Moms, setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh menjadi seseorang yang memiliki sikap sopan santun, serta rasa hormat terhadap orang yang lebih tua, kan? Tidak bisa dipungkiri, menghormati orang tua merupakan hal penting yang dapat diajarkan sejak anak berusia ini. Dengan demikian, Si Kecil pun sudah terbiasa dengan sikap hormat tersebut.

Memang, anak tidak mudah diajari begitu saja, bahkan tidak jarang ia malah susah menurut – hingga bersikap seenaknya. Apakah kamu juga sedang mengalami hal yang serupa, moms? Budi pekerti termasuk dalam aspek penting, terlebih dalam soal bersosialisasi. Menghormati orang tua juga termasuk dalam sebagai salah satu poin penting dalam pembentukan karakter anak, lho.

Untuk moms yang masih bingung bagaimana cara mengajarkan Si Kecil untuk menghormati orang tua, berikut ini ada 5 tips yang dapat kamu terapkan. Tak perlu khawatir, karena kelima tips berikut ini termasuk sederhana – dan cukup mudah dilakukan.

Sudah penasaran, moms? Yuk, langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

 

 

1. Menjadi Teladan yang Baik

Credit Image - sekolahdasar.net

Kamu pasti tahu bahwa anak merupakan cerminan dari orang tuanya. Baik dari sikap maupun cara berbicara anak akan terbentuk melalui pola asuh yang diberikan oleh orang tua. Misalnya, kalau moms suka memerintah dengan suara keras, maka bukan tidak mungkin anak akan melakukan hal yang sama. Atau, jika kamu sering melempar barang ketika marah – nah, Si Kecil akan meniru perlakuan tersebut.

Jadi, kalau moms ingin sang buah hati bisa belajar menghormati orang tua, mulailah menerapkannya pada dirimu sendiri dahulu. Seperti, memperbaiki cara berbicara dan bersikap, termasuk terhadap anak, lho. Ketika ia melihatmu punya kebiasaan baik, nantinya Si Kecil turut meniru sikap baik yang kamu lakukan.

 

2. Tanamkan Rasa Empati

Dalam mengajari anak untuk menghormati orang tua, maka moms juga mesti menanamkan rasa empati dalam diri Si Kecil. Empati merupakan salah satu cara untuk mengajari anak soal budi pekerti yang baik – dan bersikap sopan kepada orang lain, terutama yang lebih tua. Dalam hal ini, cobalah untuk menanamkan rasa empatinya dengan memberi tahu anak kisah hidup mereka yang sudah lebih tua, atau bisa mengajak melakukan aktivitas bersama.

Misalnya, moms dapat menceritakan soal kisah hidup kakek dan nenek, kemudian ajak mereka untuk beraktivitas bersama. Dari cara tersebut, kamu dapat melihat perkembangan rasa empati dalam diri Si Kecil – yang diharapkan bisa menjadi lebih baik lagi.

Masih berkaitan dengan empati, kamu juga perlu terus mengingatkan soal berbuat kebaikan, ya. Beri tahu anak bahwa kebaikan oleh dilakukan kepada siapa saja, apalagi bagi orang yang lebih tua. 

 

3. Memperlakukan Anak Seperti Orang Dewasa

Credit Image - haibunda.com

Kesalahan yang paling sering dilakukan orang tua, yakni kurang menghormati anak-anaknya, sementara orang tua pun pasti ingin dihormati. Benar ya, moms? Perlu kamu ingat nih, Si Kecil juga manusia yang punya perasaan dan dapat meniru hal-hal yang pernah ia lihat, lho. Apalagi, orang tua merupakan sosok yang akan ditiru olehnya. Jadi, ada baiknya kamu juga bisa memperlakukan anak layaknya orang dewasa.

Selain itu, orang tua juga perlu memperlakukan dan menghormati Si Kecil, sama seperti yang dilakukan kepada orang dewasa lainnya. Hindari beranggapan bahwa hanya anak yang wajib menghormati orang tua, tapi kamu enggan memberikan hal serupa kepada Si Kecil. Nantinya, ketika anak merasa tidak dihormati, maka ia bisa beranggapan bahwa sopan santun bukanlah hal yang penting diterapkan dalam kehidupan.

 

4. Berbicara Tegas, Bukan Galak!

Siapa yang masih suka keliru dengan kedua hal ini? Ingat, tegas dan galak itu dua hal yang berbeda, ya. Ketika kamu ingin anak menuruti perintahmu, maka berbicaralah dengan tegas – tanpa embel-embel membentak, apalagi sampai melakukan kekerasan, baik berupa verbal atau fisik. Begitu pula ketika moms melarang anak untuk tidak melakukan sesuatu, berikan larangan yang tegas dan disertai alasannya.

Selain itu, dalam setiap tindakan, orang tua juga mesti konsisten, dengan demikian anak pun mau belajar menghormati orang tua. Ketika menerapkan aturan, sebisa mungkin konsisten terhadap aturan tersebut. Begitu juga ketika sedang berbicara, hindari sering mengubah-ubah perkataan, ya. Hal ini akan membuat anak bingung, serta malah meremehkan orang tuanya – yang berperan sebagai pemegang kendali.

Aspek ini penting diperhatikan agar anak semakin memahami pentingnya menghormati orang tua!

 

5. Selalu Ungkapkan Kasih Sayang pada Anak

Credit Image - parenting.co.id

Yang terakhir, moms juga perlu menghujani Si Kecil dengan ungkapan kasih sayang, ya. Meski terbilang sederhana, namun hal yang satu ini juga berperan penting dalam mengajari anak soal menghormati orang tua, lho. Jika kamu selalu menunjukkan rasa sayang kepada anak, maka ia pun dapat tumbuh menjadi sosok yang penyayang.

Tidak hanya ini saja, anak yang mendapatkan banyak kasih sayang dari orang tuanya juga cenderung memiliki sikap yang ekspresif, termasuk dalam menunjukkan gagasan yang ia pikirkan – atau mengekspresikan hal yang ia rasakan. Dan, anak yang cukup mendapat kasih sayang di masa kecilnya juga tidak akan mudah mencari perhatian dari orang lain, sehingga tak rentan terjerumus ke lingkungan yang negatif.

 

Mengajari anak agar ia mau menghormati orang tua memang tidak dapat dilakukan secara instan, lho. Yang terpenting, moms selalu tekun dalam menerapkan kelima tips di atas, ya. Selamat mencoba!

 

 

Featured Image - review.bukalapak.com