Menggunakan masker – terlebih saat pergi ke luar rumah, merupakan salah satu langkah untuk meminimalisir penularan Covid-19. Ya, seperti yang sudah diketahui, penularan virus corona yang menyerang saluran pernapasan ini, terjadi melalui droplets atau tetesan air liur yang di keluarkan ketika bersin, batuk, dan berbicara.

Jika droplets dari orang yang sudah terinfeksi mengenai tubuh, terlebih wajah, maka risiko untuk tertular pun semakin besar. Untuk itu, penggunaan masker sangat dianjurkan sebagai perlindungan.

Tak hanya sekedar mengenakan masker saja, tetapi kebersihan masker itu sendiri wajib diperhatikan. Karena, menyentuh masker yang sudah terkontamintasi virus juga membuat seseorang lebih rentan terinfeksi. Oleh karena itu, disarankan untuk rutin membersihkan masker yang digunakan berdasarkan jenisnya.

 

 

 

Bagaimana Cara Tepat Untuk Membersihkan Masker?

Deretan Tips Membersihkan Beragai Jenis Masker Secara Tepat / Credit: eatthis.com

Di awal pandemi, masker medis sempat sulit didapatkan, sehingga masyarakat dianjurkan untuk menggunakan masker kain. Sedangkan, masker medis lebih di prioritaskan untuk tenaga kesehatan yang harus berinteraksi langsung dengan pasien positif Covid-19.

Meski dianggap kurang efektif – masker kain tetap jadi alternatif utama sebagai alat pelindung, dibanding tidak menggunakan masker sama sekali.

Agar perlindungannya semakin efektif, seorang pakar spesialis penyakit menular dari Ohio State University Wexner Medical Center menyarankan untuk membersihkan masker kain setiap kali selesai digunakan.

Tapi, sebelum melepas masker, cuci tangan terlebih dahulu ya. Lalu, lepaskan masker dengan hati- hati, sehingga tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut.

Kalau kamu ingin mencuci masker dengan mesin, langsung masukan ke mesin cuci dan segera cuci tangan setelahnya. Tapi, kamu juga bisa membersihkannya dengan deterjen biasa dan air hangat, kemudian segera jemur hingga kering.

Untuk mendisinfeksi atau membunuh virus dan bakteri yang mungkin menempel – rendam masker dalam larutan yang mengandung empat sendok teh pemutih dan satu liter air. Diamkan selama lima menit.

Setelah itu, bilas masker dengan air bersih dan biarkan mengering.

 

 

 

Sedangkan, Untuk Masker Medis

Deretan Tips Membersihkan Beragai Jenis Masker Secara Tepat / Credit: healthline.com

Kalau masker kain dapat digunakan berulang kali, berbeda dengan masker medis seperti masker bedah dan N95, umumnya hanya untuk sekali pemakaian saja. Tapi, bukan berarti kamu langsung membuang masker medis begitu saja, lho.

Masker medis N95  – dapat kembali digunakan, jika didisinfeksi dengan benar. Pasalnya, masker N95 dapat didisinfeksi dengan radiasi kuman UVC atau hidrogen peroksida fase uap.

Tetapi, kalau masker sudah kotor, sobek, atau basah tetap harus segera dibuang, ya. Kalau masker masih terlihat bersih dan dalam kondisi barik, barulah kamu dapat melakukan disinfeksi dan digunakan kembali.

Yang perlu diketahui – langkah ini hanya boleh dilakukan jika ketersediaan masker medis sedang langka saja. Jika tidak, masker medis sebaiknya digunakan sekali saja.

 

Featured Image - cnn.com

Source - kompas.com