Penjelasan Studi: Jaga Kadar Gula Darah Dapat Turunkan Risiko Komplikasi Covid-19

Penjelasan Studi: Jaga Kadar Gula Darah Dapat Turunkan Risiko Komplikasi Covid-19

font size A Ǎ

Sampai saat ini kasus penularan virus corona masih meningkat. Untuk itu, masyarakat dihimbau untuk menjaga kebersihan dan kesehatan, sehingga sistem kekebalan tubuh tetap terjaga. Ya, seperti yang diketahui, kekebalan tubuh merupakan alat pertahanan utama untuk mencegah penularan Covid-19.

Meski demikian, ada sejumlah kondisi kesehatan yang memungkinkan individu lebih rentan terpapar virus corona, salah satunya adalah pasien memiliki penyakit penyerta, termasuk diabetes. Faktor inilah yang juga ikut mempengaruhi angka kematian karena virus corona.

Studi terbaru dari para peneliti Tim Pengobatan Michigan menemukan bahwa kadar gula darah yang tinggi dapat memperburuk kondisi pasien yang terinfeksi virus corona. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap mengontrol gula darah ketika merawat pasien Covid-19.

 

 

 

Mengapa Gula Darah Tinggi Dapat Memperburuk Kondisi Pasien Covid-19?

Penjelasan Studi: Jaga Kadar Gula Darah Dapat Turunkan Risiko Komplikasi Covid-19

Penjelasan Studi: Jaga Kadar Gula Darah Dapat Turunkan Risiko Komplikasi Covid-19 / Credit: modernghana.com

Seorang penulis senior, Rodica Pop-Busui yang juga profesor bidang penyakit dalam dan Wakil Ketua Penelitian Klinis di Departemen Penyakit Dalam, mencurigai bahwa sifat inflamasi diabetes dan hiperglikemia tingkat rendah dapat memicu peradangan virus. Akibatnya, pasien mengalami resistensi insulin dan hiperglikemia jadi parah.

Ketika tubuh mengalami peradangan, respons kekebalan tubuh abnormal dapat terjadi. Jadi, sistem kekebalan tubuh tersebut tak hanya menyerang virus saja, tapi mempengaruhi sel dan jaringan sehat dalam tubuh. Sehingga, kondisi ini dapat memperparah kondisi pasien.

Sebuah studi juga telah menunjukkan adanya kaitan antara mengontrol gula darah dengan tingkat inflamasi yang lebih rendah. Studi dilakukan dengan mengembangkan alat untuk mengidentifikasi dan mengelola gula darah yang tinggi pada pasien Covid-19.

Mereka pun dikelompokkan berdasarkan katergori berdasarkan tingkat keparahan hiperglikemia, ada/tidaknya obesitas, tingkat resistensi insulin, tingkat fungsi ginjal, dan bukti perubahan cepat penanda inflamasi. Kemudian, tim peneliti juga menemukan cara untuk memantau pasien diabetes, tanpa harus melakukan kontak. Namun, gula darah pasien dapat dikontrol dengan baik.

Bagi pasien yang memiliki kadar gula darah tinggi dan hiperglikemia berat, infus insulin menjadi salah satu pilihan. Upaya ini dapat membantu menurunkan kadar gula darah, tanpa harus terlalu sering melakukan kontak.

 

Langkah Pencegahan Virus Corona Pada Orang Dengan Diabetes

Penjelasan Studi: Jaga Kadar Gula Darah Dapat Turunkan Risiko Komplikasi Covid-19

Penjelasan Studi: Jaga Kadar Gula Darah Dapat Turunkan Risiko Komplikasi Covid-19 / Credit: diabetes.co.uk

Ada deretan langkah pencegahan yang dapat dilakukan bagi orang dengan diabetes, berikut ini hal yang dapat dilakukan:

 

Featured Image - mydario.com

Source - cnnindonesia.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!