menyebar melalui apa saja, sih?

Menjawab pertanyaan di atas, Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO merangkum setidaknya ada 4 cara penyebaran virus corona. Untuk kamu yang baru mengetahui kalau masih ada beberapa lagi cara penyebarannya.

 

 

Untuk mengetahuinya lebih lanjut – pastikan kamu simak bahasan ini sampai habis untuk mengetahui dengan apa dan seperti apa saja virus corona bisa menyebar sehingga kamu bisa menghindari-hal-hal tersebut.

 

4 Cara Penyebaran Covid-19 Menurut WHO yang Perlu Kamu Ketahui. credit image: halodoc.com

4 Cara Penyebaran Virus Corona

Dari WHO yang Perlu Kamu Ketahui

 

 

Melalui Droplets

Seperti yang sudah sempat disebutkan di atas sebelumnya kalau virus corona bisa dengan mudah menyebar melalui droplets. Droplets adalah percikan air yang keluar saat seseorang itu batuk, bersin, bernyanyi, berbicara bahkan sampai ketika bernapas.

Droplets yang keluar dari tubuh mengandung partikel paling kecil sehingga memudahkannya untuk masuk ke tubuh lain. Oleh karena itu, penggunaan masker adalah salah satu langkah utama dalam pencegahan penyebaran virus corona.

Penggunaan masker dinilai paling efektif karena menutupi area wajah yang berkemungkinan mengeluarkan atau menerima droplets dari luar. Pastikan kamu menggunakan masker saat berada di luar rumah ya.

 

Melalui Udara

Hal ini sempat menghebohkan banyak kalangan di mana mereka tambah stress karena berita virus corona bisa menyebar dari udara atau airborne. Perlu kamu ketahui kalau hal ini hanya berlaku di ruangan-ruangan tertutup dan ventilasi udaranya tidak berjalan dengan baik.

WHO sudah menjelaskan hal ini dengan detil kalau ruangan-ruang tertutup seperti bangsal rumah sakit atau ruangan kamar rumah sakit adalah contoh di mana virus corona bisa menyebar lewat udara karena biasanya ventilasi udara di sana kurang baik.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini bisa terjadi dengan kamu, mulai dari sekarang pastikan segala ruangan yang tertutup pun memiliki ventilasi udara yang baik sehingga aliran udara dinamis dan menghindarkan kamu dari kemungkinan tertular virus corona dari udara.

 

Permukaan yang Terkontaminasi

Perlu kamu ketahui kalau virus corona bisa saja bertahan 1-3 hari dalam permukaan tertentu. Hal ini bisa terjadi ketika seseorang yang sudah terinfeksi, dengan mudah menyentuh banyak permukaan benda yang bisa saja permukaan benda tersebut juga disentuh banyak orang lain.

Oleh karena itu, penggunaan masker perlu dilakukan sehingga kamu tidak mudah menyentuh area wajah ketika terjadi batuk dan bersin. Serta pastikan tangan kamu selalu bersih dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal 20 detik, atau setidaknya menggunakan hand sanitizer.

Dua hal ini yang mengacu ke arah kebersihan tangan bisa menghindarkan kamu dari kemungkinan tertular dengan orang lain yang terinfeksi virus corona.

 

Fecal-Oral atau Limbah Manusia

Mungkin ini yang baru kamu dengar dan kamu tahu, virus corona bisa ditemukan di limbah manusia seperti urin atau feses. Oleh karena itu, kamu mesti menjaga sanitasi kamar mandi dan dapur kamu dengan baik.

Akan tetapi, WHO sendiri mengatakan kalau sampai saat ini belum ada laporan terkait penularan virus corona dari limbah manusia. Namun, memang ada kemungkinannya. Hal ini terkait dengan limbah manusia yang tidak jadi transmisi utama virus corona.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari empat cara penyebaran virus corona yang sudah dijelaskan di atas – apakah kamu sudah paham semua? Untuk menghindari kemungkinan tertular virus corona, pastikan kamu mentaati dan menerapkan berbagai poin di protokol kesehatan ya!

 

Feature Image – minews.id