Siapa disini yang terkadang atau sering merasa stres, cemas, tertekan, bahkan hingga depresi selama masa pandemi Covid-19? Mungkin hampir sebagian besar individu merasakannya, ya. Bagaimana tidak? Saat ini, kita berada di posisi yang tak menentu. Ditambah, masih tingginya kasus virus corona di berbagai negara, juga menyebabkan timbulnya berbagai perasaan tersebut.

Merasa stres dan depresi dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan tubuh, lho. Termasuk melemahkan sistem kekebalan tubuh. Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol, yang sebenarnya diperulkan untuk mengendalikan gula darah dengan melepas insulin.

Jika kadar kortisol dalam tubuh terlalu tinggi, maka pelepasan histamin dan respon peradangan untuk melawan zat asing pu akan menurun. Nah, jadi tak heran kalau orang yang stres dan depresi berkepanjangan lebih rentan sakit.

Dilansir dari Boldsky, apabila kamu merasa stres hingga depresi, kamu dapat mengatasinya dengan mengonsumsi sejumlah makanan berikut ini – dapat meningkatkan mood, lho!

 

 

 

5 Makanan Untuk Bantu Atasi Stres Hingga Depresi

Merasa Depresi Selama Pandemi, Konsumsi 5 Makanan Ini / Credit: healthline.com

Brokoli

Kamu mungkin baru tahu ya kalau brokoli dapat bantu mengatasi stres dan depresi. Karena, produksi neutrotransmiter untuk fungsi otak membutuhkan nutrisi yang cukup. Dan, brokoli dapat bantu memenuhinya.

Brokoli mengandung sejumlah nutrisi yang baik seperti vitamin C, zat besi, kalium, dan serat. Yang mampu meningkatkan suasana hati, serta menjaga sistem kekebalan tubuh! Tentu saja, hal ini berkaitan dengan kandungan vitamin C di dalamnya.

 

Biji Rami

Makanan yang satu ini mengandung sejumlah asam lemak omega-3 yang bersifat sebagai anti-depresan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi biji rami, dapat memberi efek positif bagi penderita depresi, termasuk depresi postpartum, kecemasan, lelah, sakit kepala, dan perubahan suasana hati.

 

Merasa Depresi Selama Pandemi, Konsumsi 5 Makanan Ini / Credit: simplyrecipes.com

Bayam

Sayur hijau yang juga kaya vitamin C satu ini juga dapat bantu mengatasi stres dan depresi, nih! Bayam memiliki sifat anti-depresan dan anti-stres, yang dapat menurunkan kadar kortikosteron (kadar penyebab stres) dan meningkatkan kadar glutamin, glutamat, serta asam amino yang dapat membantu fungsi otak.

Untuk mengonsumsinya, kamu bisa olah bayam menjadi sup, sayuran pendamping, hingga keripik bayam yang menyehatkan!

 

Daging Tanpa Lemak

Selain sebagai sumber vitamin B12 dan asam folat yang dapat menjaga fungsi tubuh – termasuk otak. Daging tanpa lemak juga kaya akan kandungan selenium, yang baik untuk mengatasi gejala depresi dan perubahan suasana hati.

Misalnya, kamu dapat konsumsi dada ayam untuk meningkatkan mood agar merasa lebih bahagia.

 

Merasa Depresi Selama Pandemi, Konsumsi 5 Makanan Ini / Credit: technologynetworks.com

Apel

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, konsumsi buah dan sayur memiliki kaitan dengan hubungan protektif terhadap kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, perubahan suasana hati, dan tekanan.

Nah, salah satu buah yang kaya nutrisi adalah apel. Itulah mengapa buah satu ini dapat membantu mengatasi depresi. Kamu pun dapat mengonsumsinya secara langsung, atau dijadikan sebagai topping oatmeal, salad, mau pun yogurt.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, jika kamu sedang merasa, cemas, stres, atau mengalami gejala depresi, bisa banget nih konsumsi sejumlah makanan di atas! Yang paling penting, selalu jaga kesehatan dan kebersihan diri sendiri, ya. Agar kamu dan orang- orang terdekat terhindar dari paparan virus corona.

 

Featured Image - hellofresh.com.au

Source - okezone.com