Selama pandemi Covid-19 menjaga daya tahan tubuh tetap optimal merupakan poin penting. Agar imunitas tetap kuat, tubuh memerlukan sejumlah nutrisi, seperti karbohidrat, protein, dan mineral. Lalu, tak lupa asupan vitamin yang juga memiliki peran penting dalam menjaga daya tahan tubuh.

Salah satu jenis vitamin yang efektif untuk mempertahankan imunitas, adalah vitamin B kompleks. Lebih spesifiknya – vitamin B12.

Vitamin B12 (kobalamin), merupakan jenis vitamin larut air, jadi memenuhi kebutuhannya setiap hari penting untuk dilakukan. Lebih lengkap – berikut ini sejumlah manfaat baik vitamin B12, yang juga berperan memelihara daya tahan tubuh.

 

 

 

Manfaat Vitamin B12

Vitamin B12 Juga Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ketahui Manfaat dan Sumbernya / Credit: elitedaily.com

Jaga Daya Tahan Tubuh

Vitamin B12 – menjaga imunitas tetap dalam kondisi optimal. Vitamin B12 dapat mempertahankan respon imun, terutama ketika tubuh sedang diserang infeksi virus, bakteri, maupun kuman. Dalam kata lain – vitamin B12 memang memiliki peran langsung dalam peningkatan imunitas tubuh.

 

Menghasilkan Energi

Manfaat vitamin B12 yang cukup penting adalah memberikan energi tambahan untuk tubuh. Energi memang penting untuk tubuh, terutama untuk kamu yang memiliki aktivitas padat. Dengan bantuan vitamin B12, karbohidrat dapat diubah jadi glukosa sehingga dapat memberikan sumber energi tambahan agar kamu tidak mudah lelah.

 

Vitamin B12 Juga Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ketahui Manfaat dan Sumbernya / Credit: foodal.com

Mencegah Kekurangan Zinc

Vitamin B12 juga mampu mengikat zinc dan mencegah tubuh kekurangan mineral tersebut. Pasalnya, jika tubuh kekurangan zinc, bisa saja terjadi pendarahan, gangguan jantung, dan paru- paru!

Selain itu, zinc pun memiliki peran dalam pembentukan sel darah merah, menjaga daya tahan tubuh, dan mengoptimalkan penyerapan vitamin C.

 

Memelihara Untuk Kesehatan Jantung

Rutin mengonsumsi makanan maupun multivitamin yang mengandung vitamin B12 dapat membantu menurunkan homosistein, yang merupakan asam amino untuk pembentukan protein. Namun, jika terlalu banyak homosistein dapat menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu, darah tidak dapat mengalir menuju jantung, jadi menggumpal, sehingga nantinya jantung tidak bisa bekerja dengan baik.

Menjaga kesehatan jantung perlu dilakukan, terlebih selama pandemi. Karena, Covid-19 juga bisa menimbulkan dampak buruk bagi jantung.

 

Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood

Vitamin B12 dapat bantu atasi stres dan meningkatkan suasana hati, dengan membantu produksi hormon serotonin – yang berperan untuk menciptakan perasaan bahagia dan membuat emosi lebih stabil.

 

 

 

Sumber Vitamin B12

Vitamin B12 Juga Dapat Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Ketahui Manfaat dan Sumbernya / Credit: klikdokter.com

Kebutuhan vitamin B12 dapat dipenuhi dengan mengonsumsi sejumlah sumber makanan, di antaranya:

  • Ikan, seperti salmon, sarden dan tuna.
  • Daging sapi.
  • Daging ayam.
  • Telur.
  • Berbagai produk olahan susu.
  • Seafood, seperti kepiting dan kerang.
  • Yogurt.

Tapi,  terkadang memenuhi kebutuhan vitamin B12 dari makanan saja belum tentu cukup lho. Apalagi, jika cara mengolah makanannya salah dan vitamin yang terkandung di dalamnya jadi rusak. Jadi, kamu bisa mengonsumsi multivitamin untuk bantu memenuhinya ya.

Konsumsi multivitamin Enervon-C yang mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat.

Berbagai kandungan tersebut dapat membantu menjaga daya tahan tubuhmu dan meningkatkan proses metabolisme tubuh sehingga makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi sumber energi yang baik untuk tubuhmu.

 

Dari penjelasan di atas, memenuhi kebutuhan vitamin B12 memang perlu ya. Ini dapat bantu menjaga kekebalan tubuhmu, terutama selama pandemi. Karena, imunitas yang kuat merupakan kunci utama!

 

Featured Image - worldofvegan.com

Source - cnnindonesia.com