Masa pandemi Covid-19 membuat seluruh masyarakat perlu menyesuaikan kembali kebiasaan dalam kehidupan sehari- hari. Mulai dari pola hidup yang diubah menjadi lebih sehat, hingga sejumlah protokol kesehatan yang perlu diterapkan ketika beraktivitas.

Meski demikian, tak semua perubahan tersebut menuju hal yang lebih positif, nih! Misalnya, ada lho, yang justru mengalami kesulitan tidur di masa pandemi ini. Kondisi tersebut mungkin dipengaruhi oleh tingkat kecemasan atau stres memikirkan situasi yang tidak menentu. Atau, bisa saja pola tidurmu masih berantakan sejak work from home saat PSBB beberapa bulan lalu.

Padahal, tidur yang berkualitas dibutuhkan setiap individu. Apalagi, tidur juga faktor yang memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Jika kamu tidur selama 7-9 jam sehari, maka sistem kekebalan tubuh dapat lebih terjaga.

Apakah kamu termasuk yang mengalami kesulitan tidur selama pandemi Covid-19? Berikut ini deretan metode tidur yang dapat kamu coba!

 

 

5 Metode Untuk Atasi Kesulitan Tidur Selama Pandemi

Pandemi Sebabkan Sulit Tidur, Ini 4 Metode Untuk Bantu Atasi / Credit: healthline.com

Metode Tidur Militer

Dalam buku Relax&Win: Championship Performance in Whatever You Do, ada sebuah tips agar mudah tertidur dalam waktu 2 menit atau sekitar 120 detik saja. Terkesan lama? Justru, 10 detik terakhir dari 120 detik ini sangat berharga, lho.

Untuk metode ini sering digunakan oleh para militer maupun pilot, yang perlu mendapatkan tidur cukup agar semakin fokus.

Kamu tertarik untuk melakukannya? Berikut ini langkah-langkahnya!

  • Lemaskan otot wajah, termasuk rongga mulut.
  • Lemaskan bahu dan tempatkan kedua lengan di sisi tubuh. Lalu, lemaskan.
  • Tarik dan buang napas seperti biasa.
  • Lemaskan kaki, paha, dan betis.
  • Nah, 10 detik yang berharga tersebut adalah saat kamu membayangkan sebuah pemandangan yang asri selama 10 detik.
  • Jika tidak berhasil, sugesti dalam diri “hindari berpikir tentang apapun” secara terus menerus selama 10 detik.

 

Metode Napas 4-7-8

Teknik selanjutnya yang dapat kamu coba adalah metode napas 4-7-8. Kamu juga dapat menggabungkan metode ini dengan metode militer, lho!

Begini cara untuk melakukannya:

  • Tarik napas perlahan, tanpa suara, dan melalui hidung. Hitung selama 4 detik.
  • Kemudian, tahan napas selama 7 detik.
  • Setelah itu, buang napas dari mulit selama 8 detik.
  • Kamu tak perlu terlalu khawatir mengenai langkah-langkah ini, ya. Biarkan napas dan pikiranmu mengalir.
  • Selesaikan sejumlah cara tersebut sebanyak 4 set.

For your information, kalau kamu memiliki masalah pernapasan, seperti asma, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum melakukan metode ini, ya!

 

Pandemi Sebabkan Sulit Tidur, Ini 4 Metode Untuk Bantu Atasi / Credit: medicalnewstoday.com

Metode Tidur Dengan Relaksasi Otot

Dilansir dari IDN Times, relaksasi otot disebut ampuh dalam membuat tubuh lebih rileks dan membantu mudah terlelap.

Sebelum memulai metode ini, kamu bisa melatih dulu pernapasan dengan metode napas 4-7-8, sembari membayangkan rasa tegang keluar dari tubuh dari setiap napas yang kamu hembuskan. Setelah itu, lakukan sejumlah langkah ini:

  • Cari posisi yang nyaman terlebih dahulu.
  • Naikkan alis setinggi mungkin dan tahan selama 5 detik untuk mengencangkan otot dahu. Lalu, biarkan otot wajah rileks dan rasa tegangnya memudar. Beri jeda selama 10 detik.
  • Lengkungkan senyum lebar untuk mengencangkan otot pipi dan tahan selama 5 detik, lalu rileks kembali.
  • Miringkan kepala sedikit ke belakang, sehingga kamu dapat memandangi langit- langit dengan nyaman. Tahan posisi ini selama 5 detik.

Yang penting, lakukan langkah-langkah tersebur secara perlahan, ya. Sehingga, tidak ada cedera yang terjadi.

 

Metode Tidur dengan Visualisasi Pikiran

Kamu terlalu malas untuk menghitung domba atau bintang, agar bisa tertidur? Tenang! Metode yang satu ini bisa jadi alternatif untukmu, nih.

Caranya, coba alihkan pikiranmu ke tempat yang kamu senangi, tenang, dan biarkan atmosfernya membawamu ke alam mimpi.

Berdasarkan sebuah penelitian di Oxford University, visualisasi pikiran tersebut dapat mempersingkat waktu seseorang agar dapat tertidur, dibandingkan dengan mereka yang diberikan distraksi nyata dan tanpa instruksi bantuan tidur sama sekali.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Apakah kamu termasuk yang sedang mengalami kesulitan tidur selama masa pandemi Covid-19? Jika iya, kamu bisa mencoba keempat metode tidur di atas, ya!

Dan, agar tidur semakin berkualitas, kamu dapat melakukan cara lainnya seperti mandi air hangat sebelum tidur, pasang AC yang dingin, menggunakan kaos kaki agar kaki tetap terasa hangat, dan hindari makan 2-3 jam sebelum tidur!

Selamat mencoba, ya.

 

Featured Image - insider.com

Source - idntimes.com