Selama ini mungkin masih banyak kalangan yang hanya mengetahui manfaat dari berolahraga seperti memperbaiki daya tahan tubuh, bisa mendapatkan berat badan ideal dan lainnya. Padahal, olahraga juga punya manfaat tersendiri buat kesehatan mental, lho.

menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal. Nah kalau olahragakan usaha dari luar tubuh, ada usaha lain yang bisa kamu lakukan dari dalam tubuh.

Salah satu usaha tersebut adalah mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C. Multivitamin yang satu ini siap bantu kamu memiliki daya tahan tubuh yang baik agar tidak gampang sakit. Enervon-C mengandung Vitamin C dan Vitamin B Kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sifat zat dari kandungan tersebut mudah larut dalam air sehingga mudah diserap juga oleh tubuh. Ini yang membuat Enervon-C direkomendasikan buat kamu untuk dikonsumsi tiap hari. Menjaga daya tahan tubuh itu penting sekali lho di era new normal dan pandemi virus corona ini.

 

 

Kembali lagi ke olahraga – selain bisa menjaga daya tahan tubuh agar terus optimal, olahraga juga bisa menjaga kesehatan mental tetap baik. Pertanyaannya adalah apakah kamu tahu apa saja kesehatan mental tersebut? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini yang akan menjelaskan deretan manfaat kesehatan mental yang bisa didapat ketika berolahraga.

 

Ini 5 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental. credit image: kompas.com

Deretan Kesehatan Mental dari Olahraga

 

Ini 5 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental. credit image: tempo.co

Memperbaiki Suasana Hati

Dilansir dari IDN Times, setidaknya ada beberapa manfaat dari olahraga untuk kesehatan mental. Yang pertama adalah memperbaiki suasana hati. Hal ini terkait dengan proses melepasnya hormon endorfin yang bisa memicu otak kamu untuk merasa lebih bahagia dan rileks.

Untuk bisa mendapatkan manfaat yang pertama ini, disarankan buat kamu melakukan jenis olahraga individual seperti lari atau jogging, pergi sepedahan, dan beberapa lainnya.

 

Mengasah Kemampuan Berpikir

Percaya atau tidak kalau tidak hanya belajar saja yang diperlukan untuk mengasah kemampuan untuk berpikir – olahraga pun bisa mempunyai manfaat seperti ini. Salah satu olahraga yang dimaksud seperti senam aerobik, beberapa jenis martial arts dan lainnya.

Minimal untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, seminggu 3 kali untuk olahraganya dan minimal dalam satu kali sesi, kamu melakukan olahraga tersebut selama 30 menit.

 

Ini 5 Manfaat Olahraga Untuk Kesehatan Mental. credit image: okezone.com

Mengurai Rasa Tertekan

Terkait dengan manfaat yang pertama juga, manfaat ketiga dari berolahraga adalah kamu bisa mengurangi rasa stress atau menghilangkan depresi. Secara biologis, hal ini terkait dengan kadar kortisol yang berkurang. Kortisol dalam tubuh adalah salah satu penyebab stress dalam tubuh.

Nah, hormon endorfin yang akan membantu juga untuk mengurai rasa tertekan dalam diri kamu. Endorfin adalah hormon yang bisa memicu otak mengeluarkan rasa atau sensasi rileks, optimis dan suasana hati yang lebih bahagia.

 

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Percaya atau tidak kalau olahraga juga bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang, lho. Hal ini terkait dengan penggunaan kekuatan, ketrampilan dari dalam tubuh yang meningkat sehingga hal ini juga bisa meningkatkan citra diri. Lalu kamu tentu akan semakin percaya diri.

 

Rasa Kepemimpinan Meningkat

Untuk manfaat yang kelima ini, kamu bisa rasakan ketika kamu sering berolahraga yang sifatnya beregu atau tim. Misalnya seperti sepak bola, soft ball atau basket. Dengan bekerja sama dengan satu sama lain, rasa kepemimpinan kamu bisa meningkatkan karena jenis olahraga seperti ini.

 

 

Wah bagaimana nih? Ternyata tidak hanya manfaat secara biologis saja ya, tapi juga manfaat untuk kesehatan mental bisa kamu dapatkan ketika berolahraga.

 

Feature Image – detik.com