Posisi wanita di negara yang sistem kekeluargaannya didominasi oleh sistem patriarki membuat mereka selalu ada di bagian belakang. Padahal, untuk zaman sekarang ini, wanita karir bukan lagi sesuatu yang mencengangkan.

Apakah kamu salah satu dari wanita karir yang ada? Walaupun terlihat sangat sibuk dan lelah, satu hal yang pasti, kamu perlu jaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit karena rutinitas dan aktivitas yang banyak ya.

Kesulitan yang paling banyak dihadapi oleh para wanita karir yang sudah menikah apalagi sudah mempunyai anak adalah pengaturan waktu untuk suami dan anak serta beberapa pekerjaan rumah tangga yang mesti dipegang sendiri.

 

 

Terkait dengan pengaturan waktu yang cukup sulit untuk para wanita karir, di bahasan kali ini, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dan kamu terapkan, guna mengatasi kesulitan pengaturan waktu tersebut.

Apa saja beberapa hal dan cara yang dimaksud? Daripada makin penasaran dan menebak-nebak sendiri, sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

Tips Manajemen Waktu Untuk Atur

Urusan Karir dan Rumah Tangga

Ini 7 Tips Manajemen Waktu Untuk Seimbangkan Urusan Karier dan Keluarga. credit image: okezone.com

 

Hilangkan Perasaan Bersalah

Hal pertama yang bisa kamu perhatikan dan kamu terapkan adalah menghilangkan rasa bersalah yang ada di dalam diri kamu karena meninggalkan anak atau suami karena pekerjaan. Hal ini bisa menghambat karir kamu, lho.

Artinya, kesepakatan untuk menjadi wanita karir sebaiknya sudah diketahui bersama sehingga tidak ada lagi perasaan bersalah kalau kamu tetap bekerja di kantor. Beritahu suami dan anak secara perlahan dan komprehensif sehingga tidak ada kesalahpahaman.

 

Daycare Untuk Anak?

Kenapa tidak? Buat kamu yang masih mengejar karir untuk masa depan yang lebih gemilang, si kecil bisa kamu titipkan di daycare. Namun satu hal yang mesti kamu ketahui dengan baik adalah mencari daycare yang sangat berkualitas.

Menitipkan anak atau si kecil ke daycare itu artinya kamu melibatkan banyak pihak dalam tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, pastikan si kecil nyaman di daycare tersebut dan tumbuh kembangnya tidak terhambat apapun.

 

Usahakan Suasana Pagi Menyenangkan

Kalau bisa, pada malam harinya, kamu sudah merencanakan nih apa saja bekal untuk suami dan si kecil – termasuk sarapannya. Jadi ketika bangun pagi, kamu sudah tahu akan melakukan apa terlebih dahulu. Usahakan suami dan si kecil tetap mengonsumsi makanan dan minuman bernutrisi ya.

Buat kamu dan suami yang aktif dalam karir, supaya daya tahan tubuh terjaga dengan baik, mengonsumsi multivitamin seperti Enervon-C adalah hal yang direkomedasikan buat kamu, lho. Jadi jangan lupa konsumi Enervon-C ya!

 

Bicarakan Dengan Pihak Terkait di Kantor

Hal lain yang bisa kamu coba untuk terapkan adalah bicarakan beberapa hal dengan pihak-pihak terkait dari kantormu. Misalnya atasan dan HRD, bicarakan jika kamu tidak bisa selalu pulang larut malam karena kebutuhan mengurus rumah juga.

Siapa tahu mereka ada feedback yang baik sehingga bisa memaklumi kondisi kamu itu.

 

Jangan Lupa Tanyakan Kabar Suami dan Anak

Komunikasi adalah salah satu hal yang penting untuk selalu diterapkan buat kamu para wanita karir. Pastikan kamu tidak lupa untuk menanyakan kabar suami dan anak walau hanya lewat telfon atau video call.

 

Buat Rutinitas Bersama Keluarga

Yang paling cocok adalah saat akhir pekan, nih – kamu bisa buat rutinitas yang bisa dikerjakan bersama anggota keluarga. Misalnya, saat akhir pekan – bisa membereskan rumah bersama, bersih-bersih bersama yang diakhiri dengan makan siang bersama.

Hal ini tentu bisa membuat kamu dan anggota keluarga tetap dekat dan tidak merasa tidak diperhatikan satu sama lainnya.

 

Luangkan Waktu Bersama Pasangan

Pastikan hal yang ini tidak terlewatkan dari segala pengaturan atau manajemen waktu kamu, nih. Sesibuk-sibuknya kamu, pastikan kamu selalu mempunyai waktu luang yang bisa kamu habiskan bersama pasangan.

 

 

Wah bagaimana nih? Dari berbagai penjelasan di atas – apakah kamu sudah paham dan bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari?

 

Feature Image – pidjar.com