Selama kehamilan, penting bagi ibu untuk selalu menjaga kesehatan selama 9 bulan. Janin akan bertumbuh dengan sehat sampai waktu kelahirannya jika ibunya sehat. Untuk selalu menjaga kesehatan janin dalam kandungan, sang ibu harus menjalani pola hidup yang sehat dan bisa juga melakukan beberapa cara dibawah ini.

Cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

1. Makan makanan bergizi

Credit: Hipwee

Kesehatan ibu hamil sangat bergantung pada apa yang dimakan sehari- hari. Ketika mengandung, kamu perlu mengonsumsi variasi makanan sehat yang bergizi tinggi untuk mendukung kesehatan diri sendiri dan juga janin kamu.

Makanan bergizi dapat membantu menambah stamina, menghindari risiko komplikasi kehamilan, mengontrol berat badan saat hamil tetap sehat, hingga mengurangi gejala hamil yang membebani. Selain itu, pola makan sehat membantu menstabilkan suasana hati agar terhindar dari depresi saat hamil. Makan makanan bernutrisi sejak kehamilan muda juga bantu mempersiapkan tubuh ibu sehat maksimal menjelang persalinan.

Asupan gizi yang bervariasi namun tetap seimbang juga mendukung kelancaran proses tumbuh kembang bayi. Tidak lupa asupan makanan bergizi dapat membantu menjaga berat janin tetap sehat, serta mencegah risiko bayi cacat lahir.

2. Minum vitamin prenatal

Credit: Hellosehat

Minum vitamin prenatal dianjurkan untuk menjaga kesehatan kandungan ibu hamil. Asupan nutrisi untuk ibu hamil sebetulnya banyak tercukupi dari makanan sehari-hari. Namun, vitamin dapat membantu memenuhi sekaligus memberikan nutrisi tambahan yang dibutuhkan janin dalam kandungan.

Vitamin hamil pada umumnya mengandung asam folat dari vitamin B. Asam folat berperan penting dalam perkembangan otak dan sumsum tulang belakang bayi.

3. Olahraga rutin

Credit: Hipwee

Hamil bukan berarti menjadi alasan kamu untuk tidak berolahraga. Olahraga merupakan bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil untuk menjaga kesehatan. Olahraga membantu melancarkan sirkulasi darah serta oksigen dalam tubuh, memperkuat otot, dan mengurangi stres saat hamil. Olahraga juga mendukung kecerdasan bayi sejak dalam kandungan.

Namun, kamu tidak perlu berolahraga yang berat. Kegiatan fisik ringan seperti jalan santai, renang, atau bahkan yoga, umumnya aman dilakukan sepanjang usia kehamilan.

4. Berhenti merokok dan minum alkohol

Credit: Republika

Demi menjaga kesehatan ibu hamil dan kandungannya selama 9 bulan ke depan, ada baiknya hindari merokok dan minuman beralkohol. Merokok atau minum alkohol saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran. Bagi bayi dalam kandungan, dua kebiasaan buruk ini juga meningkatkan risiko bayi untuk lahir prematur, lahir mati, lahir cacat, atau lahir dengan berat badan rendah.

5. Cukup minum air putih

Credit: Hellosehat

Untuk menjaga kesehatan saat hamil, ibu dianjurkan cukup minum air putih cukup setiap hari. Asupan cairan yang mencukupi bantu melancarkan aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam rahim untuk diterima janin. Selain itu, menjaga pola hidup sehat dengan rajin minum air putih juga bisa meningkatkan sistem imun ibu hamil dan mencegah berbagai macam masalah kesehatan.

Usahakan minum air 8 sampai 10 gelas sehari. Agar tidak bosan minum air putih, coba tambahkan potongan lemon, strawberry atau jeruk nipis agar lebih segar.

6. Tidur cukup

Credit: Jawapos

Salah satu bagian penting dari pola hidup sehat ibu hamil yang sering terlupakan adalah cukup tidur. Calon ibu setidaknya harus tidur delapan jam setiap malam. Namun, biasanya ibu hamil akan lebih mudah ngantuk di siang hari tapi sulit tidur di malam hari akibat perubahan hormon. Masalah hamil ini kemudian membuat kamu jadi kurang tidur akibat jadwal tidur yang tidak menentu.

Solusinya, segera tidurlah begitu kamu merasa capek atau ngantuk. Sering-seringlah tidur siang untuk mencukupi waktu tidurmu.

7. Jangan sampai stress berlebihan

Credit: Hellosehat

Ketika sedang mengandung penting bagi sang ibu untuk menghindari terlalu banyak pikiran yang dapat menyebabkan stress. Stres berat yang mengganggu pikiran dan batin ibu hamil bisa memengaruhi perkembangan bayi di dalam kandungan.

Sempatkanlah waktu untuk melakukan hal yang kamu sukai agar tidak stres selama hamil. Misalnya, menonton TV, mendengarkan musik, jalan-jalan bersama pasangan atau teman, hingga teruskan hobi kamu.

Jika stres tidak tertahankan, carilah terapis atau psikolog untuk membantumu mencari akar masalah dan menyelesaikannya dengan baik.

 

Featured Image - Dokter Sehat