Masa pandemi Covid-19 belum usai. Tak ada seorang pun yang mengetahui kapan kondisi seperti ini akan berakhir. Bahkan, hingga saat ini jumlah kasus positif masih terus meningkat – termasuk di Indonesia.

Covid-19 merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 yang mudah menyebar melalui droplets dari individu positif Covid-19. Bahkan, sudah dikonfirmasi bahwa virus ini dapat menular melalui udara.

Salah satu penyumbang kasus positif terbesar adalah orang tanpa gejala (OTG) dan pasien yang mengalami gejala ringan. Individu yang masuk dalam kedua kategori tersebut, memiliki opsi utama yang wajib dilakukan, yaitu isolasi mandiri di rumah.

Ketika merawat seseorang dengan Covid-19 di rumah, orang di sekitar perlu membantu pasien agar mematuhi dan mengikuti saran dokter, tak terkecuali tetap berada di rumah saja dan tidak boleh berpergian.

Selain itu, ada deretan panduan lainnya yang dapat dilakukan ketika merawat keluarga, teman, atau sanak saudara yang mengalami Covid-19 di rumah. Ini ulasan lengkapnya.

 

 

Pedoman Merawat Pasien Covid-19 Di Rumah

Rawat Pasien Covid-19 Di Rumah? Ini Pedoman yang Perlu Diikuti! / Credit: alodokter.com

Hal pertama adalah keluarga atau rekan perlu mengingatkan pasien untuk banyak beristirahat dan minum banyak air. Hidangkan makanan lembut dan berkalori tinggi – karena pasien Covid-19 kerap kehilangan nafsu makan mereka.

Kemudian, beri pasien obat- obatan pereda demam yang sudah biasa dikonsumsi. Dalam kebanyakan kasus virus corona, pasien cenderung mengalami demam tinggi, hingga rasa menggigil.

Yang tak kalah penting, yaitu membatasi pasien pergi ke luar rumah. Jika terpaksa harus pergi, dampingi pasien Covid-19, dan dianjurkan untuk membuka jendela kendaraan serta duduk terpisah. Bersihkan pula kendaraan yang sudah digunakan tersebut.

Selama masa perawatan, perhatikan kondisi pasien seperti gejala yang tidak kunjung menghilang, demam yang semakin tinggi, dan mulai sesak napas. Jika kondisi pasien semakin parah, segera kunjungi fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan tepat.

Dan, beri dukungan mental serta emosional pada pasien. Karena, proses isolasi dan penyembuhan ini dapat menimbulkan rasa stres dan rasa kesepian bagi pasien Covid-19.

 

Anggota Keluarga atau Rekan Juga Wajib Perhatikan Kesehatan dan Kebersihan 

Rawat Pasien Covid-19 Di Rumah? Ini Pedoman yang Perlu Diikuti! / Credit: prevention.com

 

Menjaga kesehatan masing- masing juga perlu dilakukan, terutama bagi keluarga atau rekan yang sedang merawat pasien Covid-19 di rumah. Tetap jaga jarak sejauh 1,5 meter.

Apabila di rumah hanya ada satu kamar mandi, maka lakukan disinfeksi sebelum atau sesudah digunakan. Pastikan kamuhindari menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Bersihkan pula benda- benda yang sering disentuh atau digunakan, seperti gagang pintu, sakelar, dan remote TV. Dianjurkan, anggota keluarga lainnya untuk tidak menggunakan peralatan makan yang sama dengan pasien.

Anggota keluarga yang ada di rumah juga diharapkan mengurangi atau tidak ke luar rumah sama sekali selama 14 hari. Atau, dari hari terakhir melakukan kontak langsung dengan pasien Covid-19.

 

 

 

Featured Image - thecourier.com.au

Source - cnnindonesia.com