Hingga saat ini, ada yang mengalami kondisi dengan gejala ringan, maupun berat. Ini berkaitan dengan bagaimana sistem kekebalan tubuhnya. Individu yang memiliki imunitas lebih tinggi, cenderung mengalami gejala yang ringan.

Berbagai dampak Covid-19 terus dialami oleh pasien, bahkan hingga setelah dinyatakan sembuh sekali pun. Kondisi ini disebut dengan long Covid-19. Para pasien yang mengalami hal tersebut, mengeluhkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk pada pernapasan.

Long Covid-19 – mengingatkan kembali bagi masyarakat untuk tidak boleh meremehkan virus corona. Sejumlah protokol kesehatan, seperti menggunakan masker, jaga jarak, dan rutin cuci tangan pun harus terus diterapkan.

Dilansir dari Detik, berikut ini lima gejala yang umumnya dikeluhkan dan dirasakan pasien Covid-19 pasca sembuh.

 

 

Ketahui 5 Gejala Covid-19 yang Mungkin Terjadi Pada Pasien Setelah Sembuh / Credit: health.detik.com

Rambut Rontok

Sebuah studi mengungkapkan bahwa satu dari empat orang yang sudah terinfeksi Covid-19 mengalami kerontokan rambut. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh 1.500 pasien pasca Covid-19, menyatakan bahwa 27 persen pasien pernah mengalami kerontokan rambut. Ini berupa rambut rontok di kulit kepala, atau bagian tubuh lain seperti alis.

Tetapi, dokter mengatakan bahwa kondisi ini biasanya terjadi jika pasien mengalami situasi stres. Dan, umumnya kondisi ini hanya berlangsung sementara waktu.

 

Nyeri Dada

Covid-19 merupakan virus yang menyerang saluran pernapasan. Sehingga, nyeri dada bukanlah hal yang mengherankan. Terlebih, bagi pasien yang telah memakai ventilator. Pasca sembuh – masih banyak pasien yang mengalami nyeri pada dada. Mereka biasanya mengalami rasa nyeri ketika menaiki tangga atau saat berjalan.

 

Ketahui 5 Gejala Covid-19 yang Mungkin Terjadi Pada Pasien Setelah Sembuh / Credit: insider.com

Insomnia

Insomnia merupakan kondisi di mana seseorang kesulitan untuk tidur. All-Party Parliamentary Group mengatakan, mereka menerima laporan bahwa pasien Covid-19 yang sudah sembuh seringkali mengalami insomnia.

Pada bulan Maret lalu, banyak orang yang mengalami insomnia karena stres akibat pandemi.

 

Masalah Pernapasan

Pasien yang terinfeksi Covid-19 cenderung mengalami masalah pernapasan – ini berkaitan dengan virus corona yang menyerang organ paru- paru. Tetapi, pasca sembuh, pasien masih terus mengalami kondisi ini.

Mereka mengalami sesak napas, seolah-olah tidak mendapat oksigen yang cukup. Kondisi ini terasa seperti kamu sedang berusaha untuk mengatur napas.

 

Ketahui 5 Gejala Covid-19 yang Mungkin Terjadi Pada Pasien Setelah Sembuh / Credit: halodoc.com

Nyeri Otot atau Badan

Banyak orang yang mengalami nyeri otot atau tubuh ketika sedang lelah atau berolahraga berat. Namun, bagi pasien long Covid-19, cenderung mengalami kondisi ini.

Hal tersebut membuat pasien tidak dapat melakukan hal- hal sederhana, seperti bangun dari kursi dengan mudah. Kondisi nyeri otot ini disebabkan oleh Covid-19 yang memiliki dampak pada kondisi otot tubuh.

 

 

 

Featured Image - 99.co

Source - detik.com