jaga jarak minimal 1,5 meter.

Bahkan, para ahli di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan untuk melakukan vaksinasi influenza. Vaksin tersebut dinilai penting karena dapat mengurangi keparahan, jika seandainya terinfeksi virus corona.

 

 

 

Serba Serbi Vaksin Influenza Di Tengah Pandemi

Seberapa Penting Vaksin Influenza Di Masa Pandemi Covid-19? / Credit: nbcnews.com

Vaksin influenza merupakan vaksin yang berperan untuk melindungi tubuh dari penyakit flu yang disebabkan oleh virus influenza. Vaksin ini sendiri dianjurkan untuk diberikan setiap satu tahun sekali, karena tingkat mutasi virus influenza yang cukup tinggi.

Lalu, benarkah vaksin influenza berpotensi melindungi pasien Covid-19? Benar. Bahkan, vaksin influenza berkontribusi dalam penurunan angka kematian pasien Covid-19 sebanyak 17 persen.

Berdasarkan penelitian dari Fink, Zanettini, dan Marin- Hernandez yang dilakukan pada tahun 2020. Menunjukkan bahwa vaksin influenza memang dapat menurunkan angka kematian pada pasien virus corona. Selain itu, kemungkinan pasien menggunakan alat bantu napas dan masuk ke ICU juga menurun.

Pemberian vaksin influenza juga direkomendasikan untuk menurunkan beban rumah sakit – influenza merupakan penyebab kematian tertinggi, dengan 300-500 ribu kematian per tahun di seluruh dunia.

Dengan kasus influenza yang dapat terkendali – memudahkan para tenaga kesehatan dapat tetap fokus dalam menangani pasien Covid-19.

 

Manfaat Pemberian Vaksin Influenza Untuk Pencegahan Covid-19

Seberapa Penting Vaksin Influenza Di Masa Pandemi Covid-19? / Credit: hub.jhu.edu

Vaksin influenza dirancang untuk menurunkan risiko infeksi virus penyebab flu musiman, bukanlah untuk Covid-19. Meski demikian, seperti yang sudah disebutkan, vaksin influenza dapat menurangi risiko gejala infeksi virus corona dan angka kematian.

Gejala yang disebabkan oleh Covid-19 dapat beragam, ada yang ringan, tapi ada pula yang berat. Semakin lemah kekebalan tubuh seseorang, maka semakin besar pula kemungkinan gejala semakin parah.

Jika seseorang menderita flu, kekebalan tubuhnya menjadi lebih lemah. Sama seperti pasien Covid-19, imunitas tubuhnya berkurang, sehingga infeksi dapat berkembang menjadi gejala berat.

Meskipun tidak dapat seutuhnya melindungi tubuh dari infeksi Covid-19, tapi vaksin influenza penting diberikan selama pandemi. Terutama, untuk menurunkan beban rumah sakit. Dan, sejauh ini sejumlah penelitian juga sudah membuktikan secara epidemologis, bahwa vaksin influenza memiliki potensi perlindungan terhadap Covid-19.

 

 

 

Featured Image - chicago.suntimes.com

Source - cnnindonesia.com