Vitamin C adalah salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kerusakan pada tubuh yang diakibatkan oleh lingkungan sekitar, membantu menyembuhkan luka, dan melindungi tubuh dari jenis kanker tertentu.

Meski vitamin C sudah sangat familiar bagi banyak orang, namun masih ada fakta- fakta penting yang masih jarang diketahui. Apa saja fakta tersebut? Berikut ulasannya.

1. Buah yang paling banyak mengandung vitamin C

Credit: Jawapos

Bicara tentang vitamin C yang ada di pikiran kamu pasti buah- buahan seperti jeruk atau lemon. Padahal sebenarnya masih banyak buah dan sayur yang mengandung lebih banyak vitamin C dibandingkan dengan jeruk dan lemon, seperti paprika, pepaya, kale, dan brokoli.

2. Segelas jus jeruk sudah bisa memenuhi kebutuhan vitamin C sehari

Credit: Topmedia

Kamu tidak perlu bingung untuk memenuhi kebutuhan vitamin C harian. Penelitian mengungkapkan bahwa segelas jus segar mengandung setidaknya 124 mg vitamin C dan jumlah ini sudah cukup untuk menuhi kebutuhan vitamin C orang dewasa dalam sehari. Untuk pria kebutuhan vitamin C sehari adalah 90 mg sementara untuk wanita 75 mg.

3. Kadar vitamin C turun jika disimpan

Credit: Jawapos

Memasak dan menyimpan makanan yang mengandung vitamin C dalam waktu yang lama dapat mengurangi kadar vitamin C di dalamnya. Untuk itu, sebaiknya makanan yang mengandung vitamin C dikonsumsi ketika masih segar dan mentah.

4. Vitamin C pengaruhi berat badan

Credit: Hipwee

Vitamin C tidak hanya berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga berpengaruh terhadap berat badan. Kekurangan vitamin C pada aliran darah dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk membakar lemak. Orang yang kebutuhan vitamin C- nya terpenuhi bisa membakar lemak hingga 30 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang kekurangan vitamin C.

5. Melindungi kulit

Credit: Jawapos

Tidak hanya vitamin E saja yang baik untuk kesehatan kulit, tetapi vitamin C juga efektif untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Efeknya akan semakin terasa jika kamu mengonsumsi kedua vitamin ini dikombinasikan.

6. Berhenti merokok

Credit: Kompasiana

Orang yang merokok memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami kekurangan vitamin C. hal ini disebabkan oleh radikal bebas oleh asap rokok. Rokok akan membuat tubuh menggunakan lebih banyak vitamin C. Dengan begitu perokok akan lebih rawan untuk mengalami kekurangan vitamin C.

Itulah beberapa fakta menarik seputar vitamin C yang jarang diketahui oleh banyak orang. Sekarang kamu bisa mengenali vitamin C dengan lebih baik. Dan jangan lupa, selalu konsumsi multivitamin dari Enervon-C yang mengandung vitamin C dan B Kompleks yang menjaga daya tahan tubuhmu!

 

Featured Image - Health Line