Saat daya tahan tubuh sedang lemak, tubuh jadi tidak mampu melawan virus, bakteri, dan kuman penyebab penyakit. Akibatnya, kamu pun menjadi lebih rentan sakit dan mudah tertular penyakit dari orang- orang disekitarmu.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa penyakit yang sering menyerang ketika daya tahan tubuh sedang melemah. Berikut ulasannya.

1. Pilek

Credit: Jawapos

Pilek merupakan penyakit yang sering kamu alami, terutama di musim hujan. Walaupun dalam beberapa hari akan pulih, gejala yang ditimbulkan tentu bisa mengganggu aktivitas.

Kamu akan merasakan hidung meler, gatal, dan terus bersin. Selain itu, tenggorokan akan terasa sakit dalam satu atau dua hari diikuti gejala batuk, sakit kepala, dan mata berair.

Orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, mengalami kelelahan, atau merasakan tekanan emosional biasanya lebih mudah terkena penyakit ini.

2. Flu

Credit: Jawapos

Sama seperti pilek, flu atau influenza memiliki cara penularan yang sama dan virusnya juga menyerang saluran pernapasan. Walaupun sekilas hampir sama, gejala flu biasanya muncul lebih parah dari pilek. Gejala flu meliputi gejala pilek namun disertai dengan demam menggigil, tubuh terasa nyeri, mual, muntah, bahkan diare.

Flu dan pilek sangat mudah menular. Bila orang di sekitar kamu terkena salah satu penyakit ini, kemungkinan kamu juga akan tertular apalagi jika daya tahan tubuhmu sedang lemah.

3. Tipes

Credit: Tribunnews

Penyakit tipes lebih lebih sering menyerang anak- anak karena sistem kekebalan tubuhnya yang belum sempurna. Tapi, orang dewasa yang memiliki daya tahan tubuh lemah juga bisa terkena penyakit ini.

Tipes disebabkan oleh bakteri Salmonella yang masuk ke tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Bakteri tersebut dapat bertahan hidup selama berminggu-minggu pada air atau kotoran yang dikeluarkan oleh pasien.

Penyakit tipes biasanya ditandai dengan demam hingga 40 derajat celcius, sakit kepala, badan terasa lemah, diare, nafsu makan buruk, sakit perut, dan badan terasa nyeri.

Bagaimana caranya meningkatkan daya tahan tubuh?

Credit: Hipwee

Bila kamu ingin hidup sehat bebas dari penyakit maka daya tahan tubuh yang kamu miliki juga harus kuat. Memperbaiki gaya hidup menjadi lebih baik dan lebih sehat dapat meningkatkan respons imun terhadap penyakit. Hal ini bisa dimulai dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah terutama yang mengandung banyak vitamin C.

Makanan kaya vitamin C, mampu merangsang pertumbuhan sel darah putih dan komponen lainnya di dalam tubuh sehingga mendukung daya tahan tubuh semakin kuat. Bukan hanya dari makanan, kamu juga bisa memperoleh vitamin C dari suplemen yang dikonsumsi secara rutin.

Selain itu, pastikan untuk selalu mendapatkan waktu untuk beristirahat yang cukup. Miliki kebiasaan hidup bersih, seperti rajin mencuci tangan. Jangan lupa, selalu menyempatkan diri untuk berolahraga secara rutin.

 

Featured Image - Honest Docs