Selama pandemi Covid-19, berbagai perlengkapan perlindungan diri wajib digunakan ketika bepergian ke luar rumah. Salah satunya dengan menggunakan masker – yang termasuk perlengkapan esensial untuk mengurangi penyebaran dan penularan virus.

Setiap orang, baik anak- anak mau pun orang dewasa diimbau untuk memakai masker. Kalau untuk orang dewasa, pakai masker mungkin bukan perkara yang sulit. Tapi, beda dengan anak- anak yang kerap enggan menggunakan masker.

Sebagian besar orangtua mungkin saja sedang mengalami kendala seperti ini – sulit membiasakan si kecil untuk pakai masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Meski demikian masih ada sejumlah langkah lainnya yang dapat bantu orangtua untuk mengatasi hal ini.

Berikut empat tips yang bisa kamu lakukan untuk membiasakan si kecil memakai masker. Simak ulasan lengkapnya.

 

 

4 Tips Membiasakan Anak Memakai Masker

Si Kecil Sulit Pakai Masker? Begini 4 Cara Untuk Atasinya! / Credit: galamedia.pikiran-rakyat.com

Konsisten

Langkah pertama, orangtua perlu mengingatkan anak untuk tetap memakai masker – sama seperti kamu. Terus pantau serta ingatkan si kecil agar ia harus menutup mulut dan hidung mereka – dengan masker – dan ingatkan anak agar ia tidak menyentuh bagian luar masker.

 

Biarkan Anak Memilih Masker

Agar anak dapat terbiasa memakai masker, kamu bisa membiarkan anak memilih masker sesuai keinginannya. Mengingat, sekarang sudah banyak tersedia masker kain dengan berbagai karakter lucu dan unik.

Kamu bisa bebaskan si kecil memilih masker dengan karakter atau warna favoritnya. Ketika ia sudah suka dengan masker, maka semakin semangat pula anak menggunakannya.

 

Si Kecil Sulit Pakai Masker? Begini 4 Cara Untuk Atasinya! / Credit: parenting.orami.co.id

Foto

Ketika si kecil mau memakai masker, kamu dapat memuji penampilan mereka, mengambil foto, atau sekedar bercermin bersama. Dengan begitu, anak merasa makin percaya diri dan semangat memakai masker.

 

Contohkan Menggunakan Boneka

Selain mengajari anak melalui contoh yang kamu berikan, kamu pun bisa mengajari anak dengan memakaikan masker pada boneka. Hal ini dapat membantu si kecil merasa bahwa memakai masker adalah hal yang wajar dan normal.

 

Usia Ideal Anak Pakai Masker

Si Kecil Sulit Pakai Masker? Begini 4 Cara Untuk Atasinya! / Credit: klikdokter.com

Sebelum kamu mengajak anak untuk terbiasa memakai masker, kamu mesti mengetahui usia ideal anak untuk menggunakan masker. CDC merekomendasikan anak berusia dua tahun ke atas untuk pakai masker kain.

Sementara, anak di bawah usia dua tahun belum perlu dipakaikan masker, karena dapat menimbulkan risiko tercekik. Terlebih, saluran pernapasan anak pada usia tersebut masih kecil – jadi ia akan sulit bernapas.

 

Langkah Pencegahan Lainnya

Si Kecil Sulit Pakai Masker? Begini 4 Cara Untuk Atasinya! / Credit: popmama.com

Tidak hanya membiasakan anak untuk memakai masker, orangtua mesti mengajak si kecil untuk menjalani hidup bersih dan sehat.

Ajak si kecil untuk tetap menjaga kebersihannya, seperti tidak menyentuh bagian wajahnya sebelum cuci tangan.

Lalu, ajak anak untuk menjalani pola hidup yang sehat agar daya tahan tubuhnya terjaga – seperti memberinya makanan bernutrisi tinggi, mengajak anak rutin berolahraga, pastikan ia mendapat tidur yang cukup, dan penuhi kebutuhan cairan tubuhnya.

Selain itu, kamu dapat memberikan suplemen khusus anak, biasanya si kecil lebih suka vitamin dalam bentuk sirup. Kamu direkomendasikan memberi Enervon-C Plus Sirup – yang mengandung Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Niacinamide, dan Panthenol.

Sejumlah vitamin tersebut dapat memberi manfaat baik, seperti:

  • Menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit.
  • Membantu anak tetap aktif selama masa pertumbuhan.
  • Meningkatkan nafsu makan.
  • Dan, membantu pembentukan gigi serta tulang.

 

 

 

Berdasarkan penjelasan di atas, penting sekali untuk membiasakan anak memakai masker ketika ke luar rumah. Cara ini dapat membantu melindungi si kecil dari paparan virus berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit.

 

Featured Image - ayobandung.com

Source - cnnindonesia.com