Motivasi diri yang baik merupakan salah satu faktor penting dalam melakukan suatu pekerjaan. Bagaimana tidak? Jika seseorang tak memiliki motivasi diri, maka tidak bisa mengerjakan suatu tugas dengan serius dan hasilnya pun bisa jadi kurang maksimal.

Bahkan, tak hanya dalam mengerjakan pekerjaan saja, lho. Motivasi diri juga bermanfaat untuk membantumu menghadapi berbagai tantangan yang ada. Selain itu, motivasi juga bisa menguatkan mentalmu ketika menjalani tantangan tersebut, terutama dalam urusan pekerjaan.

Nah, berbicara soal motivasi diri, setiap individu pasti memiliki motivasi yang beragam. Berikut ini ada 5 jenis motivasi yang biasanya dimiliki seseorang. Apa saja? Berikut ulasannya.

 

 

 

5 Jenis Motivasi Diri Ketika Bekerja

5 Jenis Motivasi Diri Ketika Bekerja yang Mungkin Belum Kamu Ketahui / Credit: leaderonomics.com

Mendapat Gaji Bulanan

Poin yang satu ini mungkin merupakan salah satu motivasi yang dimiliki sebagian besar pekerja. Tak peduli apa jenis pekerjaannya, mulai dari pegawai negeri, karyawan tetap atau kontrak, bahkan freelancer sekali pun. Gaji bulanan merupakan salah satu motivasi terbesar dalam menjalani suatu pekerjaan.

Dengan gaji bulanan kamu dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan hidup. Seperti biaya kebutuhan sehari- hari, hingga membayar berbagai cicilan.

 

Mencapai Karier Impian

Siapa sih yang tidak ingin memiliki karier impian? Semuanya pasti ingin. Motivasi ini dapat memacumu untuk meningkatkan berbagai kemampuan seperti keterampilan berkomunikasi, manajemen waktu, mengelola keuangan, dan memimpin orang.

Selain itu, motivasi diri ini dapat meningkatkan produktivitas kamu, nih!

 

5 Jenis Motivasi Diri Ketika Bekerja yang Mungkin Belum Kamu Ketahui / Credit: hcamag.com

Berkarya

Selain mendapat gaji dan mencapai karier impian, motivasi diri dalam bekerja selanjutnya adalah berkarya.

Seseorang yang memiliki jenis motivasi ini merupakan orang yang menghayati makna apa itu karya yang sesungguhnya. Dengan demikian, ia dapat memberikan hasil pekerjaan yang baik dan berkontribusi besar pada kemajuan perusahaan.

 

Mencari Pengalaman

Mencari pengalaman biasanya merupakan motivasi diri yang dimiliki oleh para fresh graduate atau karyawan yang masih magang, maupun honorer. Dengan pengalaman yang dimiliki, sudah pasti ia memiliki nilai tambah untuk mencari pekerjaan lainnya yang lebih baik.

 

Beribadah

Untuk kamu yang memiliki tingkat spiritual yang tinggi, mungkin kamu memiliki jenis motivasi yang satu ini. Baginya, bekerja merupakan ibadah karena dapat menafkahi keluarga dan memberikan manfaat baik bagi orang lain. Selain itu, biasanya orang yang memiliki motivasi ini mudah bersyukur dengan segala rejeki yang didapat, lho. Baik dalam jumlah kecil maupun besar.

Dalam masalah karier, biasanya mereka ini tak mau terlalu “ngotot” dalam mencapainya, sehingga sikut-sikutan atau iri dengan rekan kerja pun jarang sekali dialami.

 

 

 

Nah, itu dia kelima jenis motivasi diri dalam bekerja yang biasanya dimiliki oleh para karyawan. Kalau kamu, kira- kira punya motivasi yang mana nih?

 

Featured Image - stratospherenetworks.com