Imunisasi dasar atau seringkali disebut vaksin untuk anak perlu dilakukan sejak si kecil lahir. Tujuannya, untuk mencegah risiko penularan penyakit berbahaya di kemudian hari. Namun sayangnya, sampai saat ini masih banyak orang tua yang takut akan berbagai isu atau mitos mengenai imunisasi dasar. Sehingga, anak pun tak mendapat imunisasi lengkap.

 

 

 

Lalu, mengapa imunisasi dasar penting untuk didapatkan oleh anak? 

Penting Diketahui! Berikut Sejumlah Akibat Jika Anak Tidak Imunisasi Dasar / Credit: parentstory.com

Karena, sistem kekebalan tubuh bayi belum terbentuk sempurna seperti orang dewasa, sehingga anak akan lebih mudah sakit. Disinilah peran imunisasi untuk menjaga kesehatan anak sejak lahir.

Imunisasi merupakan cara untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh, jadi lebih kebal terhadap serangan bakteri, virus, jamur, dan parasit penyebab penyakit. Dengan memberikan imunisasi dasar pada anak, berarti orang tua melindunginya dari berbagai risiko penyakit di kemudian hari. Pemberian vaksin pada anak dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi antibodi khusus untuk melawan jenis- jenis penyakit tertentu.

Vaksin sendiri mengandung suatu kuman atau virus versi jinak atau non-aktif yang sudah dilemahkan. Setelah masuk ke dalam tubuh, kuman atau virus tersebut tidak menyebabkan penyakit, tapi justru membiarkan sistem imun anak mengenali dan mengingatnya sebagai suatu ancaman.

Setelah itu, sistem imun akan membentu antibodi yang dapat bekerja melawan jenis kuman tersebut secara spesifik. Jadi, ketika nanti ada kuman aktif yang masuk ke tubuh anak, sistem imun sudah siap membunuhnya dengan antibodi tersebut.

 

Apa Akibatnya Jika Bayi Tidak Diberi Imunisasi Dasar?

Penting Diketahui! Berikut Sejumlah Akibat Jika Anak Tidak Imunisasi Dasar / Credit: kumparan.com

Meskipun imunisasi dasar tak menjamin 100 persen efektif untuk mencegah penyakit. Namun, kalaupun anak sakit, gejalanya jauh lebih ringan dan mudah diobati. Jika tidak, anak lebih berisiko tertular dan mengalami sakit yang lebih parah.

Selain itu, ada sejumlah dampak buruk lainnya yang bisa timbul jika anak tidak diimunisasi. Yaitu:

Berisiko Alami Komplikasi

Anak yang tidak diimunisasi memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami komplikasi. Hal ini nantinya dapat menyebabkan kecacatan pada bayi, bahkan hingga kematian.

Ini karena tubuh anak tidak diperkuat dengan sistem pertahanan tertentu yang dapat mendeteksi jenis- jenis penyakit berbahaya tertentu. Dan kuman yang masuk pun lebih mudah berkembang biak serta menginfeksi tubuh anak.

Sistem Imunitas Kurang Kuat

Jika anak tidak mendapat imunisasi, sistem kekebalan tubuhnya akan lemah. Karena, tubuh anak tidak dapat mengenali virus penyakit yang masuk ke tubuh dan tidak dapat melawannya. Apalagi, ketika anak yang tidak mendapat imunisasi jatuh sakit, mungkin saja ia dapat menularkannya ke anak lain.

Dapat Membahayakan Anak Lain

Imunisasi tak hanya berperan sebagai sistem pertahanan anak, tapi juga untuk mencegah penularan penyakit ke anak lainnya. Yang perlu diingat, dampak dari tidak diimunisasi tak hanya mempengaruhi kesehatan anak kamu saja. Tapi, anak-anak yang lain juga.

Jika anak tidak diberi imunisasi, virus dan kuman yang ada di dalam tubuhnya, bisa saja menyebar ke keluarga, teman, maupun orang yang disekitarnya. Apalagi, jika yang ditularkan tersebut juga belum mendapat imunisasi atau daya tahan tubuhnya sedang melemah.

 

Selain dari Imunisasi Dasar, Jaga Kekebalan Tubuh Anak Dengan Enervon-C Plus Sirup

Penting Diketahui! Berikut Sejumlah Akibat Jika Anak Tidak Imunisasi Dasar / Credit: health.clevelandclinic.org

Tak hanya dengan memberi anak imunisasi dasar, agar daya tahan tubuhnya tetap kuat dan terjaga, berikan ia multivitamin Enervon-C Plus Sirup secara rutin. Mengapa demikian?

Karena, Enervon-C Plus Sirup mengandung sejumlah vitamin yang baik untuk anak, yaitu Seperti Vitamin A, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, Vitamin B12) Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide dan Panthenol.

Dengan kandungan lengkap tersebut, dapat membantu si kecil untuk:

  • Tetap aktif di masa pertumbuhannya.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi.
  • Dapat membantu menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.

 

 

Nah, itu berbagai dampak yang mungkin saja dapat timbul jika anak tak mendapat imunisasi dasar. Jadi, berdasarkan penjelasan di atas – imunisasi merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga kesehatan si kecil sejak dini, ya!

 

Featured Image  - thedailybeast.com