Berkebun dan menanam tanaman hias merupakan aktivitas yang menyenangkan, ya. Terlebih, di masa pandemi Covid-19. Kegiatan ini cocok untuk menghabiskan waktu selama di rumah saja. Bahkan, tak menutup kemungkinan, hobi ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan, lho.

Memelihara tanaman hias di rumah – dapat menjadi ruang terbuka hijau yang cantik dan menyejukkan. Jadi, nggak heran ya, kalau sekarang banyak orang yang menggandrungi kegiatan menanam dan berkebun. Hotel, hunian, dan ruang publik – pun juga sudah banyak yang menggunakan tanaman hias sebagai dekorasi.

Meski demikian, merawat tanaman hias tidaklah mudah. Cukup tricky dan berbeda dari perawatan tanaman pada umumnya. Perlu beberapa teknik dan vitamin tambahan yang diberikan, sehingga tanaman bisa tumbuh subur nan cantik.

Salah satu cara yang bisa dilakukan – memberi asupan vitamin B1 pada tanaman. Ya, sama seperti manusia, tanaman juga butuh vitamin untuk mendukung pertumbuhannya, lho. Memberi vitamin B1 dapat meningkatkan proses metabolisme dalam jaringan tanaman.

 

 

 

Vitamin B1 Untuk Tanaman

Tak Hanya Baik Untuk Tubuh, Tapi Vitamin B1 Juga Bermanfaat Untuk Kesuburan Tanaman! / Credit: dsm.com

Mungkin sebagian besar dari kamu masih asing mengenai vitamin B1 yang mampu membantu pertumbuhan tanaman. Ya, tidak hanya manusia saja, lho, yang membutuhkan vitamin ini, tapi tanaman juga.

Vitamin B1 (Thiamin) – nutrisi penting yang berperan untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Peran vitamin B1 ini juga dibutuhkan dalam jaringan tanaman. Tanpa adanya energi, proses pertumbuhan tanaman, seperti pembelahan sel, pembentukan jaringan baru, dan pertumbuhan akar tidak dapat terjadi.

Bahkan, tanpa adanya vitamin B1, penyerapan unsur hara pada tanaman pun bisa terganggu. Ini sebabkan tidak adanya energi untuk mendukung sejumlah aktivitas tersebut.

Tidak adanya energi, ikut menyebabkan tanaman terlihat stres, lesu, tidak segar, dan layu. Jika dibiarkan, kondisi ini dapat membuat tanamanmu jadi mati.

 

Manfaat Vitamin B1 Untuk Tanaman

Tak Hanya Baik Untuk Tubuh, Tapi Vitamin B1 Juga Bermanfaat Untuk Kesuburan Tanaman! / Credit: salisburygreenhouse.com

Selain untuk membantu proses metabolisme pada jaringan tanaman serta menghasilkan energi, vitamin B1 memiliki sejumlah manfaat lainnya untuk tanaman, yaitu:

  1. Sudah pasti, membantu proses metabolisme jaringan tumbuhan agar berlangsung dengan baik. Dengan begitu, pembentukan energi dari karbohidrat dapat dilakukan.
  2. Dapat mencegah dan mengurangi stres pada tanaman.
  3. Meningkatkan kemampuan adaptasi dengan lingkungan yang baru.
  4. Menjaga tanaman tetap segar. Meski sedang melewati berbagai proses, seperti penanaman, dan pergantian media tumbuh baru (re-potting).
  5. Mempercepat proses tumbuhnya akar.
  6. Melancarkan penyerapan unsur hara.
  7. Membantu pertumbuhan jaringan baru jadi lebih cepat.

Seluruh manfaat tersebut, berawal dari terbentuknya energi, sehingga metabolisme dan aktivitas lainnya dapat berjalan dengan baik.

 

Salah Satu Sumber Vitamin B1 Untuk Tanaman

Tak Hanya Baik Untuk Tubuh, Tapi Vitamin B1 Juga Bermanfaat Untuk Kesuburan Tanaman! / Credit: tribunnews.com

Setelah mengetahui manfaat vitamin B1 untuk tanaman, mungkin kamu tertarik untuk memberinya pada tanaman yang ada di rumah, ya?

Sebenarnya, vitamin B1 memiliki cukup banyak sumber, mulai dari organik hingga dalam bentuk zat sintesis. Namun, yang paling mudah kamu didapatkan, yaitu dari air cucian beras.

Air cucian beras – mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin B1. Kandungan vitamin ini bisa ditemui pada kulit ari beras. Nantinya, ketika beras dicuci sebelum dimasak, vitamin B1 akan ikut larut dalam air cucian tersebut.

Jadi, kamu bisa menggunakannya sebagai vitamin untuk tanaman kamu, ya! Siram tanamanmu dengan 250 ml cucian air beras, satu kali dalam seminggu. Lakukan cara ini secara rutin dan tanaman pun semakin sehat dan cantik!

 

 

 

Wah, bagaimana nih? Sekarang kamu sudah tahu ya, bahwa vitamin B1 juga bermanfaat untuk tanaman! Apakah kamu tertarik untuk mencoba metode ini agar tanaman semakin subur dan cantik?

 

Featured Image - gq.com

Source - pupuklahan.blogspot.com