Memandikan bayi yang baru lahir merupakan momen berharga sekaligus menegangkan bagi orangtua, terlebih jika ini adalah pengalaman pertama kamu. Menegangkan, karena tubuh dan kulit bayi yang sangat sensitif mungkin membuat Anda gugup dan takut salah langkah saat merawat si buah hati.

Kamu sendiri mungkin bertanya-tanya, sebenarnya apa manfaatnya memandikan bayi yang baru lahir? Padahal, kulit bayi yang baru lahir cenderung sensitif dan seharusnya tidak perlu dimandikan terlalu sering.

Tetapi memandikan bayi baru lahir tidak hanya memberikan manfaat untuk si kecil, tetapi juga bagi kamu sebagai orangtua, yaitu:

1. Mendekatkan Anda dengan si buah hati

Credit: Hipwee

Saat memandikan bayi, kamu akan menghabiskan waktu hanya berdua bersama si kecil. Di sini kamu bisa mengajaknya berkomunikasi sembari bersenandung lagu-lagu yang menyenangkan. Tanpa disadari, hal ini akan mempererat ikatan antara ibu dan bayi.

2. Memberikan pengalaman menakjubkan

Credit: Hellosehat

Percaya atau tidak, ada banyak pengalaman yang bisa kamu dapatkan dari momen berharga ini. Misalnya, kamu bisa melihat respon si kecil saat bersentuhan dengan air, menangkap gerak-gerik bayi yang senang dimandikan, dan sebagainya.

3. Memudahkan bayi tidur

Credit: Klikdokter

Sensasi air hangat saat memandikan bayi dapat memudahkan si kecil tertidur. Karena, bagian tubuh bayi yang terkena air hangat akan membuatnya merasa nyaman dan lebih rileks.

Bagaimana cara memandikan bayi yang baru lahir?

Credit: Liputan6

Kunci utama saat memandikan bayi baru lahir adalah tetap tenang dan percaya diri. Memang tidak bisa dipungkiri bila kamu merasa gugup dan takut dengan tubuh bayi yang masih rentan. Namun, dengan terus belajar secara perlahan, lama kelamaan kamu akan terbiasa saat memandikan si buah hati.

Berikut cara memandikan bayi yang baru lahir:

  1. Siapkan semua perlengkapan mandi bayi, termasuk sabun bayi yang lembut, waslap, handuk bersih, air hangat, dan alas empuk yang tahan air. Kamu juga bisa melakukannya di meja untuk mengganti popok bayi.
  2. Baringkan bayi di atas alas empuk, tahan bagian belakang kepala dan lehernya dengan salah satu tanganmu.
  3. Basahi waslap dengan air hangat, lalu usap wajah, kepala, dan tubuh bayi secara perlahan.
  4. Untuk membersihkan area matanya, gunakan kapas lembut yang tidak banyak seratnya. Celupkan kapas ke dalam air hangat, lalu bersihkan bagian sudut mata bayi dan usap ke arah luar. Ingat, lakukan hal ini hanya jika terdapat kotoran di sudut mata bayi.
  5. Selanjutnya, bersihkan bagian telinga luar dan belakang telinga bayi. Sebab, area-area ini sering kali menimbun keringat dan membuat bayi tidak nyaman.
  6. Jangan lewatkan bagian lekukan dan lipatan tubuh bayi, seperti ketiak, paha dalam, dan belakang lutut bayi yang rentan berkeringat.
  7. Terakhir, bersihkan area alat kelamin dan pantat bayi, mulai dari depan ke arah belakang.
  8. Angkat bayi dengan kedua tanganmu dan bungkus dengan handuk kering dan tepuk-tepuk lembut tubuh bayi hingga kering.

Featured Image - Hello Sehat