Apakah kamu termasuk orang yang ingin melakukan berbagai hal, namun akhirnya tidak melakukan apa- apa karena terlalu sering tidak mood? Mungkin,Motivasi diri yang hilang dapat membuatmu sulit dalam mencapai tujuan yang kamu inginkan.

Selain itu, motivasi diri yang terus menurun juga dapat berpengaruh pada kinerja kamu di kantor, lho. Kamu pasti tidak ingin kan performa menurun dan mendapat berbagai keluhan dari atasan?

Agar kembali bersemangat, kamu perlu mengetahui dahulu apa penyebab menurunnya motivasi diri. Kemudian, barulah di atasi dengan baik. Nah, kali ini Enervon akan menjelaskan berbagai alasan yang membuat banyak orang kurang termotivasi.

Simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

6 Penyebab Menurunnya Motivasi Diri

Merasa Motivasi Diri Menurun? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnya! / Credit: tribunnews.com

Hanya Melihat Sisi Buruk

Orang yang kurang termotivasi biasanya memiliki pandangan yang pesmis terhadap peluang yang dimiliki. Cobalah untuk ubah kebiasaan buruk ini dan mulai bayangkan kesuksesanmu.

Agar motivasi diri tetap terjaga, kamu harus jujur dengan keterampilan yang kamu miliki dan hadapi berbagai tantangan yang ada. Dengan begitu, motivasi diri akan terus terpacu dan kamu dapat melakukan segala halnya lebih baik lagi.

 

Lupa Dengan Manfaat yang Bisa Diperoleh

Mungkin motivasi dirimu menurun karena kamu terlalu fokus dengan hambatan dan tantangan yang ada. Kamu pun jadi lupa akan manfaat yang bisa didapatkan dari hal yang kamu lakukan tersebut.

Solusinya, agar kamu semakin termotivasi, bayangkanlah manfaat atau imbalan yang bisa kamu dapatkan nantinya.

 

Tujuan yang Tidak Realistis

Setiap orang memerlukan tujuan untuk dijadikan pegangan agar motivasi diri semakin meningkat. Untuk itu, sebaiknya mulailah dari tujuan yang realistis. Ini memungkinkanmu untuk mencapai tujuan tersebut di masa depan.

Kamu juga bisa memecah setiap tujuanmu menjadi tantangan- tantangan yang lebih kecil, sehingga kamu dapat melihat hasilnya lebih cepat. Cara ini juga dapat membuatmu semakin termotivasi untuk melakukan tugas sampai akhir.

Merasa Motivasi Diri Menurun? Bisa Jadi 6 Hal Ini Penyebabnya! / Credit: businessnewsdaily.com

 

Tidak Mau Bekerja Keras

Banyak orang yang lebih dulu mempertimbangkan imbalan yang bisa didapatkan, sehingga kurang fokus untuk melakukan usaha yang lebih giat lagi. Agar kamu bisa mendapatkan apa yang diinginkan, kamu harus bekerja lebih keras dan melakukan lebih baik daripada apa yang sudah dilakukan orang lain.

Misalnya, jika kamu ingin bekerja di perusahaan asing dan mendapat gaji yang tinggi. Kamu bisa memulai usahamu dengan masuk ke perguruan tinggi dan memilih jurusan kuliah yang banyak diperlukan oleh perusahaan asing.

 

Tidak Memanfaatkan Waktu Dengan Baik

Orang yang kurang termotivasi, cenderung membuang- buang waktu yang ada dan tidak bisa menerapkan sering menunda-nunda pekerjaan.

Untuk mengatasinya, lawan rasa malas dan kelemahan yang kamu miliki, kemudian mulai atur waktu lebih baik dari sebelumnya. Kenali waktu dengan baik dan hindari menunda pekerjaan yang ada.

 

Tidak Yakin Akan Bakat Diri Sendiri

Saat kamu berpikir bahwa bakat dan keterampilan yang dimiliki, maka hal ini akan menghambatmu untuk terus maju dan berkembang.

Hindari berfokus pada apa yang tidak bisa kamu lakukan, tapi fokus pada keterampilan dan bakat yang kamu miliki saat ini. Cara ini akan membuatmu jauh lebih termotivasi untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

 

 

Nah, itu 6 faktor yang mungkin jadi penyebab motivasi diri menurun. Semoga berbagai penjelasan di atas dapat membantu meningkatkan motivasi dirimu ya!

 

Featured Image - inc.com