Selama pandemi Covid-19, tak bisa dipungkiri pikiran tak bisa jauh dari gadget dan internet. Pasalnya, kedua hal tersebut merupakan ‘pelarian’ yang cukup sering dipilih masyarakat agar terbebas dari rasa bosan selama di rumah saja.

Tak heran, kalau selama pembatasan yang diterapkan di masa pandemi ini, banyak masyarakat yang akhirnya kian adiktif terhadap internet. Hal tersebut pun sudah ditemukan dalam studi yang dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Departemen Ilmu Kesehatan Jiwa FKUI-RSCM dan Fakultas Psikologi Universitas Atma Jaya.

Dari studi yang terbitkan awal September ini, ditemukan bahwa orang dewasa di Indonesia mengalami kenaikan pemakaian internet sampai 14,4 persen selama pandemi. Dalam kata lain – kondisi ini bisa disebut ‘kecanduan’.

 

 

 

Selama Pandemi, Masyarakat Rentan Kecanduan Internet

Studi: Pandemi Sebabkan Masyarakat Kecanduan Internet / Credit: medium.com

Tidak hanya soal kecanduan yang meningkat, tapi durasi online atau berselancar di dunia maya pun kian meningkat pesat, hingga 52 persen dibandingkan sebelum pandemi. Studi ini melibatkan 4.734 responden di seluruh Indonesia, dari kuesioner yang disebar bulan April- Juni 2020.

Situasi seperti ini mesti diwaspadai. Pasalnya, penggunaan internet berlebihan dapat memicu rasa cemas, depresi, dan mendorong perilaku kompulsif yang akhirnya memperparah adiksi terhadap internet.

Salah seorang peneliti menyebutkan bahwa, adanya dorongan untuk mencari informasi Covid-19 – merupakan salah satu faktor penyebab kecanduan internet selama pandemi. Selain itu, stres yang timbul juga memicu seseorang mencari hiburan tertentu di internet.

Dari hasil penelitian – didapat pula bahwa adiksi ini berkaitan dengan penurunan kualitas tidur seseorang. Bagi mereka yang mengalami kecanduan internet, berpotensi mengalami sulit tidur. Dan, dari buruknya kualitas tidur tersebut, ada potensi terjadi gangguan psikologis serta penurunan sistem imunitas tubuh.

 

 

 

Langkah Tepat Atasi Kecanduan Internet

Studi: Pandemi Sebabkan Masyarakat Kecanduan Internet / Credit: goodhousekeeping.com

Untuk mengatasi, atau menghindari kecanduan internet, ada sejumlah kiat yang mungkin bisa dilakukan, di antaranya:

  • Melakukan kegiatan yang disenangi, atau hobi. Dengan begitu, kamu bisa mengurangi intensitas penggunaan internet.
  • Sesekali, lakukan detoks internet. Caranya, tidak memegang gadget atau menghindari hal yang berhubungan dengan internet. Kamu bisa lakukan cara ini di akhir pekan.
  • Luangkan waktu yang ada dengan quality time bersama keluarga. Misalnya, dengan berbincang atau bercerita mengenai kegiatan masing- masing.
  • Kurangi intensitas penggunaan internet sedikit demi sedikit. Terlalu lama menatap layar gadget dapat berdampak buruk pada kesehatan.
  • Mengubah pola kebiasaan online. Kalau kamu sering menghabiskan waktu untuk mencari hal- hal yang kurang bermanfaat, maka mulai ubah prioritas onlinemu. Misalnya, gunakan internet untuk membaca email, membaca berita, atau mengerjakan tugas.

 

Featured Image - psychologytoday.com

Source - cnnindonesia.com