4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat Bergizi Di Musim Hujan. Baik Untuk Kekebalan Tubuh!

4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat Bergizi Di Musim Hujan. Baik Untuk Kekebalan Tubuh!

font size A Ǎ

Makanan sehat dan bergizi penting dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk sistem kekebalan tubuh. Terlebih, sekarang memasuki musim hujan di tengah pandemi. Kesehatan – merupakan hal terpenting yang wajib dipertahankan.

Tak hanya menjaga kekebalan tubuh saja, tapi mengonsumsi makanan sehat bergizi dapat membuat tubuh memiliki energi, lebih mampu mengendalikan suasana hati, berat badan tetap stabil, dan berisiko lebih rendah mengalami berbagai penyakit kronis seperti jantung, obesitas, hipertensi, dan diabetes.

Sepertinya, setiap orang pasti ingin merasakan sejumlah manfaat tersebut dan tetap terhindar dari berbagai macam penyakit, ya.

 

 

 

Meski demikian, jadwal yang padat dan banyaknya aktivitas yang mesti dilakukan setiap hari, membuat sebagian besar orang lupa untuk mengonsumsi makanan sehat bergizi. Akhirnya – kamu lebih sering mengandalkan makanan siap saji atau olahan sebagai pilihan yang cepat.

Tapi, masih ada cara lainnya, lho, untuk menyiapkan makanan sehat dan bergizi, namun praktis dan terjangkau. Bagaimana caranya?

Berikut ulasan lengkapnya.

 

4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat dan Bergizi

4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat Bergizi Di Musim Hujan. Baik Untuk Kekebalan Tubuh!

4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat Bergizi Di Musim Hujan. Baik Untuk Kekebalan Tubuh! / Credit: somewhatsimple.com

Sajikan Buah dan Sayur

Walaupun kamu tidak dapat selalu belanja sayur dan buah segar, mengingat anjuran untuk bepergian seminimal mungkin, tetapi pastikan kamu tetap mengonsumsi banyak buah dan sayuran, ya.

Ketika pergi belanja, belilah buah dan sayur. Tenang saja, kedua jenis makanan sehat dan bergizi ini bisa dibekukan, tanpa harus mengurangi kandungan nutrisi dan rasanya. Kamu bisa olah sayur menjadi tumis-tumisan atau sup. Kemudian, sisihkan sisa sayur untuk dikonsumsi keesokan harinya.

 

Gunakan Bahan Pangan Beku Sebagai Alternatif

Bahan makanan segar memang pilihan terbaik. Tapi, jika kamu tidak sempat untuk terus membeli bahan makan segar – sebagai alternatif, kamu dapat memilih bahan pangan beku atau kaleng.

Misalnya, ikan kaleng sarden, makerel, dan salmon yang kaya akan protein. Deretan makanan sehat dan bergizi ini dapat dimasak dan disajikan hangat sebagai menu utama, lho.

Untuk sayuran – kamu juga dapat memilih sayur beku. Seperti, kacang- kacangan dan jagung yang bergizi dan dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Sajikan sayur beku sebagai makanan pendamping, ya!

 

4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat Bergizi Di Musim Hujan. Baik Untuk Kekebalan Tubuh!

4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat Bergizi Di Musim Hujan. Baik Untuk Kekebalan Tubuh! / Credit: kelseywells.com

Sediakan Camilan Sehat

Dalam sehari, kamu pasti ngemil sekali atau dua kali agar tetap berenergi. Agar lebih sehat, hindari camilan manis atau asin, dengan makanan yang lebih sehat dan bergizi, seperti yogurt, kacang- kacangan, keju, dan buah potong.

Pilihan tersebut tentu lebih sehat dan bernutrisi, dan dapat membantumu memiliki kebiasaan makan yang sehat.

 

Batasi Konsumsi Makanan Olahan

Memilih makanan olahan sebagai kudapan seringkali jadi pilihan dikala sibuk. Tetapi sayangnya, makanan olahan mengandung lemak jenuh, gula, dan garam, lho. Kandungan ini kurang baik untuk kesehatan tubuh!

Jadi, ketika membeli bahan makanan, pastikan kamu membaca label nutrisi gizi terlebih dahulu, ya. Dan, pilih bahan makanan yang lebih sehat.

Jangan lupa – selalu hidrasi tubuh dengan minum air putih yang cukup, serta hindari minuman dengan kandungan tinggi gula. Kalau ingin minuman manis, kamu bisa membuat jus buah segar dengan lemon, irisan timun, atau buah pilihanmu.

 

 

 

Tips Jaga Kesehatan Selama Musim Hujan Di Tengah Pandemi

4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat Bergizi Di Musim Hujan. Baik Untuk Kekebalan Tubuh!

4 Tips Menyiapkan Makanan Sehat Bergizi Di Musim Hujan. Baik Untuk Kekebalan Tubuh! / Credit: matcha-jp.com

Selain rutin mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, kamu juga perlu melakukan berbagai cara lainnya, agar kesehatan tubuh semakin terjaga di musim hujan. Kali ini, perlindungan mesti lebih ekstra. Mengingat – musim hujan juga dibarengi dengan pandemi yang masih berlangsung.

Berikut ini sejumlah tips yang bisa kamu terapkan:

  • Konsumsi makanan yang bersih dan sehat. Usahakan untuk memasak di rumah, ya. Tapi, jika harus membeli, pastikan kalau restoran pilihanmu terjaga kebersihannya.
  • Jaga tubuh tetap terhidrasi. Minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.
  • Rutin cuci tangan. Jadi, tidak ada virus yang menempel di tanganmu, termasuk virus penyebab flu, pilek, batuk, dan Covid-19.
  • Tetap lakukan aktivitas fisik. Baik di rumah, atau di luar rumah seperti jogging dan bersepeda.
  • Yang paling penting – penuhi kebutuhan vitamin kamu setiap harinya.

Bagaimana caranya memenuhi kebutuhan vitamin setiap hari? Mudahnya – kamu dapat konsumsi multivitamin, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat. Kombinasi multivitamin ini dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Dan, kandungan vitamin B kompleks dalam Enervon-C juga dapat mengoptimalkan proses metabolisme. Sehingga, makanan yang kamu konsumsi dapat diubah jadi energi yang lebih tahan lama. Ngga heran deh kamu semakin berenergi dan produktif, meski sedang musim hujan seperti ini!

 

Wah, bagaimana nih? Sepertinya sudah cukup ya penjelasan mengenai cara menyiapkan makanan sehat dan bergizi. Jangan lupa, imbangi pula dengan sejumlah tips kesehatan di atas, sehingga kekebalan tubuhmu makin terjaga!

 

Featured Image - wwhealth.org


Post Comment

Please login to comment

Comments

NO COMMENT YET, BE THE FIRST!