Sebagian besar orang pasti sudah lumrah dengan mimisan. Ya, ini merupakan kondisi di mana hidung seseorang mengeluarkan darah, seringnya terjadi secara tiba- tiba. Setiap orang yang mengalami mimisan, mungkin merasakan kepanikan tersendiri.

Hidung merupakan salah satu bagian tubuh yang memiliki banyak pembuluh darah kecil dan mudah pecah. Mimisan – berarti ada pembuluh darah dalam hidung yang pecah. Namun, biasanya kondisi ini terjadi di satu lubang hidung saja.

 

 

 

Pada sebagian besar orang, pendarahan bisa berhenti dengan menekan hidung. Tetapi, ada pula yang membutuhkan perawatan medis lebih lanjut. Meski tidak selalu mendandakan kondisi kesehatan yang berbahaya. Tetapi, mimisan pada anak dan orang dewasa memerlukan perawatan yang baik dari dokter, maupun secara alami.

Penyebab mimisan – bisa dikarenakan beragam hal. Antar satu orang dengan lainnya, mungkin mengalami penyebab mimisan yang berbeda. Tetapi, untuk penyebab mimisan yang lebih umum, kemungkinan disebabkan oleh sejumlah faktor berikut ini.

 

Penyebab Mimisan

Ragam Penyebab Mimisan Secara Tiba- Tiba yang Perlu Kamu Ketahui / Credit: halodoc.com

Masalah Kesehatan Tertentu

Penyebab mimisan yang cukup umum terjadi, yaitu adanya masalah kesehatan tertentu. Jika kamu mengalami mimisan secara tiba- tiba dan tidak tahu apa penyebabnya, mungkin ada masalah pada hati dan ginjal.

Selain itu, mimisan juga dapat disebabkan karena penurunan kemampuan tubuh dalam membekukan darah. Mengidap hipertensi, gagal jantung, dan alergi tertentu, misalnya.

 

Udara Kering

Mimisan juga dapat disebabkan oleh udara yang kering. Biasanya, ini lebih sering terjadi pada iklim dingin. Perubahan suhu yang drastis dapat membuat hidung lebih rentan terhadap pendarahan.

Tetapi, di iklim panas dan kering juga bisa menyebabkan mimisan, lho. Pasalnya, kelembapan yang rendah selama musim panas dapat menyebabkan lapisan hidung kering, retak, hingga mengeluarkan darah.

 

Cedera Pada Hidung

Cedera pada hidung dapat mengakibatkan pembuluh darah di lubang hidung rusak, akhirnya berdarah. Penyebab mimisan ini kerap terjadi pada anak, ketika mereka menggaruk hidung mereka.

Pada orang dewasa yang memiliki kebiasaan menggaruk hidung juga lebih rentan membuat hidung terluka dan mengalami mimisan.

 

Ragam Penyebab Mimisan Secara Tiba- Tiba yang Perlu Kamu Ketahui / Credit: babycenter.com

Perubahan Hormon Saat Hamil

Mimisan selama masa kehamilan umumnya disebabkan oleh perubahan hormonal. Tak perlu takut, hal ini wajar saja terjadi.

Tingginya kadar hormon selama hamil, meningkatkan aliran darah estrogen dan progesterone pada semua selaput lendir, termasuk pada hidung. Selaput ini akan mengalami pembengkakan dan melebar hingga menekan pembuluh darah di dalamnya.

Akibatnya, pembuluh darah pecah dan membuat hidung mengalami pendarahan.

 

Memasukkan Benda Asing

Penyebab mimisan yang satu ini kerap dialami pada anak- anak, terutama di usia balita. Anak- anak memiliki rasa keingintahuan tinggi, jadi tak jarang mereka penasaran terhadap benda- benda di sekitar dan menggunakan untuk hal yang tidak seharusnya. Misal, memasukkan benda tumpul ke hidung dan mengalami mimisan.

 

Kelelahan

Penyebab ini bisa terjadi pada orang dewasa dan anak- anak, ya. Ketika kamu terlalu lelah akibat aktivitas tertentu, mimisan bisa saja terjadi. Ketika lelah, biasanya pembuluh darah akan mudah tegang dan akhirnya pecah.

 

 

 

Ragam Penyebab Mimisan Secara Tiba- Tiba yang Perlu Kamu Ketahui / Credit: klikdokter.com

Mimisan dapat dicegah dengan melakukan sejumlah langkah seperti menjaga lapisan hidung tetap lembab, mencegah udara kering dengan melembapkan udara menggunakan air humidifier, dan menggunakan semprotan hidung jika perlu. Tak lupa, memenuhi sejumlah nutrisi penting termasuk vitamin C, vitamin E, vitamin A, dan bioflavonoid.

Untuk vitamin C – bekerja dengan mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh. Selain itu, vitamin C dapat bantu meningkatkan kekebalan tubuh. Ketika imun sudah kuat – tubuh pun tidak mudah terserang penyakit, yang bisa menjadi salah satu penyebab mimisan.

Vitamin C bisa diperoleh dari sejumlah sumber makanan, seperti multivitamin Enervon-C setiap hari.

Kombinasi Vitamin C 500mg dan Vitamin B Kompleks dalam Enervon-C mampu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Sekaligus, mengoptimalkan proses metabolisme, sehingga tubuh mendapat energi yang lebih tahan lama untuk beraktivitas.

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, penting untuk menghindari sejumlah penyebab mimisan dan melakukan langkah pencegahannya, ya!

 

Featured Image - lifepack.id