Memiliki waktu istirahat yang cukup dapat membantu memelihara, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kalimat tersebut mungkin sudah tidak asing lagi bagimu, ya? Selama tidur tubuh akan melakukan proses pembaharuan sel – regernerasi bahasa mudahnya.

Lalu, bagaimana kalau tubuh kekurangan waktu istirahat? Umumnya, tubuh jadi lebih mudah rentan terserang penyakit. Tentu, hal ini dapat membahayakan kesehatan, ya. Terlebih, ancaman penularan Covid-19 masih terus mengintai. Ya, seperti yang diketahui virus corona akan lebih mudah menyerang seseorang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.

Contoh simple lainnya – ketika kamu merasa lelah setelah beraktivitas seharian, namun tidak mendapat waktu istirahat yang cukup. Biasanya, beberapa hari kemudian, kamu bisa terkena flu, batuk, maupun pilek.

Pastinya, kamu tidak ingin merasakan hal tersebut ya. Untuk itu, memastikan jam tidurmu sudah mencukupi penting sekali, lho.

Namun, bagaimana jika kerap mengalami kesulitan untuk tidur? Tenang! Deretan tips berikut ini bisa bantu kamu atasi sulit tidur.

 

 

 

7 Tips Mendapat Waktu Istirahat yang Cukup

Tidur Dapat Jaga Imunitas. Ini 7 Tips Mendapat Istirahat yang Cukup / Credit: health.clevelandclinic.org

Kurangi Pemakaian Gadget

Sebelum tidur, ada baiknya jauhkan diri dan kurangi penggunaan gadget. Hentikan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan teknologi, seperti membalas chat dan email, memeriksa notifikasi, atau berselancar di media sosial – setidaknya satu jam sebelum tidur.

Sebagai ganti, bacalah buku atau dengarkan musik relaksasi, agar tidurmu jauh lebih berkualitas.

 

Hindari Olahraga 2 Jam Sebelum Tidur

Poin yang satu ini tidak berlaku bagi olahraga yoga, meditasi, atau olahraga yang memiliki efek relaksasi, ya. Tapi, yang perlu dihindari adalah olahraga dengan intensitas tinggi, paling tidak dua jam sebelum tidur.

Pasalnya, olahraga dapat membangun energi dan meningkatkan kadar kortisol – kedua dapat membuatmu lebih sulit untuk terlelap.

 

Tidur Dapat Jaga Imunitas. Ini 7 Tips Mendapat Istirahat yang Cukup / Credit: belmarrahealth.com

Mandi Air Hangat

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan agar mendapat waktu istirahat yang cukup, yaitu mandi air hangat. Tujuannya, agar tubuh rileks. Ketika tubuh rileks, maka kamu lebih mudah untuk tidur jauh lebih cepat dari biasanya.

 

Tidur Sebelum Jam 11 Malam

Tidur – termasuk cara untuk “mengisi ulang” energi dan memberi ketenangan pada tubuh dan pikiran. Meski setiap orang berbeda, tapi secara alami sebagian besar manusia merasa lelah antara jam 10.45 hingga 11 malam.

Jadi, cobalah untuk tidur di jam tersebut dan tubuh akan merasa lebih segar keesokan harinya.

 

Tidur Dapat Jaga Imunitas. Ini 7 Tips Mendapat Istirahat yang Cukup / Credit: entrepreneur.com

Dinginkan Kamar Tidur

Ingin tidur lebih lelap? Kamu bisa dinginkan suhu ruanganmu, misalnya atur suhu menjadi berada di 18 derajat celcius. Tapi, setiap orang bisa berbeda- beda, ya.

Intinya – cari suhu yang paling sesuai bagi dirimu untuk tidur dan pertahankan hal tersebut setiap hari. Bangun dari tidur karena kepanasan atau kedinginan dapat membuat istirahat kurang berkualitas.

 

Redupkan Cahaya Kamar

Sinar yang terlalu terang dapat menghambat pelepasan hormon melatonin di otak manusia. Melatonin – hormon alami yang dikeluarkan dalam darah selama kegelapan, dan bisa membantu tubuh merasa rileks.

Jadi, tidurlah dalam ruangan yang gelap agar hormon melatonin dapat terlepas. Kamu bisa gunakan tirai berwarna gelap, masker mata, atau matikan lampu untuk menciptakan suasana tenang.

 

Hindari Kafein

Dilansir dari IDN Times, kafein yang dikonsumsi 6 jam sebelum tidur dapat memengaruhi siklus tidur. Jadi, semakin jauh jarak antara konsumsi kopi dengan jam tidur, maka semakin baik pula istirahat yang bisa diperoleh.

 

 

 

Selain Mendapat Waktu Istirahat yang Cukup, Imunitas Bisa Dijaga Dengan…

Tidur Dapat Jaga Imunitas. Ini 7 Tips Mendapat Istirahat yang Cukup / Credit: integrativenutrition.com

Tidak hanya tidur yang cukup saja, lho yang mampu meningkatkan imunitas tubuh. Tapi, masih ada berbagai cara lainnya, nih.

Mudahnya – kamu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat. Hal ini meliputi biasakan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, olahraga secara rutin, dan kelola stres dengan baik.

Kamu ingin hasil yang lebih maksimal? Bisa konsumsi multivitamin Enervon-C setiap hari, lho!

Enervon-C merupakan multivitamin dengan sejumlah kandungan yang baik, seperti Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantothenat.

Kombinasi vitamin tersebut dapat bantu menjaga daya tahan tubuhmu, biar nggak mudah sakit. Sekaligus, membantu proses metabolisme tubuh agar semakin optimal – khasiat ini berkaitan dengan kandungan vitamin B kompleks yang berperan untuk mengubah energi, ya!

 

Nah, sekarang kamu sudah memahami ya bagaimana cara untuk memperoleh waktu istirahat yang cukup. Dari penjelasan di atas, memiliki tidur yang berkualitas memang penting untuk kesehatan. Tapi, jangan lupa, imbangi dengan pola hidup sehat, sehingga kesehatan makin terjaga!

 

Featured Image - healthline.com