virus corona tersebut.

Kondisi seperti itu membuat tubuh sulit untuk melawan virus corona dari dalam. Sehingga tubuh akan lebih lama untuk pulihnya. Terlebih perkembangan virus tersebut juga semakin leluasa sehingga hal buruk bisa terjadi.

 

Diabetes Jadi Penyakit Penyerta Corona, Pengidapnya Perlu Perhatikan Gula Darah. credit image: diabetes.co.uk

Periksa ke Rumah Sakit dan Dokter

Buat kamu yang ragu untuk pergi ke rumah sakit dan menemui dokter yang biasa menangani keluhan diabetes kamu, kamu bisa atur pertemuan kamu satu bulan sekali sehingga penerimaan untuk obat juga bisa dokter terkait atur untuk satu bulan sekali juga.

Namun jika kamu perlu sekali ke rumah sakit dan menemui dokter, pastikan kamu juga paham dan menerapkan protokol kesehatan untuk berada di rumah sakit ya.

 

Diabetes Jadi Penyakit Penyerta Corona, Pengidapnya Perlu Perhatikan Gula Darah. credit image: discovermagazine.com

Atur Pola Makan dan Berolahraga Rutin

Beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar gula darah kamu tetap normal dan imunitas serta daya tahan tubuh kamu optimal adalah mengatur pola makan yang ada dan juga sempatkan diri untuk berolahraga secara rutin.

Untuk olahraga rutin, kamu bisa pilih olahraga yang mudah dilakukan dari rumah atau sekitarnya saja. Misalnya jogging pagi/sore hari, main sepeda atau bahkan senam kardio di rumah dengan panduan dari Youtube.

 

 

Jangan lupa untuk atur waktu istirahat kamu agar tidak terlalu memforsir tubuh untuk terus bergerak. Kamu juga perlu istirahat yang cukup.

Wah bagaimana nih? Dari kelima hal yang direkomendasikan untuk kamu terkait hubungan antara diabetes dan virus corona, apakah kamu sudah paham semua dan siap menerapkannya?

 

Feature Image – medicaldialogues.in