Weekend memang jadi momen yang paling ditunggu-tunggu bagi hampir semua kalangan. Hal ini terkait di mana weekend atau hari-hari di akhir pekan kerap jadi ‘pelampiasan’ buat kamu yang berjibaku dengan rutinitas. Biasanya di momen weekend – kamu ada aktivitas apa, nih?

Pada umumnya, weekend tentu menjadi waktu yang benar-benar digunakan untuk beristirahat. Misalnya seperti bangun sedikit lebih siang, bermalas-malasan di tempat tidur sembari nonton series favorit dan berbagai aktivitas lainnya yang tidak membutuhkan effort yang besar.

Tidak apa-apa juga sih jika kamu seperti itu, tapi jika kamu ingin weekend tetap produktif seperti biasa, setidaknya ada beberapa hal atau tips yang bisa kamu cermati dan terapkan. Penasaran apa saja tips yang dimaksud? Daripada menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk selengkapnya ya!

 

 

 

5 Tips Biar Weekend Juga Produktif

Ingin Tetap Produktif Saat Weekend? Lakukan 5 Tips Ini / Credit: thethirty.whowhatwear.com

Tetap Bangun di Jam yang Sama Seperti Biasa

Tidak ada salahnya sih kalau pada hari-hari akhir pekan di mana kamu terbebas dari rutinitas, kamu bisa bangun lebih siang dan bermalas-malasan di tempat tidur dan kamar kamu. Namun jika kamu ingin tetap produktif di akhir pekan, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah bangun pagi seperti biasa.

Percaya atau tidak, bangun di jam yang sama seperti hari-hari produktif atau hari-hari weekday bisa membantu kamu tetap produktif di akhir pekan. Hal ini tentu terkait dengan disiplin serta kebiasaan diri yang sudah terbiasa untuk bangun di jam yang sama.

Bangun pagi di akhir pekan ini bisa membuat kamu mempunyai kesempatan untuk merencanakan sejenak apa saja yang mau kamu lakukan di weekend tersebut. Dari daftar yang sudah kamu buat, kamu bisa melakukan hal-hal yang menurut kamu prioritas terlebih dahulu.

 

Selesaikan Pekerjaan yang Kecil-kecil

Supaya hari Senin tidak terburu-buru, kamu bisa nih mencicil pekerjaan yang kecil-kecil saja dan mudah untuk dikerjakan pada akhir pekan. Bukan untuk membuat kamu sibuk di weekend ya, tips yang kedua ini hanya mengarahkan kamu untuk menyelesaikan pekerjaan yang kecil-kecil saja.

Misalnya data entry yang sedikit, riset pekerjaan dengan baca ringan, menuliskan draft email dan pekerjaan kecil lainnya, bisa kamu kerjakan di akhir pekan sehingga di awal minggu nanti, kamu sudah tidak terburu-buru dan bisa bersantai.

 

Ingin Tetap Produktif Saat Weekend? Lakukan 5 Tips Ini / Credit: tribunnews.com

Siapkan Waktu Untuk Olahraga

Biar semakin produktif, bangun pagi saat weekend bisa membuat kamu menyiapkan waktu untuk berolahraga dengan leluasa. Weekday bisa jadi waktu yang padat sehingga kamu tidak sempat berolahraga. Padahal olahraga adalah salah satu cara untuk memiliki daya tahan tubuh yang optimal, lho.

Oleh karena itu, bangun pagi saat weekend tidak rugi-rugi sekali karena kamu bisa atur waktu untuk berolahraga dengan leluasa. Olahraga lari pagi bisa jadi salah satu pilihan berolahraga di weekend yang oke, lho.

 

Melakukan Hobi yang Kamu Suka

Selain berolahraga, untuk menjaga produktivitas kamu di akhir pekan, salah satu hal yang bisa kamu lakukan lagi adalah menjalankan hobi yang kamu suka. Mungkin pada hari-hari biasa, kamu kesulitan melakukan hobi karena rutinitas yang padat.

Oleh karena itu, waktu di akhir pekan jadi waktu yang sempurna buat kamu tenggelam bersama hobi kamu, nih. Oleh karena itu pastikan hobi kamu berjalan lancar ya.

 

Ingin Tetap Produktif Saat Weekend? Lakukan 5 Tips Ini / Credit: addisonmagazine.com

Gunakan Waktu Untuk Istirahat

Terlepas dari hal-hal di atas, beristirahat juga jadi salah satu hal yang mesti kamu lakukan agar produktivitas tetap terjaga. Kalau kamu paksakan terus untuk beraktivitas, tentu tubuh akan mencapai ke kondisi yang tidak begitu baik.

Oleh karena itu, untuk menjaga produktivitas tetap baik – pastikan kamu sudah mencermati beberapa tips di atas dan menerapkannya dengan baik ya!

 

 

 

Feature Image - mintstories.com