olahraga jadi salah satu syaratnya.

Sayangnya terkadang banyak kalangan melewatkan olahraga sebagai rutinitas yang harusnya dijalani. Alhasil, banyak dari mereka yang tidak memiliki daya tahan tubuh yang baik dan berpotensi terinfeksi virus corona tersebut.

Lalu, kalau memang kamu sibuk dan perlu juga menjalani olahraga yang rutin, jenis olahraga apa yang bisa kamu lakukan? Buat kamu yang punya keresahan atau pertanyaan yang sama, tenang – kamu sudah berada di halaman artikel yang tepat.

Salah satu olahraga yang cukup sederhana untuk dilakukan secara rutin aktivitas kebugaran yang bisa dilakukan kapan saja. Tapi apakah kamu tahu tiap waktu yang kamu tentukan untuk melakukan olahraga lari ini ada manfaatnya masing-masing?

 

 

Dilansir dari situs hellosehat.com – setidaknya ada dua jenis waktu untuk berolahraga lari ini. Penasaran apa saja dua waktu yang direkomendasikan tersebut? Daripada semakin penasaran, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

Lari Pagi Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Kapan Waktu Terbaik Melakukannya? credit image: prosehat.com

Dua Waktu Untuk Olahraga Lari

 

Lari di Waktu Pagi Hari

Salah satu waktu yang paling umum untuk melakukan olahraga lari adalah pagi hari. Hal ini dikarenakan oleh kondisi udara yang lebih bersih, olahraga lari di pagi hari dinilai bisa bantu tubuh kamu meningkatkan metabolisme yang ada.

Lari di pagi hari juga bisa membantu kamu untuk membakar kalori lebih banyak. Terkait dengan udara yang lebih bersih, lari pagi juga bisa bantu kamu memperbaiki pernafasan karena oksigen masih tersedia banyak. Akan tetapi, pemanasan yang kamu lakukan sedikit lebih lama.

Hal itu dikarenakan oleh suhu saat di pagi hari yang relatif masih rendah atau dingin, membuat tubuh mesti beradaptasi sehingga untuk meningkatkan suhu tubuh terlebih dahulu, kamu memerlukan pemanasan yang cukup panjang.

 

Lari di Waktu Sore Hari

Pada sore hari, menurut para peneliti yang terkait – adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan olahraga lari. Hal ini terkait dengan suhu tubuh yang sedang mencapai puncaknya, di mana olahraga lari di sore hari bisa memberikan hasil yang lebih efektif.

Kenaikan suhu tersebut memacu tubuh untuk meningkatkan metabolisme sehingga energi dan kapasitas otot bisa beradaptasi dengan baik. Dari situs yang sama, para peneliti mengatakan kalau paru-paru juga bekerja semakin maksimal dan ini bagus untuk tubuh kamu.

Bahkan percaya atau tidak, melakukan olahraga lari saat sore menjelang malam, bisa mendorong tubuh untuk mengeluarkan hormon endorphin di mana hormon ini bisa bantu kamu memperbaiki suasana hati dan membuat tubuh kamu juga semakin rileks.

Wah bagaimana nih? Apakah sudah cukup jelas dengan waktu-waktu yang direkomendasikan untuk melakukan olahraga lari? Kamu tinggal mempersiapkan waktu serta membuat komitmen terhadap diri sendiri untuk disiplin melakukan olahraga lari ini.

Agar semakin maksimal dan daya tahan tubuh kamu terjaga dengan baik – kamu bisa mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C. Multivitamin seperti Enervon-C dengan kandungan Vitamin C dan Vitamin B Kompleks, bisa bantu tubuh kamu mempunyai metabolisme yang baik serta daya tahan tubuh yang optimal sehingga tidak mudah jatuh sakit.

 

 

Dengan langkah seperti ini, jelas kamu tidak perlu takut lagi untuk jatuh sakit karena metabolisme kamu terjaga dan daya tahan tubuh kamu optimal terus! Jangan lupa kamu terapkan olahraga larinya dan jangan lupa juga konsumsi Enervon-C, ya!

 

Feature Image – kompas.com