menggunakan masker, rutin cuci tangan dengan air dan sabun, serta jaga jarak sejauh 1,5 meter.

Tak terlupa, untuk terus menjaga sistem kekebalan tubuh dalam kondisi yang optimal. Ya, seperti yang sudah diketahui, kekebalan tubuh merupakan senjata ampuh untuk menghalau berbagai virus masuk ke dalam tubuh.

Meski demikian, ada sejumlah kondisi kesehatan yang memungkinkan individu lebih rentan terinfeksi Covid-19, salah satunya komorbid atau penyakit penyerta, seperti diabetes dan hipertensi.

Penderita kedua penyakit tersebut dinilai lebih mudah terpapar virus corona. Bahkan, jika sudah terinfeksi, pasien diabetes dan hipertensi pun berisiko mengalami gejala yang lebih berat, hingga kondisi kritis.

Untuk mencegah terinfeksi virus corona bagi penderita komorbid, ada deretan langkah yang dapat dilakukan. Berikut ini ulasannya.

 

 

 

Tips Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bagi Pasien Komorbid

Tips Jitu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Di Tengah Pandemi Bagi Penderita Komorbid / Credit: dpcedcenter.org

Untuk mencegah terinfeksi Covid-19, para pasien komorbid perlu menjaga pola makan dengan gizi seimbang, sehingga sistem kekebalan tubuh ikut meningkat. Tak boleh dilewatkan – menerapkan protokol kesehatan secara ketat juga penting dilakukan.

Gaya hidup dan pola makan merupakan faktor risiko yang berkontribusi pada penyakit komorbid. Diantaranya, konsumsi gula, garam, dan lemak. Sejumlah kandungan ini dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Oleh karena itu, pasien komorbid perlu mengikuti pedoman gizi seimbang, yang mengandung zat makro, seperti karbohidrat, protein, dan lemak untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Kalori dari makanan yang dikonsumsi dapat membantu meningkatkan sel imunitas dalam tubuh. Sedangkan, protein dalam makanan dapat meningkatkan kekebalan, serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Sementara, untuk makanan yang mengandung zat gizi mikro, seperti kacang- kacangan, ayam, yogurt, jamur, sereal, daging, vitamin A-C-D-E, dan zinc. Sejumlah kandungan ini juga memiliki peran dalam meningkatkan fungsi imunitas. Jadi, pasien komorbid juga dianjurkan untuk mengonsumsi deretan sumber makanan tersebut.

Selain itu, dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti jeruk, apel, bawang merah, dan bawang putih. Sumber makanan ini dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, serta meningkatkan imunitas tubuh.

Yang tak kalah penting – penuhi cairan tubuh setiap harinya. Ketika tubuh kekurangan cairan, fungsi mulut sebagai first-line immunological barrier, menjadi lebih rentan terhadap bakteri dan virus.

Dan, dehidrasi pun dapat meningkatkan hormon kortisol yang berfungsi untuk mengendalikan stres, secara fisik dan emosional, sehingga kondisi ini dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh.

 

 

 

Featured Image - easterneye.biz

Source - kumparan.com