Selama pandemi Covid-19, berbagai perubahan pun kerap terjadi – tak terkecuali dalam dunia medis. Mungkin fasilitas kesehatan jadi sulit untuk diakses. Mengingat, mengunjungi rumah sakit mesti diminimalisir.

Untungnya, di zaman sekarang teknologi sudah makin berkembang pesat. Hal ini pun turut memainkan peran besar dalam bidang medis. Salah satunya memunculkan telemedicine – yang dapat dipilih sebagai alternatif untuk tetap mendapatkan konsultasi kesehatan keluarga dengan baik selama pandemi.

Telemedicine – merupakan pemeriksaan, diagnosis, atau dirawat secara digital oleh profesional kesehatan. Melalui layanan ini, dokter dapat menuruskan gambar diagnosis seperti sinar-X dan riwayat kesehatan ke dokter telemedicine untuk diperiksa.

Dengan begitu, dokter telemedicine bisa memiliki informasi yang cukup untuk membuat diagosa dan menyusun rencana perawatan yang sesuai untuk pasien.

Lebih lanjut mengenai telemedicine yang mesti kamu ketahui, berikut ini kelebihan dan kekurangan yang dmiliki oleh layanan tersebut. Bisa djiadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan menggunakan telemedicine.

 

 

 

Kelebihan Telemedicine

Telemedicine Jadi Alternatif Saat Pandemi, Ini Kelebihan dan Kekurangannya / Credit: nasional.okezone.com

Dilansir dari Parenting Orami, ada sejumlah keuntungan dari telemedicine – yang paling penting adalah memberi akses ke spesialis dan informasi yang mungkin tidak kamu miliki.

Selama konsultasi, pasien biasanya diberi kesempatan untuk memberi tahu dokter mengenai riwayat kesehatan yang dimiliki. Lalu, pasien pun diperbolehkan mengajukan sejumlah pertanyaan. Begitu pula dengan spesialis – yang nanti akan mengajukan pernyataan juga.

Dokter telemedicine bisa mendengar langsung kondisi pasien, misal mendengar suara batuk atau melihat mata yang bengkak. Intinya, telemedicine mirip dengan layanan kesehatan reguler, hanya saja dilakukan secara virtual.

Sebagian besar pasien mungkin merasa lebih nyaman dan fleksibel ketika memilih telemedicine. Pasien pun tetap bisa berada di rumah saja, tanpa perlu berada di tengah keramaian rumah sakit.

 

Kekurangan Telemedicine

Telemedicine Jadi Alternatif Saat Pandemi, Ini Kelebihan dan Kekurangannya / Credit: news.unair.ac.id

Setiap hal dalam kehidupan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing- masing, begitu pula dengan layanan telemedicine.

Salah satu kelemahan utama dalam telemedicine, yaitu ketersediaan dan biaya. Mungkin, beberapa orang ada yang tidak memiliki akses ke layanan ini. Untuk lain hal dan sebagainya – layanan ini perlu memerlukan biaya tambahan.

Meski memiliki layanan yang lebih praktis, tetapi telemedicine mungkin cukup mahal untuk fasilitas kesehatan dalam lingkup yang lebih kecil.

Selain itu, beberapa jenis penyakit dan masalah tertentu yang memerlukan diagnosis secara fisik dan tatap muka, tidak dapat dilakukan dengan layanan ini. Mau tidak mau, mengujungi fasilitas kesehatan jadi pilihannya.

Walaupun begitu, layanan telemedicine merupakan perawatan medis yang bisa jadi alternatif selama pandemi. Dengan begitu, kamu tidak perlu ke luar rumah dan penularan virus pun dapat diminimalisir.

 

 

 

Featured Image - securityroundtable.org

Source - parenting.orami.co.id