Kamu pasti sudah tahu bahwa menerapkan protokol kesehatan, masyarakat pun diimbau untuk menerapkan etika batuk dan bersin.

Etika batuk dan bersin – diterapkan dengan menutup hidung dan mulut menggunakan lengan, ketika kamu bersin dan batuk. Atau, kamu bisa gunakan tisu, kemudian segera buang tisu tersebut dan segera cuci tangan.

Etika tersebut sangatlah penting untuk dilakukan. Tapi sayangnya, tak semua orang sudah menerapkan etika ini. Memang, menjengkelkan jika ada seseorang yang batuk dan bersin sembarangan, terlebih di masa pandemi.

Lalu, apa yang mesti dilakukan ketika ada seseorang yang batuk dan bersin sembarangan di dekat kamu?

 

 

 

Tips Ketika Ada yang Batuk dan Bersin Di Dekatmu

Ada yang Batuk dan Bersin Di Dekatmu? Segera Lakukan Tips Ini! / Credit: liputan6.com

Alih- alih menunggu setiap orang bisa patuh, kamu direkomendasikan untuk mengambil langkah perlindungan sendiri. Caranya, kamu bisa menjauh beberapa langkah dari orang tersebut, sembari menutup hidung dan mulut.

Memang cara ini tak bisa memastikan kamu sepenuhnya terlindungi dari virus, tapi setidaknya dapat mengurangi sejumlah virus yang mungkin disebarkan oleh orang yang batuk atau bersin tersebut.

Seseorang lebih mudah jatuh sakit ketika menghirup virus dalam dosis tinggi. Jumlah waktu terpapar partikel virus pun juga menentukan penularan. Artinya, semakin lama kamu berada di sekitar orang tersebut, maka makin banyak waktu untuk virus masuk ke dalam tubuhmu.

Metode ini juga ampuh untuk menurunkan risiko penularan flu, pilek, dan batuk. Mengingat, sekarang sudah memasuki musim hujan. Ancaman penyakit tersebut memang kerap terjadi.

 

Jaga Daya Tahan Tubuh Juga Sangat Dianjurkan

Ada yang Batuk dan Bersin Di Dekatmu? Segera Lakukan Tips Ini! / Credit: 123dentist.com

Terlepas dari cara yang bisa kamu lakukan ketika ada seseorang yang batuk atau bersin di sekitarmu, kamu juga perlu menjaga daya tahan tubuh, agar tidak mudah sakit. Ya, seperti yang diketahui, virus lebih mudah menyerang seseorang dengan imunitas yang rendah.

Mudahnya, kamu disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat, seperti mengonsumsi istirahat yang cukup, dan kelola stres dengan baik.

Untuk mengoptimalkannya, kamu bisa minum multivitamin yang mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks, seperti Enervon-C.

Enervon-C mengandung Vitamin C 500 mg, Vitamin B Kompleks (Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6, dan Vitamin B12), Niacinamide, dan Kalsium Pantotenat yang dapat menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah sakit.

Kamu bisa mengonsumsi Enervon-C dalam bentuk tablet atau Enervon-C Effervescent yang mengandung Vitamin C 1000 mg dan bisa memberikan efek segar.

Yang tidak boleh dilupakan – selalu jaga kebersihan, dengan rutin cuci tangan dan membersihkan benda- benda di sekitarmu secara berkala. Dan, pastikan ruangan yang kamu tempatkan memiliki ventilasi udara yang baik, sehingga risiko penularan dapat diminimalisir.

 

 

 

Featured Image - klikdokter.com

Source - cnnindonesia.com