Setiap orang pasti memiliki pendapatnya masing- masing. Apa yang menjadi pendapatmu, belum tentu disetujui dengan orang lainnya. Situasi seperti inilah yang kerap disebut sebagai perbedaan pendapat – yang bisa terjadi di mana saja dan pada siapa saja, termasuk di kantor, lho.

Kalau di kantor mungkin yang kerap terjadi perbedaan pendapat dengan atasan, ya? Wah, situasi ini pasti cukup menegangkan, nih. Apakah kamu termasuk salah satu orang yang pernah, atau bahkan sedang mengalaminya?

Dalam mengatasi perbedaan pendapat dengan atasan, kamu dituntut untuk tetap profesional. Kamu pun disarankan untuk meluruskan permasalahan tersebut di luar kantor, bukan di tempat kerja. Mengapa demikian?

Karena, hubungan atasan dan karyawan harus tetap terjalin dengan baik di kantor. Jika tidak, ini bisa memengaruhi suasana kerja, lho. Bisa saja karyawan lainnya jadi merasa terganggu akan situasi yang kamu alami tersebut.

Selain itu, dalam menghadapi situasi seperti ini diperlukan pula beberapa cara profesional lainnya, agar kedua belah pihak tidak ada merasa dirugikan dan sakit hati.

Apa saja cara profesional yang dapat membantu menghadapi perbedaan pendapat dengan atasan? Simak ulasannya berikut ini.

 

 

 

4 Tips Profesional Dalam Menghadapi Perbedaan Pendapat Dengan Atasan

4 Tips Profesional Dalam Menghadapi Perbedaan Pendapat Dengan Atasan / Credit: intheblack.com

Tentukan Waktu dan Tempat yang Tepat

Jika ingin menyelesaikan masalah perbedaan pendapat ini – kamu mesti memikirkan waktu dan tempat yang pas untuk mengutarakan ketidaksetujuan kamu. Hindari menentang pendapat atasan pada saat ia menyampaikannya, ya.

Hal ini berujuan agar kamu tidak mengeluarkan emosi negatif dan dapat bersikap lebih profesional.

 

Tunjukan Rasa Hormat Ketika Mengutarakan Pendapat

Sopan – merupakan poin penting yang harus dilakukan ketika kamu menghadapi situasi seperti ini. Tunjukkan rasa hormat kamu kepada atasan dan bicarakan pendapatmu dengan bahasa yang baik dan sopan.

Ketika kamu bersikap sopan dan hormat, pasti akan terasa lebih mudah dalam mengungkapkan pendapatmu, ya? Bahkan, atasanmu pun akan merasa bahwa kamu sudah berjuang untuk tetap menghormatinya, tanpa harus terbawa emosi.

 

4 Tips Profesional Dalam Menghadapi Perbedaan Pendapat Dengan Atasan / Credit; ranchatdovetree.com

Tanyakan Alasan Mengapa Atasan Memiliki Pendapat Berbeda

Meski perbedaan pendapat wajar terjadi, tapi kalau sudah menyangkut masa depanmu di kantor – maka kamu tak boleh tinggal diam! Misalnya, kamu dan atasan beda pendapat soal keputusan yang dibuat di kantor, kamu boleh menanyakan alasannya.

Berikan atasanmu kesempatan untuk menjelaskan maksud dari keputusan yang ia ambil. Tapi ingat, ajukan pertanyaan tersebut dengan sopan, ya.

 

Hormati Keputusan Akhir

Agar tetap profesional – hindari emosi, terutama jika atasanmu tidak mengubah keputusan yang ia ambil. Bagaimana pun juga, ia adalah seorang atasan yang memiliki wewenang lebih besar dari kamu.

Apapun keputusan akhir yang diambil, kamu mesti bisa menerimanya dengan lapang dada, ya.

 

 

 

Memang, menghadapi situasi perbedaan pendapat dengan atasan memanglah tidak mudah. Sebelum mengutarakannya, kamu mesti menyiapkan mental dan perkataan agar tidak menyinggung atasan.

Nah, sejumlah tips di atas diharapkan mampu membantumu agar bisa menyuarakan pendapat kamu, ketika merasa tidak setuju dengan atasan – tanpa harus emosi dan tetap profesional.

 

Featured Image  - magazine.job-like.com