Vitamin C merupakan salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk pertumbuhan dan perbaikan sel-sel dalam tulang, gigi, kulit, dan jaringan lainnya.

Selain itu, vitamin C juga mempunyai peran lain, seperti membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari sumber makanan nabati, membantu mencegah kerusakan sel sehingga dapat mengurangi risiko penyakit kanker, dan juga dapat melindungi tubuhmu dari berbagai infeksi karena vitamin C dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Karena fungsinya yang penting ini, maka tubuh kita membutuhkan banyak asupan vitamin C dari makanan. Salah satu sumber vitamin C adalah buah-buahan. Tidak hanya jeruk, berikut beberapa buah lain yang mengandung banyak vitamin C.

1. Jambu biji

Credit: Topmedia

Jambu biji merupakan buah yang mengandung vitamin C paling tinggi. Jambu biji mengandung lebih dari 200mg vitamin dalam satu buahnya, dan melebihi kandungan vitamin C yang dimiliki oleh jeruk.

Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung banyak serat. Kandungan serat dalam jambu biji ini juga melebihi kandunganserat yang dimiliki oleh jeruk. Disarankan untuk memenuhi kebutuhan serat sebesar 25 gram (untuk wanita) sampai 38 gram (untuk pria) dalam sehari.

2. Pepaya

Credit: Jpnn.com

Setengah buah pepaya mengandung kurang lebih 94 mg vitamin C. Jumlah ini sedikit lebih tinggi dibandingkan kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Rajin mengonsumsi buah pepaya dapat memperkuat tulangmu dan dapat membantu mencerahkan kulit. 

Selain vitamin C, buah pepaya juga kaya akan serat, vitamin A, vitamin B kompleks (seperti asam folat, vitamin B6, vitamin B2, dan vitamin B1), kalium, dan kalsium. Kandungan ini dapat membantu memperlancar pencernaan (serat), menjaga kesehatan kulit dan mata (vitamin A), membantu metabolisme tubuh (vitamin B kompleks), dan mengontrol tekanan darah (kalium).

3. Kiwi

Credit: Hellosehat

Kiwi mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per buahnya. Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh.

Selain itu, buah kiwi juga sebagai sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega 3, di mana omega 3 dapat membantu kamu menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

4. Stroberi

Credit: Jawapos

Setengah gelas jus stroberi mengandung 52 mg vitamin C. meskipun sedikit dibawah kandungan vitamin C dalam jeruk, tetapi stroberi tetap mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Selain vitamin C, stroberi juga mengandung antosianin dan asam ellagic. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi stroberi dapat membantu mencegah Anda dari kanker, penuaan, peradangan, dan penyakit saraf.

Buah stroberi juga kaya akan antioksidan dan juga mengandung vitamin B kompleks, kalium, mangan, fluor, zat besi, dan iodium, yang tentunya sangat bermanfaat bagi sistem daya tahan tubuhmu.

5. Nanas

Credit: Jawapos

Sebesar 39-49 gram vitamin C terkandung dalam setengah gelas (125 ml) buah nanas. Tidak berbeda jauh dengan kandungan vitamin C yang ada dalam buah stroberi. Selain vitamin C, nanas juga mengandung vitamin B kompleks dan bromelain.

Bromelain merupakan enzim pencernaan yang membantu memecah protein dalam makanan dan mengurangi kembung, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta juga dapat bertindak sebagai antiperadangan.

6. Mangga

Credit: Topmedia

Mangga memilki kandungan vitamin C yang lebih sedikit, dibanding dengan buah- buah yang sudah disebutkan diatas. Mangga mengandung vitamin C sebesar 29 mg.

Selain sebagai sumber vitamin C, mangga juga kaya akan serat dan fitonutrien, seperti karotenoid dan polifenol. Senyawa antioksidan polifenol yang terkandung dalam buah mangga terbukti dapat membantu melindungimu dari kanker payudara dan kanker usus besar.

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuhmu, sebaiknya konsumsi buah- buahan tersebut secara rutin. Dan selain buah- buahan, kamu juga dapat mengonsumsi supplemen vitamin C dengan dosis yang sesuai.

 

Featured Image - Tempo.co