5 Makanan Sehat Bergizi Untuk Jaga Kesehatan, Terutama Di Musim Hujan!

5 Makanan Sehat Bergizi Untuk Jaga Kesehatan, Terutama Di Musim Hujan!

font size A Ǎ

Musim hujan sudah tiba. Selama musim yang kerap memiliki suhu dingin ini, tak jarang kondisi daya tahan tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Belum lagi, ancaman Covid-19 yang masih mengintai. Jadi, menjaga kesehatan tetap optimal selama musim hujan perlu di perhatikan.

Agar kesehatan tetap terjaga, sehingga kekebalan tubuh tidak menurun di musim hujan – dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satu cara utamanya, dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

Makanan sehat dan bergizi, ditambah kaya akan nutrisi, dapat menjadi cara mudah untuk mendapat tubuh yang sehat. Jika dikonsumsi, makanan tersebut tidak hanya dapat mengoptimalkan imunitas, tetapi juga membantu proses penyembuhan penyakit, menurunkan inflamasi, dan membunuh bakteri berbahaya.

Lalu, makanan sehat dan bergizi apa saja yang baiknya dikonsumsi selama musim hujan, agar kesehatan tubuh selalu terjaga?

Berikut ini ulasannya

 

 

 

5 Makanan Sehat dan Bergizi yang Baik Dikonsumsi Di Musim Hujan

5 Makanan Sehat Bergizi Untuk Jaga Kesehatan, Terutama Di Musim Hujan!

5 Makanan Sehat Bergizi Untuk Jaga Kesehatan, Terutama Di Musim Hujan! / Credit: foodnetwork.com

Sup Ayam

Makanan sehat dan bergizi pertama yang dapat kamu konsumsi selama musim hujan, yaitu sup ayam. Pasalnya, sup ayam terasa nyaman dikonsumsi ketika tubuh butuh kehangatan.

Biasanya, sup kuah yang satu ini, mengandung nutrisi dari ayam dan sayuran – seperti bawang putih, yang merupakan bumbu utama dan bermanfaat untuk menjaga imunitas tubuh, serta mencegah tubuh terkena serangan flu dan batuk.

 

Capcay

Siapa sih yang nggak kenal dengan sayuran yang satu ini? Ya, capcay merupakan salah satu tumisan sayur yang digemari banyak orang. Capcay terdiri dari sejumlah sayuran dengan kandungan nutrisi yang berbeda- beda.

Umumnya, capcay berisi sayur brokoli dan kembang kol yang kaya akan vitamin C, atau wortel dengan kandungan vitamin A, dan lain sebagainya. Sejumlah sayuran kaya vitamin dan nutrisi ini baik untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk imunitas!

 

5 Makanan Sehat Bergizi Untuk Jaga Kesehatan, Terutama Di Musim Hujan!

5 Makanan Sehat Bergizi Untuk Jaga Kesehatan, Terutama Di Musim Hujan!  / Credit: resepistimewa.com

Sayur Asem

Sama halnya dengan capcay, sayur asem merupakan sup sayur dengan kuah asam yang banyak disukai. Dalam sayur asem, ada berbagai macam sayuran, seperti jagung, biji melinjo, nangka muda, dan kacang panjang.

Jadi, kombinasi sayuran tersebut dapat menjaga kesehatan, sekaligus menghangatkan tubuh di musim hujan. Bahkan, sayur asem dipercaya dapat melancarkan pencernaan, lho!

 

Buah Pir

Buah lezat yang kaya akan kandungan air ini, sering dijadikan sebagai buah yang baik dikonsumsi selama musim hujan.  Ini karena kandungan vitamin C dan vitamin B12 yang mampu menjaga daya tahan tubuh. Dan, peran buah pir sebagai antipiretik alami untuk meredakan demam.

 

Pepaya

Satu lagi, makanan sehat dan bergizi – buah lebih tepatnya, yang kaya akan vitamin C. Yaitu, pepaya. Buah pepaya baik untuk menjaga kesehatan tubuh selama musim hujan. Selain itu, pepaya baik untuk menjaga metabolsime dan memberikan energi pada tubuh.

 

 

 

Tips Menjaga Kesehatan Selama Musim Hujan

5 Makanan Sehat Bergizi Untuk Jaga Kesehatan, Terutama Di Musim Hujan!

5 Makanan Sehat Bergizi Untuk Jaga Kesehatan, Terutama Di Musim Hujan! / Credit: medium.com

Selain mengonsumsi makanan sehat dan bergizi di atas, ada sederetan tips lainnya yang perlu dilakukan agar kesehatan tetap terjaga selama musim hujan. Di antaranya,

  • Konsumsi makanan bersih dan sehat. Usahakan memasak di rumah. Tetapi, kalau harus membeli, pastikan restoran tersebut terjaga kebersihannya.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Rajin cuci tangan. Sehingga, virus penyebab flu, batuk, hingga Covid-19 tidak menempel pada tangan.
  • Tetap lakukan aktivitas fisik, seperti olahraga jalan kaki, jogging, dan bersepeda. Atau, lakukan olahraga kesukanmu.
  • Penuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin setiap hari.

Berkaitan dengan kebutuhan vitamin – salah satu vitamin yang penting dipenuhi selama musim hujan adalah vitamin C. Pasalnya, vitamin C mengandung antioksidan, sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga.

Lalu, bagaimana cara memenuhi kebutuhan vitamin C? Bisa dengan mengonsumsi sejumlah sayur seperti brokoli dan kangkung. Atau, buah seperti jeruk, jambu biji, pepaya, dan stroberi.

Untuk lebih mudahnya – kamu bisa peroleh vitamin C dengan minum multivitamin Enervon-C setiap hari. Kombinasi kandungan Vitamin C 500 mg dan Vitamin B kompleks nya dapat bantu jaga daya tahan tubuh, agar kamu tidak mudah sakit.

Dan, Enervon-C juga berkhasiat untuk membantu proses metabolisme. Jadi, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah menjadi energi yang lebih tahan lama. Ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

 

Wah, bagaimana nih? Berdasarkan penjelasan di atas, menjaga kesehatan selama musim hujan dapat dilakukan dengan mengonsumsi sejumlah makanan sehat dan bergizi di atas, sekaligus menerapkan tips kesehatan lainnya!

 

Featured Image - blog.istyle.id


Post Comment

Please login to comment

Comments

user photo
Andre Test - October 6, 2020 at 9:57 PM

Artikel menarik