Vitamin C, Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Vitamin C, Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

font size A Ǎ

Makanan dan minuman yang dikonsumsi selama masa kehamilan tentu harus terus diperhatikan, ya. Lalu, tak lupa makanan yang dikonsumsi sebaiknya dapat memenuhi nutrisi ibu hamil, sehingga bayi dalam kandungan juga dapat berkembang dengan baik.

Ada berbagai jenis nutrisi ibu hamil yang penting untuk dipenuhi, seperti asam folat, zat besi, kalsium, serat, dan lain sebagainya. Tapi, sayangnya ada satu vitamin yang kerap kali dilupakan, yaitu vitamin C. Padahal, memenuhi kebutuhan vitamin C pada masa kehamilan, dapat membantu jaga sistem kekebalan tubuh sang ibu.

Vitamin C penting untuk dipenuhi selama masa kehamilan, ditambah vitamin C merupakan jenis vitamin yang tidak dibentuk di dalam tubuh, sehingga harus didapatkan dari berbagai sumber makanan, seperti buah dan sayur, serta suplemen.

Masih berkaitan dengan vitamin C sebagai nutrisi ibu hamil yang penting dipenuhi – berikut ini deretan manfaat vitamin C di masa kehamilan.

 

 

 

Manfaat Vitamin C, Nutrisi Ibu Hamil Untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Vitamin C, Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Vitamin C, Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil / Credit: whatsnewindonesia.com

Meningkatkan Sistem Kekebalan Ibu

Vitamin C dapat meningkatkan kekebalan dan membentuk antibodi tubuh. Sehingga, vitamin C memiliki peran dalam menurunkan risiko infeksi virus dan bakteri. Ini penting sekali diperhatikan, lho. Mengingat saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung, dan daya tahan tubuh sangat diperlukan sebagai perlindungan utama.

Selain itu, vitamin C juga penting untuk menurunkan risiko ibu hamil terkena pilek dan batuk. Berdasarkan penelitian, vitamin C dapat menurunkan risiko kedua penyakit tersebut. dan, penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C secara rutin dapat mengurangi durasi terjadi flu sebesar 8 persen.

 

Memperbaiki Sel dan Jaringan

Vitamin C dapat membantu meningkatkan proses pembentukan kolagen pada ibu dan calon buah hati. Kolagen – dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan kulit, tulang, jaringan ikat, dan tulang rawan bayi dalam kandungan.

 

Vitamin C, Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Vitamin C, Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil / Credit: health.clevelandclinic.org

Menghindari Gangguan Perkembangan Mental

Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang dapat melindungi si kecil dari risiko terjadinya gangguan perkembangan mental.

 

Membantu Penyerapan Zat Besi

Vitamin C memiliki peran penting dalam membantu penyerapan zat besi dari berbagai sumber, termasuk makanan dan suplemen. Zat besi – berfungsi untuk meningkatkan hemoglobin dan mencegah terjadi anemia.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengombinasikan sumber zat besi dan vitamin C.

 

 

 

Pentingnya Vitamin C Sebagai Nutrisi Ibu Hamil

Vitamin C, Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil

Vitamin C, Salah Satu Nutrisi Penting Untuk Daya Tahan Tubuh Ibu Hamil / Credit: parenting.firstcry.com

Ketika ibu hamil mengalami kekurangan vitamin C, maka cenderung mengalami gejala seperti luka yang sulit sembuh, mudah memar, rambut rontok, rentan terkena infeksi, sariawan, dan sering merasa mudah lelah.

Vitamin C bagi ibu hamil dapat diperoleh dari buah seperti jeruk, stroberi, pepaya, jambu biji, kiwi, dan mangga. Sementara, sayuran yang kaya akan vitamin C seperti kale, brokoli, dan bayam. Yang perlu diingat – hindari memasak sayuran terlalu lama, karena kandungan vitamin di dalamnya dapat rusak.

Masih mengenai memenuhi kebutuhan vitamin C sebagai nutrisi ibu hamil, agar lebih mudah, dapat mengonsumsi suplemen vitamin C, seperti Enervon-C. Mengapa demikian?

Enervon-C mengandung deretan vitamin baik, seperti Vitamin C, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niasinamide, dan Kalsium Pantotenat. Nah, kandungan ini dapat membantu jaga daya tahan tubuh, lho.

Tak hanya itu, kandungan vitamin B kompleks dapat membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang dikonsumsi dapat diubah menjadi energi!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, mengonsumsi vitamin C secara rutin bagi ibu hamil merupakan hal penting. Tetapi, sebelumnya konsultasikan terlebih dahulu pada doktermu,ya, untuk tindakan yang tepat.

 

Featured Image - thelist.com


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!