Salah satu cara untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang. Cara ini juga penting dilakukan untuk melindungi tubuh dari paparan virus corona yang mengancam. Ya, seperti yang diketahui, Covid-19 lebih mudah menyerang individu dengan imunitas lemah.

Untuk itu, memenuhi nutrisi dan vitamin dari makanan sehat dapat membantu tubuh tetap sehat dan bugar. Dari sekian banyak vitamin dan nutrisi yang baik – vitamin C, vitamin B kompleks, terutama vitamin B6 lah yang paling berpengaruh dalam menjaga daya tahan tubuh.

Kemudian, tak terlupa, zinc yang juga dapat membantu menjaga kemampuan tubuh untuk membentuk sel dan enzim baru, memproses karbohidrat, lemak, protein, mempercepat penyembuhan otot dan luka.

Bagi kamu yang ingin memenuhi deretan nutrisi vitamin dan mineral tersebut, ada sejumlah masakan yang dapat kamu coba di rumah, nih. Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

5 Menu Masakan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

5 Menu Masakan yang Dapat Bantu Tingkatkan Imun. Bisa Coba Di Rumah! / Credit: foodnetwork.com

Tumis Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C dan serat dalam jumlah banyak. Selain itu, brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami dari senyawa antikanker. Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, serta berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

 

Buncis Wortel Bumbu Bawang

Menu masakan selanjutnya yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh adalah buncis wortel bumbu bawang. Buncis mengandung vitamin C, vitamin K, dan vitamin A. Serta, berbagai zat lain seperti folat, protein, dan serat.

Kemudian, wortel mengandung vitamin A, vitamin B1, B2, B3, B6, B9, dan vitamin C. Kemudian, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, dan sodium.

Sedangkan, bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur yang dapat meningkatkan imunitas. Sehingga, kombinasi ketiganya secara efektif dapat menjaga daya tahan tubuh, serta menjaga kesehatan bagian tubuh lainnya.

 

5 Menu Masakan yang Dapat Bantu Tingkatkan Imun. Bisa Coba Di Rumah! / Credit: tasteofhome.com

Tumis Salmon Bayam

Salmon merupakan sumber omega 3 yang kaya akan protein, antioksidan, potasium, dan rendah lemak. Sementara itu, bayam baik untuk imunitas, karena kandungan antioksidan, vitamin C, dan vitamin A di dalamnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Salad Buah dan Sayur

Untuk kamu yang tak ingin ribet, bisa sajikan salad buah dan sayur, seperti campuran buah alpukat, kiwi, strawberry, pisang, dan buah atau sayur pilihanmu. Agar semakin nikmat, tambahkan yogurt, yang kaya akan vitamin B, zinc, dan kalsium.

 

5 Menu Masakan yang Dapat Bantu Tingkatkan Imun. Bisa Coba Di Rumah! / Credit: realfood.tesco.com

Minuman Sehat

Saat ini, berbagai minuman sehat seperti jus dan smoothies juga sedang digemari oleh banyak orang. Salah satunya seperti jus lemon yang dicampur dengan madu, smoothies yogurt dan strawberry, atau campuran jeruk dan pisang.

Ketiganya dapat membantu sistem kekebalan tubuh, serta memberi manfaat baik lainnya untuk kesehatan. Seperti menjaga kadar gula tetap stabil, membantu melengkapi nutrisi, dan tentu mengenyangkan perut.

 

 

 

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh Lainnya

5 Menu Masakan yang Dapat Bantu Tingkatkan Imun. Bisa Coba Di Rumah! / Credit: countryliving.com

Menjaga kekebalan tubuh tak hanya dilakukan dengan memasak masakan di atas saja, nih. Tetapi, kamu juga perlu mengimbanginya dengan gaya hidup sehat. Ini meliputi, rutin berolahraga, cukupi kebutuhan tidur, minum minimal 8 gelas per hari, selalu menjaga kebersihan, dan kelola stres dengan baik.

Nah, untuk mengoptimalkan gaya hidup sehatmu, lengkapi dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari. Mengapa mesti Enervon-C?

Karena, Enervon-C merupakan multivitamin baik yang mengandung Vitamin C 500mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Sejumlah kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuh dan mengoptimalkan proses metabolisme.

Untuk proses metabolisme – ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, yang dapat membantu mengubah makanan menjadi energi yang lebih tahan lama.

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, sejumlah menu masakan tersebut memang baik ya untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya di akhir pekan ini?

 

Featured Image - marthastewart.com

Source - bola.com