Menjadi seorang pemimpin dan menjalani leadership memang bukanlah hal yang mudah. Ada berbagai tantangan yang mesti dihadapi, salah satunya menerapkan leadership yang baik selama situasi tak menentu saat pandemi Covid-19 melanda negeri.

Ditambah, perusahaan yang menerapkan work from home. Tentu, ini menjadi rintangan baru bagi para pemimpin di perusahaan. Cara seorang leader berperilaku dan bertindak di kondisi seperti ini dapat membangun kepercayaan pada timnya sebagai pemimpin yang baik.

Agar proses leadership dapat dijalankan secara maksimal, ada tiga tips jitu yang mungkin dapat kamu terapkan. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

3 Kunci Jitu Menjalani Leadership yang Baik Selama WFH

3 Kunci Jitu Menjalani Leadership yang Efektif Selama WFH / Credit: recoverycentersofamerica.com

Tunjukan Rasa Percaya Diri

Poin ini merupakan hal penting yang perlu diterapkan oleh seorang leader. Selama pandemi melanda, sudah banyak perusahaan yang menerapkan work from home (WFH).

Selama WFH – pemimpin perlu mengambil setiap keputusan berdasarkan rasa kepercayaan diri. Jika seorang leader menunjukkan ketakutan dan kegelisahan, maka rasa tersebut dapat menular ke karyawan lain. Kondisi seperti ini memang membuat karyawan membutuhkan seseorang yang bisa diandalkan, bukan seseorang yang perlu diyakinkan.

 

Beri Ketenangan

Selain rasa percaya diri, ketika seorang menjalani leadership penting untuk memberikan dorongan, yang berujung pada ketenangan. Misal, ucapkan “ Tenang, semua ini pasti akan berlalu”. Dengan begitu, karyawan pun tidak merasa sendiri dan rasa cemas dapat diatasi.

Hindari untuk melebih-lebihan atau bahkan meremehkan situasi seperti ini, ya.

 

3 Kunci Jitu Menjalani Leadership yang Efektif Selama WFH / Credit: medcom.id

Tegas dan Mudah Beradaptasi

Ada beberapa situasi di mana para pemimpin harus membuat keputusan cepat. Kondisi pandemi adalah salah satunya. Sebagai seorang pemimpin, kamu perlu membuat keputusan dengan cepat, meski dihadapkan oleh pilihan yang sulit.

Usahakan untuk tidak menghabiskan waktu hanya dengan merenungkan keuntungan dan kelebihan dari keputusan tersebut. Tetapi, bersikaplah secara terbuka dan tegas. Poin ini akan jauh lebih efektif, dibanding dengan seorang leader yang hanya memilih untuk menunggu tanpa adanya tindakan apapun.

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, menerapkan leadership  yang baik memang diperlukan, ya. Tak hanya selama work from home saja, tetapi ketika kembali bekerja di kantor nanti, kepemimpinan yang baik harus selalu dijalani.

 

Featured Image - enterprisetalk.com