Penularan Covid-19 yang terus meningkat – justru bertambah – membuat Pemprov DKI Jakarta memutuskan untuk menerapkan kembali kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Rencananya kebijakan ini akan berlangsung hingga 2 minggu kedepan.

Diterapkannya kembali PSBB – berbagai aktivitas harus kembali dibatasi, seperti kembali work from home, anak belajar di rumah, dan berbagai tempat hiburan, wisata, dan rekreasi yang harus ditutup sementara waktu.

Tak jarang, kondisi tersebut membuatmu merasa stres. Terlebih, kamu hanya bisa berada di rumah saja, kecuali kalau ada urusan mendadak.

Oleh karena itu, mengelola stres dengan baik perlu dilakukan selama masa PSBB ini. Bagaimana saja caranya? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

5 Tips Kelola Stres Selama PSBB

Tak Bisa Keluar Rumah Saat PSBB, Kelola Stres Dengan 5 Tips Ini / Credit: wendel.com

Batasi Akses Informasi Covid-19

Mencari berbagai berita atau informasi mengenai virus corona, sebenarnya wajar dilakukan. Tetapi, alangkah baiknya, jika kamu melakukannya secara tak berlebihan. Pasalnya, banyak sekali berita negatif mengenai Covid-19, dan ini bisa membuamu semakin merasa tertekan.

Untuk itu, yakinkan diri sendiri dan akses informasi Covid-19 secukupnya saja. Lalu, hindari pula percakapan mengenai Covid-19 secara berlebihan, baik dari aplikasi chat maupun sosial media.

 

Sediakan Me-Time

Kembali bekerja di rumah memang hal yang cukup sulit dilakukan. Kamu mungkin sulit untuk membedakan jam kerja dan jam istirahat, karena semua pekerjaan kamu lakukan di rumah.

WFH bukan berarti kamu terus menerus bekerja, ya. Tentukan waktu kapan harus bekerja dan beristirahat. Lalu, luangkan pula waktu untuk me-time agar pikiran tetap segar dan kamu tidak stres karena pekrjaan.

 

Lakukan Hobi atau Kegiatan Favorit

Selama di rumah, kamu bisa manfaatkan waktu untuk menjalani hobi atau kegiatan favoritmu. Bahkan, inilah waktu yang tepat untuk mengerjakan banyak hal yang sempat tertunda sebelumnya.

Misalnya, kamu bisa belajar memasak, berkebun, atau menghabiskan waktu nonton series favoritmu. Meski sering dianggap sepele, tapi sejumlah kegiatan ini bisa mengurangi rasa bosan, ketika harus berada di rumah saja.

 

Tak Bisa Keluar Rumah Saat PSBB, Kelola Stres Dengan 5 Tips Ini / Credit: home.bt.com

Sempatkan Diri Untuk Olahraga

Sudah terbukti bahwa olahraga dapat bantu seseorang mengurangi stres. Jadi, selama PSBB – tak ada salahnya lho untuk rutin berolahraga. Kebiasaan ini dapat membuat pikiran lebih rileks dan tubuh semakin sehat.

 

Syukuri Hal-Hal Kecil

Ketika menghadapi kondisi seperti ini, bersyukur mungkin hal yang sulit dilakukan. Tetapi, kalau kamu hanya mengingat hal- hal buruk saja, kondisi psikis pun dapat menurun. Sehingga, belajarlah untuk tetap bersyukur, ya.

Kamu bisa mensyukuri berbagai hal kecil, seperti kesehatan yang masih diberikan dan dapat berkumpul dengan anggota keluarga.

 

 

 

Wah, itu dia kelima tips untuk bantu kelola stres selama PSBB. Ingat, selain kelola stres, perhatikan pula kebersihan dan kesehatan, agar tetap sehat dan aman dari ancaman virus!

 

Featured Image - news.vcu.edu

Source -  lemonilo.com