Sebagian dari kamu mungkin sudah mengetahui bahwa seseorang dengan masalah kesehatan tertentu, seperti memiliki penyakit penyerta atau komorbid berupa diabetes dan hipertensi, memiliki risiko lebih tinggi terpapar Covid-19.

Pasalnya, penyakit tersebut dapat menurunkan imunitas tubuh seseorang. Sehingga, virus penyebab penyakit pun lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Bahkan, jika virus sudah menyerang – orang dengan diabetes lebih rentan mengalami komplikasi dan kondisi parah.

Salah satu langkah pencegahan yang sederhana namun efektif, yaitu berolahraga. Tujuannya, tidak hanya untuk menurunkan lemak saja, tetapi membantu penderita diabetes untuk meningkatkan aksi insulin, sekaligus menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Yang terpenting – rutin berolahraga dapat bantu menjaga daya tahan tubuh seseorang. Tak terkecuali bagi penderita diabetes.

Olahraga untuk orang dengan diabetes – ada berbagai rekomendasi jenis kegiatan fisik yang mudah dilakukan. Berikut ulasan lengkapnya.

 

 

 

6 Rekomendasi Olahraga Praktis Untuk Penderita Diabetes

Diabetes Jadi Komorbid Covid-19, Tingkatkan Imun Dengan 6 Olahraga Ini / Credit: eatthis.com

Jalan Cepat

Jalan cepat atau brisk walk adalah salah satu olahraga ringan, tapi memiliki banyak manfaat. Seperti menyehatkan jantung, menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil, sekaligus membantu menurunkan berat badan.

Menurut Harvard T.H Chan School of Public Health, jalan cepat dapat dilakukan selama 30 menit per hari, selama lima hari dalam sepekan. Ini bisa membantumu memenuhi target olahraga yang disarankan, yaitu 150 menit dalam seminggu dengan intensitas sedang.

 

Tai Chi

Olahraga yang merupakan tradisi Tiongkok kuna ini dapat membantu meningkatkan keseimbangan, dan efektif dalam mengelola glukosa untuk penderita diabetes tipe 2.

Tai Chi ideal untuk orang dengan diabetes – karena dapat memberi kebugaran dan mengurangi stres. Bahkan, Tai Chi dapat mengurangi kerusakan saraf atau neuropati – yang merupakan komplikasi umum pada pasien diabetes.

 

Diabetes Jadi Komorbid Covid-19, Tingkatkan Imun Dengan 6 Olahraga Ini / Credit: puma-catchup.com

Angkat Beban

Latihan beban diperlukan untuk mempertahankan massa otot. Bagi pasien diabetes tipe 2 – cenderung lebih mudah kehilangan massa otot. Hal ini nanti dapat berakibat pada gula darah yang sulit terkontrol.

Untuk itu, latihan beban sangatlah penting. Rencanakan latihan beban setidaknya dua kali dalam seminggu, sebagai bagian dari maintenance diabetes. Untuk beban – bisa gunakan beban bebas atau dumbbell, mesin, maupun workout band dengan beban yang cukup.

 

Yoga

Hampir mirip dengan olahraga Tai Chi, yoga juga dapat membantu pasien diabetes mengurangi stres dan mengelola kondisi diabetes. Kedua hal ini penting, karena ketika stres meningkat maka kadar gula darah pun semakin tinggi.

Lakukan olahraga yoga, setidaknya 4-5 kali dalam seminggu. Atau, lakukan sesering mungkin sesuai dengan keinginan.

 

Diabetes Jadi Komorbid Covid-19, Tingkatkan Imun Dengan 6 Olahraga Ini / Credit: draxe.com

Berenang

Berenang merupakan aerobik yang cocok untuk pasien diabetes tipe 2. Pasalnya, olahraga berenang tidak memberi tekanan tertentu pada persendian. Selain itu, berada di dalam air tidak membuat tubuh terlalu ‘stres’ dibanding olahraga yang dilakukan di darat.

 

Sepeda Statis

Olahraga aerobik yang cocok untuk pasien diabetes selanjutnya, yaitu bersepeda statis. Latihan ini dapat membuat jantung lebih kuat dan paru- paru berfungsi dengan baik. Dilansir dari CNN, bersepeda statis beberapa kali seminggu, dapat mengurangi risiko obesitas, tekanan darah tinggi, dan kadar trigliserida.

 

 

 

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Pasien Diabetes

Diabetes Jadi Komorbid Covid-19, Tingkatkan Imun Dengan 6 Olahraga Ini / Credit: drscottlear.com

Bagi pasien diabetes – agar daya tahan tubuh tetap terjaga, terutama selama pandemi. Ada sejumlah hal yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Atur asupan karbohidrat dan hitung kalori. Seimbangkan porsi makan dengan sumber makanan lainnya, seperti protein, serat, mineral, dan vitamin.
  • Hindari mengonsumsi makanan tinggi gula, lemak, dan minuman bersoda.
  • Tidur yang cukup, paling tidak 7-8 jam dalam semalam.
  • Hindari merokok.
  • Kelola stres dengan baik, salah satunya melakukan aktivitas yang disukai.

Agar lebih optimal, konsumsi multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks seperti Enervon-C. Kombinasi dua vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh, sehingga makanan dapat diolah jadi energi untuk beraktivitas. Manfaat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks, ya.

 

Berdasarkan penjelasan di atas, sudah jelas bahwa pasien diabetes direkomendasikan untuk melakukan sejumlah aktivitas fisik tersebut yang diimbangi dengan pola hidup sehat lainnya. Tujuannya, agar daya tahan tubuh tetap terjaga, dan terhindar dari penularan virus.

 

Featured Image - health.harvard.edu

Source - cnnindonesia.com